Pada level domestik, teknologi Augmented Reality (AR) kian dilirik pebisnis sebab memfasilitasi pencapaian tujuan komersial yang beragam. Perusahaan Augmented Reality Indonesia kini sudah banyak yang canggih dan berkompeten dengan memadukan unsur teknologi dan pemasaran.

Augmented Reality adalah teknik pemasaran berbasis digital yang beberapa tahap lebih kompleks dan lebih maju dari digital marketing biasa. Seperti halnya teknologi Virtual Reality, AR bertujuan menciptakan kedekatan dengan filosofi imersif antara bisnis dengan audiens. Melalui konsep imersif inilah, pebisnis akan sanggup mencapai tujuan pemasaran, branding, hingga mempertahankan pelanggan lama.

Sekilas tentang Augmented Reality custom

Proyek AR yang disesuaikan dengan kebutuhan klien menjadi spesialisasi Augmented Reality Indonesia. Klien bebas berkonsultasi dan menyampaikan kebutuhan mereka pada proyek AR yang akan dikerjakan. Aspek pertama dalam pembahasan ini pertama-tama adalah tentang tujuan komersil yang ingin dicapai. Contohnya adalah menarik pengunjung pameran dengan AR photobooth atau membuat interactive game berbasis AR.

Dalam proyek kustomisasi, perusahaan Augmented Reality biasanya akan menanyakan tenggat waktu pengerjaan proyek dan anggaran yang sudah dipersiapkan.

Beberapa perusahaan AR nasional, seperti MonsterAR, akan memberikan banyak masukan untuk menerapkan teknologi AR ke dalam proyek ini nantinya. Setiap klien akan kami arahkan agar proyek ini akan secara efektif mencapai target komersial yang dicanangkan.

Tentunya, dalam proyek ini, Anda dapat memasukkan brand, memilih isi konten, hingga promosi secara langsung. Walau berharga lebih mahal dari yang bukan kustomisasi, jenis layanan custom ini lebih unggul dari segi fleksibilitas konten. Sebagai klien, Anda dapat menyesuaikan isi konten dan pengemasannya sesuai tujuan.

Contoh yang pernah menggunakan AR adalah IKEA melalui aplikasi AR IKEA Place. Aplikasi ini sangat membantu calon konsumen dalam memutuskan membeli suatu produk atau tidak. Caranya, mereka dapat mencoba suatu produk secara digital lalu menaruhnya ke ruangan mereka. Dengan ini mereka tidak akan salah membeli lagi atau setidaknya potensi salah pembelian menjadi menurun. Mereka juga tidak perlu ke toko fisik IKEA sehingga menghemat waktu dan energi.

Panduan memilih perusahaan Augmented Reality Indonesia

Dengan banyaknya penyedia jasa AR di Indonesia, Anda tetap memperhatikan banyak aspek agar memilih yang tepat. Berikut tips untuk menentukan vendor terbaik.

1. Mudah dihubungi

Vendor Augmented Reality yang kompeten haruslah yang responsif. Mereka siap menjawab berbagai pertanyaan calon klien secara sigap dan tepat sasaran. Sehingga, carilah vendor AR yang memang mudah untuk dihubungi saat jam kerja.

Umumnya, vendor yang baik akan menyediakan kontak di website mereka. Anda bisa langsung mengirimkan pesan melalui website mereka atau WhatsApp. Cek juga akun media sosial mereka. Vendor yang bermutu lazimnya mempunyai akun media sosial yang menarik dan terus diperbaharui. Apabila lama mendapat tanggapan melalui web, Anda bisa mencoba mengirimkan pesan melalui media sosial mereka.

2. Portofolio proyek sebelumnya

Faktor terpenting adalah mengetahui contoh proyek yang sebelumnya dikerjakan. Cek mutu pekerjaan calon vendor AR tersebut, bahkan jika perlu, hubungi klien yang terdahulu untuk mendapatkan referensi. Selain hasil visual atau aspek teknis, tanyakan profesionalisme vendor tersebut, mulai dari cara vendor tersebut menanggapi keluhan hingga layanan secara keseluruhan. Tidak kalah pentingnya adalah bagaimana vendor tersebut bekerja dalam memenuhi tenggat waktu proyek.

3. Pilihan jasa kustomisasi

Layanan kustomisasi vendor AR bisa bervariasi. Contoh hal yang perlu ditanyakan ke mereka adalah mengenai biaya tambahan dan proses kreatif untuk mendapatkan hasil sesuai kebutuhan branding dan promosi. Buatlah daftar pertanyaan yang terperinci agar hasil benar-benar tepat sasaran.

4. Layanan konsumen

Pengerjaan proyek kustomisasi AR akan banyak melibatkan komunikasi dari kedua belah pihak. Ini akan terjadi mulai dari persiapan, proses pengerjaan, bahkan hingga paska selesainya suatu proyek. Contoh yang lazim dibahas berulang adalah penambahan fitur, penyelesaian sesuai tenggat waktu, dan perbaikan kesalahan. Vendor yang profesional akan cepat dan efektif dalam memberikan solusi, termasuk setelah proyek tersebut rampung. Aspek layanan pelanggan ini sangat penting agar klien merasa puas.

Baca juga: Jasa Filter Instagram: Tingkatkan Penjualan dan Jangkauan Pasar Anda

Contoh penggunaan AR untuk bisnis

Jika masih bingung penerapan teknologi AR untuk bisnis, berikut inspirasi untuk Anda:

1. AR Brochure

Brosur yang hingga sekarang masih populer adalah brosur statis dimana berisikan informasi mengenai identitas seseorang atau perusahaan. Brosur konvensional ini tidak tertutup kemungkinan langsung dibuang atau disimpan dalam waktu lama. Si penerima tidak akan begitu terkesan untuk mengambil tindakan lebih lanjut.

AR Brochure bersifat dinamis. Dalam kartu kecil tersebut, si penerima akan mendapati kartu bisa “hidup” dengan melakukan scan. Tidak hanya informasi umum suatu bisnis, si penerima dapat langsung diarahkan ke peta lokasi kantor, sejarah, hingga akun media sosialnya. Tentunya ini akan sangat mengesankan bagi si penerima.

2. AR Interactive Game

Berencana mengisi bazar atau pameran? AR Interactive Game bisa menjadi pembeda gerai bisnis Anda dibandingkan yang lain. Game memang sudah hal yang biasa tetapi dengan AR, pengunjung akan jauh lebih terhibur dan dekat dengan bisnis Anda. Mereka bisa benar-benar terlibat dengan game yang mereka ikuti dan tentunya visual 3D di dalamnya sangat indah. Baik anak-anak dan orang dewasa cocok memainkan game ini. Tidak hanya akan sukses menarik minat pengunjung, AR Interactive Game akan meninggalkan kesan positif yang awet tentang brand Anda.

3. AR Photo Booth

Sudah wajib hukumnya menyematkan layanan foto jika brand Anda mengikuti acara offline. Agar lebih kreatif, selain AR Interactive Game, Anda bisa menjajal AR Photo Booth yang selangkah lebih seru dari photo booth biasa. Kenapa? Setiap pengunjung bisa memilih sticker, emoji, hingga idola kesayangan sebagai “teman” berfoto ria. Dan Anda bisa membubuhkan logo brand di setiap foto yang diambil agar branding perusahaan melekat dalam waktu lama hingga audiens pulang ke rumah masing-masing.

4. AR Presentation

Presentasi bisnis memakai PPT dan dokumen sudah biasa. AR Presentation akan membuat presentasi Anda semakin efektif dan menarik. Klien atau atasan akan mendapatkan kesan positif mengenai teknik ini. AR Presentation menawarkan visual yang efektif dalam menyampaikan pesan tertentu. Grafik dan teks dapat dibuat lebih hidup sehingga audiens lebih cepat dalam menangkap pesan dan tidak merasa bosan.

MonsterAR, perusahaan AR dan VR terpercaya untuk brand Anda

Berkecimpung sejak 2012, MonsterAR telah banyak menangani proyek kustomisasi nasional. Selain AR dan VR, kami juga menawarkan teknologi Mixed Reality (MR) untuk menjawab banyak kebutuhan branding dan pemasaran berbagai klien. Dalam pengerjaan setiap proyek, kami menggabungkan inovasi, kreativitas, dan komersialisme untuk membantu setiap klien. Jangan ragu untuk menghubungi kami jika saat ini sedang mencari perusahaan augmented reality Indonesia sebagai mitra pengerjaan kustomisasi proyek AR Anda. Untuk portofolio, cek website ini berikut cara terhubung dengan kami.

Pemasaran produk lebih powerful dan efektif melalui teknologi AR dan VR
Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

How can we help you ?