Filter Instagram adalah salah satu jenis aplikasi Augmented Reality (AR) yang memungkinkan pengguna Instagram untuk memperbesar lingkungan mereka atau berinteraksi dengan objek virtual secara real-time. Instagram telah membuka peluang bagi merek untuk menggunakan filter AR sebagai media pemasaran sejak Agustus 2019. Hingga kini, instagram telah menarik perhatian banyak merek di seluruh dunia sebagai cara inovatif untuk melibatkan audiens tanpa membuat mereka merasa bosan. Anda juga bisa menggunakan jasa filter instagram untuk membantu menciptakan filter AR custom yang dirancang khusus sesuai dengan identitas merek Anda.

Kini instagram sangatlah populer, dengan 2 miliar pengguna aktif bulanan dan 50% diantaranya menggulir feed mereka setiap hari. Jadi tidak mengherankan jika banyak bisnis memilih untuk menggunakan instagram sebagai platform pemasarannya.

Selain menyenangkan bagi pengguna, filter instagram manapun yang bisa kita lihat dapat dengan mudah digunakan kembali hanya dengan beberapa sentuhan jari, sehingga sangat mudah tersebar dan menjadi viral di media sosial. Berikut, adalah 7 alasan kenapa filter AR merupakan media pemasaran terbaik bagi bisnis Anda.

1. Hampir Semua Orang Memiliki Smartphone

Covid-19 telah mengubah dunia dengan mengalihkan bekerja jadi dari rumah dan berbelanja online menjadi sebuah hal yang umum dilakukan. Oleh karena itu, pemasaran digital menjadi lebih penting bagi merek untuk tetap relevan bagi pengguna media sosial. Menurut Instagram, 1/3 dari cerita Instagram atau IG story yang paling banyak dilihat berasal dari merek dan IG story dari merek memiliki tingkat penyelesaian 85%. Selain itu, merek yang menggunakan alat interaktif seperti stiker polling meningkatkan penayangan video sebesar 3 detik di 90% kampanyenya. Oleh karena itu, sebagai alat interaktif terbaru di Instagram, manfaat filter AR juga dapat membantu merek melibatkan audiens dari pengguna instagram dengan lebih baik dengan 2 cara yaitu:

  • Memberikan bentuk hiburan baru bagi audiens mereka yang terjebak di rumah.
  • Mempromosikan pesan-pesan positif untuk membantu masyarakat mengatasi PPKM / pembatasan perjalanan

Alih-alih video berdurasi 15 detik yang cenderung diabaikan, merek dapat meninggalkan kesan yang lebih dalam bagi audiens dengan membuat filter interaktif yang dapat mereka nikmati.

Gamification IG filter yang kami buat untuk home credit (lihat video di atas) bisa menjadi contoh bagaimana permainan interaktif di IG story bisa sangat menghibur masyarakat yang terjebak di rumah saat PPKM. Tanpa di sadari, hal ini memberikan kesan “brand Anda menemani dan menghibur audiens selama PPKM”, sehingga memberikan kesan yang sangat positif terhadap brand Anda.

2. Mudah Dibagikan dan Menjadi Viral

Jasa Filter Instagram

Tidak ada rekomendasi yang lebih meyakinkan daripada rekomendasi dari seseorang yang Anda kenal. Pengguna filter AR Instagram memiliki kecenderungan tinggi untuk berbagi cerita dengan teman-teman mereka ketika filter cukup menarik dan interaktif. Alhasil, pengikut mereka kemungkinan akan menggunakan dan membagikan filter tersebut karena tertarik setelah melihatnya pertama kali dari IG story teman mereka. Siklus ini akan terus berulang dan membesar seperti bola salju, sehingga menjangkau audiens yang lebih luas dari yang Anda bayangkan karena sifat interaktif dari filter Instagram.

MonsterAR project, IG filter untuk campaign Visit Singapore

Filter Instagram dan postingan IG story biasa juga dapat digunakan sebagai iklan IG story bersponsor untuk audiens target merek. Namun, karena filter Instagram memberikan pengalaman yang lebih pribadi dengan berfokus pada pengguna, ini bisa lebih efektif daripada meminta audiens merek Anda untuk hanya mempromosikan produk / layanan karena hal itu kebanyakan orang tidak ingin melakukannya. Berbeda dengan filter AR yang menyenangkan sehingga orang mau membagikannya dengan suka rela.

3. IG Filter Mempromosikan Konten Buatan Pengguna

Menurut Hootsuite, konsumen memiliki kemungkinan 2,4 kali lebih tinggi untuk melihat konten buatan pengguna sebagai otentik dibandingkan dengan konten yang dibuat oleh merek. Karena itu, memiliki konten buatan pengguna untuk merek akan meningkatkan kredibilitas brand Anda. Sebagian besar merek menggunakan Instagram sebagai platform utama mereka untuk konten buatan pengguna, seperti memposting ulang postingan pengikut mereka yang menampilkan brand. Ini masih merupakan strategi yang bagus untuk diikuti, namun tidak mudah untuk mendapatkan pengikut untuk menghasilkan konten merek kecuali jika keterlibatan merek sudah kuat.

MonsterAR project, IG filter Maybeline

Anda bisa menggunakan jasa filter Instagram untuk membuat pengikut merek Anda menghasilkan konten untuk diri mereka sendiri, selama filter dari brand Anda adalah sesuatu yang ingin digunakan pengikut. Instagram juga memiliki fitur di mana merek dapat melihat beberapa story pilihan pengguna yang menggunakan filter merek dalam 24 jam terakhir.

Setelah membagikan story buatan pengguna ini di IG story brand Anda, Anda juga dapat menyimpannya sebagai sorotan di halaman Instagram yang dapat dilihat oleh siapa saja yang mengunjungi halaman Instagram brand Anda. Dengan demikian, memiliki konten buatan pengguna dengan filter Instagram dapat meningkatkan kredibilitas merek Anda sekaligus melibatkan pengikut dengan interaktivitas.

4. IG Filter untuk Mempromosikan Acara

Jasa Filter Instagram

Memanfaatkan filter Instagram khusus adalah cara yang efektif untuk mempromosikan suatu acara. Dengan menyertakan nama acara dan detail acara di dalam filter, Anda dapat mulai menghidupkan kegembiraan untuk acara tersebut. Contoh yang bagus adalah filter Instagram yang mempromosikan Olimpiade. Meskipun acaranya masih 1 tahun lagi, panitia Olimpiade sudah memasang filter menarik bagi orang-orang yang secara tidak langsung akan diingatkan tentang acara di seluruh dunia ini. Jenis pemasaran ini juga bekerja dalam skala yang lebih kecil.

MonsterAR project, IG filter Realfood untuk event

Baca juga: Branding Augmented Reality Tingkatkan Konversi Penjualan Produk Anda

Pengguna yang melihat filter AR akan diingatkan tentang acara tersebut dan mungkin juga memutuskan untuk menggunakan filter yang sama di cerita Instagram mereka. Ini pada dasarnya menyebabkan reaksi berantai hingga akhirnya menyebabkan filter Instagram Anda menjadi viral. Meskipun tidak semua filter Instagram dapat dan akan menjadi viral, filter yang dirancang dengan baik dan sesuai dengan audiens Anda memiliki kesempatan lebih tinggi untuk menjadi viral.

5. Menonjolkan Kepribadian Merek

Filter Instagram dapat digunakan untuk memamerkan kepribadian merek dengan menciptakan efek yang sesuai dengan merek. Misalnya, merek yang menargetkan usia remaja dapat membuat permainan filter AR yang menyenangkan untuk melibatkan audiens mereka, dan merek yang berorientasi pada audiens wanita dapat membuat filter rias untuk mempercantik penggunanya.

Contoh filter instagram untuk brand di Indonesia adalah gamification IG filter yang kami buat untuk Nutriclub, sebuah layanan dari Nutricia yang berdedikasi untuk mendampingi para Mama Indonesia dalam perjalanan kehamilan dan tumbuh kembang bayi dan balita. FIlter ini sangat menggambarkan kepribadian brand Nutricia karena mempererat kedekatan antara ibu dengan sang buah hati.

6. Dapat Disesuaikan

Jasa Filter Instagram

Filter Instagram sepenuhnya dapat disesuaikan dengan kampanye pemasaran merek Anda. Baik itu tagline kampanye yang ingin ditambahkan oleh merek, atau menggunakan maskot merek dan warna merek, semua ini dimungkinkan dalam filter AR. Untuk menyajikan filter terbaik, Anda dapat bermitra dengan penyedia jasa filter instagram terpercaya dan berpengalaman dalam pengembangan teknologi Augmented Reality.

7. Teknologi AR terus Berkembang Pesat

Saat ini, AR Instagram hanya dapat melacak wajah, target gambar dan tangan. Namun, hanya masalah waktu sebelum fitur seperti tubuh, kaki, gerakan tangan, atau bahkan pelacakan khusus akan tiba di Instagram dan memberi merek lebih banyak pilihan untuk berinteraksi dengan pengikut mereka seperti pakaian dan sepatu Tryon virtual. Oleh karena itu, penting bagi merek untuk mengenal AR sejak dini dan memulai sebelum AR menjadi hal biasa dan tidak istimewa lagi untuk periklanan.

Dengan 7 alasan di atas, tidak diragukan lagi bahwa AR akan memainkan peran besar di masa depan pemasaran. Metrik dari filter instagram merek Anda juga dapat dilihat dan di ukur, sehingga efektifitas kampanye pemasaran Anda dapat di sesuaikan dan selalu terjaga dengan baik.

MonsterAR menyediakan jasa filter instagram custom yang sepenuhnya dapat di rancang dan disesuaikan dengan kebutuhan brand Anda. Klik tombol di bawah ini untuk konsultasi dan solusi selengkapnya.


Pemasaran produk lebih powerful dan efektif melalui teknologi AR/VR

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !


Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami