Teknologi yang saat ini mengalami perkembangan dan penerapan sangat pesat di sebagian besar industri adalah Augmented Reality (AR). Teknologi ini memperluas dunia fisik kita dengan menambahkan lapisan informasi digital ke dalamnya. Adopsi AR oleh banyak bisnis terus bertumbuh dengan kecepatan tinggi, khususnya penerapan AR dalam bisnis ecommerce. Mengingat situasi pandemi global yang dihadapi dunia dalam beberapa tahun terakhir, teknologi AR benar-benar memberikan manfaat nyata dengan menghasilkan peningkatan signifikan dalam layanan yang ditawarkan e-commerce.

E-commerce memberikan bisnis kemampuan untuk menjangkau lebih banyak pelanggan daripada yang dapat dicapai melalui metode ritel tradisional. Peningkatan jumlah orang yang melakukan pembelian secara online membuat pasar ritel ini tumbuh paling cepat. E-commerce adalah cara ideal untuk mengembangkan merek dari toko tradisional di lokasi tertentu menjadi merek yang mudah diakses dari berbagai negara di seluruh dunia.

Berikut, kita akan melihat secara detail bagaimana teknologi AR digunakan dalam bisnis ecommerce untuk memperluas jangkauan bisnis, meningkatkan penjualan, dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

1. Tingkatkan Keterlibatan Pelanggan (Customer Engagement)

Setiap bisnis mengembangkan strategi pemasaran pengalaman yang berarti interaksi antara merek dan pelanggan mereka sangat penting bagi keberhasilan kinerja penjualan. Teknologi AR mengembangkan hubungan yang lebih erat antara merek dan pelanggan berkat kesempatan untuk pengujian produk praktis. Dengan cara ini, pelanggan memiliki kesempatan untuk mencoba suatu produk sebelum mengambil keputusan untuk membelinya.

Semua ini membantu meningkatkan keterlibatan pelanggan secara signifikan karena calon pelanggan menghabiskan lebih banyak waktu dengan produk. Hubungan dekat yang tercipta antara merek dengan pelanggan meningkatkan kemungkinan pengguna ini akan lebih cepat mencapai keputusan untuk melakukan pembelian.

2. Berikan Pengalaman Belanja Unik

ar dalam bisnis interior ecommerce

Teknologi AR dalam bisnis ecommerce meningkatkan pengalaman berbelanja dengan membuatnya lebih unik dan interaktif. Berkat teknologi ini, pelanggan memiliki kendali penuh atas produk. Dengan cara ini, pelanggan yang memiliki kendali atas produk merasa lebih dekat dan lebih terhubung dengan produk yang membuat mereka setia pada merek.

Berkat AR, mereka juga dapat mempersonalisasi produk mereka dan ini memungkinkan untuk berhasil memenuhi kebutuhan mereka. Pada saat yang sama, melalui pengenalan AR di e-commerce, pengembalian produk karena ketidakpuasan pelanggan telah menurun secara signifikan. Ini menghemat biaya perusahaan untuk transportasi, pengisian ulang, pengemasan ulang dan memastikan tingkat kepuasan pelanggan yang tinggi.

3. Tingkatkan Kesadaran Merek (Brand Awareness)

Mengingat bisnis yang beroperasi di e-commerce sangat banyak, ini berarti persaingannya cukup tinggi. Menghasilkan trafic yang tinggi ke situs adalah salah satu tujuan terpenting yang berarti dibutuhkan peningkatan SEO. Berkat pengalaman unik yang ditawarkan AR ke dalam situs, membuatnya menarik pengguna baru dan mengembalikan pengguna lama.

Baca juga: Sewa VR Untuk Event di Jakarta, Tingkatkan Omset Bisnis Anda

Jika pengguna kembali, berarti tujuan untuk menawarkan sesuatu yang berharga dan inovatif telah tercapai. Di sinilah letak peran AR yang membuat pengalaman pengguna menjadi lebih menarik. Pada saat yang sama untuk pengguna baru, menjadi mungkin untuk mencapai keyakinan yang mereka butuhkan untuk membeli produk berkat eksplorasi melalui AR.

4. Solusi Atasi Pandemi

Di masa pandemi saat ini, menjaga kebersihan di tempat usaha selalu menjadi masalah yang mengkhawatirkan, ditambah dengan adanya berbagai aturan seperti menjaga jarak dan memakai masker, terutama saat berkumpul di showroom. Karena masyarakat menghindari kerumunan serta dari berbagai pembatasan penutupan toko, membuat penjualan online meningkat secara signifikan.

AR adalah solusi sempurna untuk meningkatkan pengalaman belanja online yang menghilangkan kebutuhan untuk menjelajahi produk yang diinginkan secara fisik atau membelinya langsung dari toko, sehingga menjaga jarak sosial dan menghilangkan kebutuhan untuk kunjungan yang tidak perlu.

Seperti disebutkan di atas, saat ini ketika jarak sosial telah menjadi hal yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, AR hadir untuk membantu bisnis sebagai alat yang ampuh untuk meningkatkan e-commerce secara signifikan. Integrasi teknologi AR di toko e-commerce memberikan pengalaman berbelanja yang paling inovatif, ramah dan menyenangkan.

Teknologi AR memiliki potensi bagi industri ecommerce untuk memastikan pertumbuhan bisnis yang cepat berkat penjualan yang tinggi. Tertarik menerapkan teknologi AR untuk bisnis Anda? Klik tombol di bawah ini untuk konsultasi dan solusi selengkapnya.


Pemasaran produk lebih powerful dan efektif melalui teknologi AR dan VR

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !


Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami