Sebelum adanya teknologi imersif, contoh teknologi perkantoran secara otomatis merujuk pada mesin besar dan komputer. Memang inovasi tersebut sangat membantu efisiensi pekerjaan tetapi saat ini, peran teknologi semakin kompleks dan signifikan.

Pada dasarnya, keberadaan teknologi berguna agar karyawan lebih fokus pada pekerjaan yang lebih penting. Untuk jenis pekerjaan yang bersifat pengulangan, atasan lebih baik menyerahkannya pada mesin dan teknologi. Otak dan fisik manusia sebaiknya lebih berkutat pada strategi pengembangan bisnis, riset dan pengembangan, dan pekerjaan yang berhubungan dengan kreativitas.

Dulu, berbicara tentang contoh teknologi perkantoran, yang muncul seketika di benak adalah komputer, mesin emboss dan hotprint hingga HRIS untuk divisi human resource. Sekarang, teknologi  berkembang sangat cepat, hingga muncul teknologi imersif yang memberikan pengalaman mendalam bagi konsumen.

Lalu, bagaimana teknologi imersif ini akan menguntungkan bisnis Anda? Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Augmented Reality (AR)

Istilah teknologi Augmented Reality atau AR melejit berkat game Pokemon Go. Game ini menggabungkan konten digital di dalamnya dengan dunia nyata. Pengguna bisa mencari keberadaan Pokemon dengan menyesuaikannya dengan lingkungan mereka berada saat itu.

Contoh Augmented Reality ternyata tidak hanya di dunia gaming. Teknologi AR bisa digunakan untuk perkantoran. Berikut contoh pemakaian teknologi AR bagi kantor Anda.

Yang pertama adalah untuk memaksimalkan upaya digital marketing. Perusahaan Anda dapat menerapkan AR marketing untuk mengoptimalkan pemasaran di dunia maya. Kelebihan Augmented Reality sendiri adalah lebih efektif dalam menarik keterlibatan audiens berkat kecanggihan teknologi dan kontennya yang kreatif.

Contoh AR marketing yang telah kami buat bisa dicek pada photo booth AR oleh MU Weber dalam sebuah pameran. Tampak banyak pengunjung yang antusias membuat foto berbasis AR dengan sticker lucu dan kreatif.

Perusahaan otomotif terkemuka di dunia, Toyota, memakai AR untuk mengukur ketebalan sehingga hanya membutuhkan seorang staf, dari yang tadinya dua orang. Waktu pengerjaan menjadi lebih singkat menjadi dua jam dari yang sebelumnya seharian.

Pada bidang arsitektur, teknologi AR melalui headset AR mempercepat hasil pengerjaan desain bangunan secara real-time dari berbagai perspektif. Proses ini lebih singkat daripada harus menunggu hasil rendering yang bisa memakan banyak waktu.

2. Virtual Reality (VR)

Contoh teknologi perkantoran yang tergolong teknologi imersif adalah Virtual Reality. Berbeda dengan AR, untuk VR, pengguna harus mengenakan headset VR. Alat inilah yang menjembatani pemakai memasuki dunia “lain” sehingga memang sensasi lebih seru. Saat ini, sudah banyak penyedia jasa virtual reality yang menawarkan banyak penerapan VR untuk brand activation dan simulasi pelatihan.

Baca juga: Sewa Photo Booth, Solusi Terbaik Ramaikan Boothmu di Event

Contoh pemakaian VR adalah Flying Simulator Jet VR dari MLD. Di dalam teknologi yang kami kembangkan ini, pengunjung dapat merasakan “terbang” tanpa meninggalkan lokasi mereka berada di dalam pameran tersebut. Walmart pernah memakai teknologi VR untuk pelatihan sehingga membantu karyawan mempelajari banyak hal tanpa perlu terpapar risiko kecelakaan.

3. Teknologi Perkantoran Interactive Software

Interactive software merupakan contoh teknologi perkantoran yang lebih berkontribusi terhadap branding dan pelaksanaan suatu acara. Penggunaan interactive software kami rekomendasikan bagi Anda yang mempunyai anggaran tidak sebanyak jika memanfaatkan teknologi AR.

Terdapat tiga jenis interactive software, yakni interactive wall, interactive floor, dan interactive glass. Anda bisa meletakkan interactive software ini pada lobi kantor untuk memberikan kesan elit dan inovatif bagi tamu kantor. Contoh lainnya, penggunaan kiosk atau direktori interaktif untuk mempermudah pengunjung kantor atau pameran mengetahui informasi tentang perusahaan.

4. Kecerdasan buatan atau artificial intelligence

Yang saat ini paling populer adalah kecerdasan buatan dalam berbagai bentuk. Menggunakan AI dapat mendatangkan keuntungan, di antaranya sebagaimana di bawah ini:

5. Microchip, Contoh Teknologi Perkantoran Terkecil

Microchip sudah mulai dipakai di perusahaan di Swedia. Microchip ditanamkan ke badan pegawai untuk membuka pintu dan memakai mesin printer. Tentunya ini mempermudah mobilitas pegawai untuk hal-hal sederhana, bukan?

Contoh teknologi perkantoran di atas bukanlah sekadar gaya-gayaan melainkan sebagai bagian penting proses transformasi bisnis suatu perusahaan. Dan jika saat ini perusahaan Anda sedang membutuhkan penyedia AR dan VR, silahkan menghubungi MonsterAR. Dengan pengalaman selama puluhan tahun di bidang AR dan VR, kami siap membantu kebutuhan transformasi teknologi Anda.

AR/VR Tingkatkan Produktifitas, Kecepatan Kerja dan Omzet Bisnis Anda

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *