Pemanfaatan Teknologi VR Untuk Pelatihan Pemadam Kebakaran

Untuk menjalankan sebuah tugas dengan resiko kecelakaan yang tinggi, terlebih lagi jika nyawa yang jadi taruhannya pastilah membutuhkan latihan yang keras, rutin dan intens. Memang tidak mudah untuk menjalankannya, tetapi proses latihan ini mau tidak mau harus dijalankan demi memaksimalkan peluang keselamatan dan keberhasilan tugas yang dijalankan.

Dimension Data dan Flaim System telah bekerja sama untuk menciptakan suatu program pelatihan pemadam kebakaran VR bernama. Sebuah program Virtual Reality baru yang membantu petugas pemadam kebakaran untuk terbiasa dengan situasi yang berbahaya dan tekanan tinggi tanpa harus secara fisik berada di lapangan untuk menangani kebakaran tersebut.

Menurut Komisi Produktivitas, Australia mengalami rata-rata 54.000 kebakaran setiap tahunnya.

Petugas pemadam kebakaran yang menangani situasi berbahaya ini tidak hanya harus tetap tenang dalam situasi yang berpotensi mengancam keselamatan jiwa, tetapi juga harus memenuhi tuntutan fisik pekerjaan tersebut.

Masalahnya adalah sangat sulit untuk melatih petugas pemadam kebakaran dari nol.

Metode pelatihan tradisional pada dasarnya tidak aman, sulit direproduksi, mahal dan berbahaya bagi lingkungan.

Sistem Flaim bertujuan untuk menghilangkan kendala tersebut dan memungkinkan pengguna untuk berlatih dengan lebih aman dan sangat detail, dan dimanapun, selama rig VR dapat dipasang.

Instruktur dapat memantau tanda-tanda vital peserta pelatihan, respons fisiologis, dan kinerja selama pelatihan.

Karena data yang diambil dan sesi pelatihan direkam dan disimpan dalam lingkungan cloud atau diintegrasikan ke dalam sistem manajemen pembelajaran, hasilnya dapat dibandingan, dan instruktur dapat meninjau dan melacak performance dari waktu ke waktu.

Sistem Flaim mencakup headset HTC Vive VR, jaket berbobot dengan komponen penghasil panas, masker pernapasan, dan sistem umpan balik haptic yang dipatenkan.

Jaket terbuat dari serat nano konduktif, yang melacak EKG pemakai dan mengirimkannya secara real-time di layar eksternal kepada pelatih. Dapat memanas hingga 120C untuk waktu yang singkat.

Ada dua varian selang yang bisa digunakan. Satu menyediakan sekitar 30kg resitance, dan versi heavy duty yang dapat memberikan ketahanan sekitar 75kg.

Baca juga: Potensi Virtual Reality Untuk Pengobatan Alzheimer

Pelatihan ini jelas tidak bisa dibandingkan dengan kondisi kebakaran sesungguhnya yang dikelilingi kobaran api, tetapi setidaknya, pelatihan ini sudah cukup untuk membuat para calon pemadam kebakaran untuk terbiasa dengan situasi kebakaran sehingga tidak panik saat dihadapkan dengan kebakaran yang sesungguhnya,  meningkatkan kewaspadaan, dan jadi tau langkah-langkah yang harus dilakukan dalam menghadapi berbagai situasi yang tidak terduga di lokasi kebakaran yang sesungguhnya.

By |2018-10-19T09:53:16+00:00October 19th, 2018|Articles, Virtual Reality|
%d bloggers like this: