Dengan semakin banyak pelanggan yang lebih memilih untuk berbelanja dari rumah secara online, penjual terus mencari cara baru dan kreatif untuk menarik perhatian konsumen dan menjadikan beberapa pengalaman di dalam toko tersedia secara online. Ini sangat penting saat berbelanja barang-barang pribadi seperti alas kaki. Meskipun Anda mungkin tahu ukuran sepatu Anda, bagaimana Anda tahu apakah sepasang sepatu tertentu akan cocok di kaki Anda? Di sinilah manfaat AR/VR dapat sangat membantu penjual dan konsumen, memungkinkan mereka mencoba sepatu virtual yang ingin mereka beli.

Mari kita cermati teknologi ini dan pelajari semua manfaat yang ditawarkannya.

Bagaimana Cara AR/VR Bekerja?

Perancang sepatu virtual akan membuat model 3D dari semua sepatu yang ada untuk memberi pelanggan pemahaman yang lengkap tentang barang tersebut. Pemodelan dan pemindaian 3D seperti ini untuk industri alas kaki merupakan peningkatan yang signifikan dibandingkan gambar 2D konvensional karena tidak mungkin untuk melihat sepatu dari semua sudut yang memungkinkan. Semua gambar ini akan dimuat ke dalam aplikasi percobaan virtual 3D di mana pelanggan dapat mencoba sepatu dalam tampilan AR. Bayangkan kemudahan teknologi yang dapat ditawarkan kepada pembeli online.

Berkat manfaat AR/VR, pembeli tidak perlu ragu-ragu lagi untuk membeli karena takut menyesali pembelian. Takut akan menghabiskan uang, menunggu sepatu tiba, kemudian mencobanya hanya untuk mengetahui bahwa sepatu yang dibeli tidak cocok dan harus melalui semua proses yang merepotkan untuk mengembalikannya. Terlebih lagi, mereka bahkan mungkin tidak bisa mendapatkan pengembalian uang. Pengukur sepatu virtual, pelacakan kaki VR, dan semua fitur AR/VR lainnya membantu menghilangkan semua ketakutan tersebut, yang pada akhirnya membuat pelanggan semakin yakin untuk melakukan pembelian.

Manfaat AR/VR bagi Konsumen

Karena banyak pembeli masih ragu untuk melakukan perjalanan ke lokasi toko fisik untuk mencoba sepatu di kehidupan nyata karena ketakutan yang berkelanjutan akan tertular COVID-19, penerapan AR/VR dalam penjualan alas kaki adalah alternatif yang menjanjikan. Anda dapat berbelanja dengan nyaman dari rumah, dan akan memiliki akses ke berbagai macam sepatu yang jauh lebih banyak daripada yang dapat ditawarkan oleh toko fisik mana pun karena Anda dapat berbelanja online dan membeli dari toko mana pun di dunia.

Jika Anda ingin melihat bagaimana sepasang sepatu tertentu akan terlihat di kaki, yang harus Anda lakukan adalah mengarahkan kamera ponsel cerdas ke kaki Anda, dan sepatu AR akan muncul di layar. Aplikasi ini juga akan membuat model kaki virtual reality untuk memastikan modelnya cocok. Perlu diingat bahwa teknologi yang sama memungkinkan pakaian virtual untuk dicoba, jadi Anda tidak terbatas hanya pada alas kaki.

Baca juga: Teknik Pemasaran Produk Efektif Melalui Teknologi AR / VR

Kita juga perlu ingat bahwa konsumen cenderung memilih sepatu yang cocok dengan barang lain di lemari pakaian mereka. Ketika mereka pergi ke toko fisik untuk mencoba sepatu, mereka hanya bisa melihat bagaimana sepatu itu cocok dengan pakaian tertentu yang mereka kenakan saat itu. Namun, augmented reality membuka kemungkinan untuk mix and match sepatu dan pakaian untuk melihat apakah sepatu itu sesuai dengan gaya Anda atau tidak. Dengan menawarkan kenyamanan seperti itu kepada pelanggan, Anda dapat meningkatkan tingkat konversi penjualan secara signifikan.

Manfaat AR/VR bagi Penjual

Augmented reality untuk bisnis memungkinkan penjual memperluas basis pelanggan mereka dan memasarkan produk mereka kepada orang-orang di luar wilayah geografis lokal mereka. Karena model sepatu tertentu akan populer di negara tertentu juga, Anda dapat menyempurnakan strategi pasar untuk menargetkan pasar tertentu. Misalnya, jika sepatu boots tertentu populer di China, Anda dapat membuat sepatu boots virtual reality di situs web Anda, memungkinkan pembeli di negara tersebut untuk mencobanya seolah-olah mereka benar-benar ada di toko Anda.

Teknologi ini bisa sangat membantu jika Anda mencoba menargetkan pembeli milenial atau Generasi Z. Mereka mengharapkan solusi dan pengalaman yang dipersonalisasi yang tidak dapat diberikan oleh merek lain, dan AR dapat membantu bisnis Anda menonjol di industri tipe red ocean yg penuh dengan persaingan. Karena pembeli dari generasi Z sangat paham teknologi, mereka mencari cara tambahan untuk menggunakan teknologi, dan belanja sepatu AR adalah cara yang menarik dan interaktif untuk meningkatkan pengalaman mereka. Semua ini akan mengarah pada tingkat konversi penjualan yang lebih tinggi karena konsumen akan lebih tahu tentang produk.

Anda juga akan mengurangi jumlah pengembalian barang karena teknologi AR memungkinkan tingkat presisi yang tinggi saat membuat model kaki dan sepatu VR individual.

Mulai Nikmati Manfaat AR/VR untuk Bisnis Anda

Seperti yang telah kita bahas di atas, memberi pelanggan Anda kemampuan untuk mencoba sepatu secara virtual adalah win-win solusion untuk semua pihak, mulai dari pelanggan dan khususnya pemilik bisnis termasuk dengan bisnis Anda. Ini tidak terbatas di industri alas kaki saja, namun bisa di terapkan ke berbagai industri yang berbeda termasuk pakaian, pariwisata, property dan banyak lagi.

Ini adalah cara baru dan mendalam untuk memasarkan produk Anda ke audiens target Anda dan membuka aliran pendapatan baru. Klik tombol di bawah ini untuk konsultasi dan solusi selengkapnya.


Pemasaran produk lebih powerful dan efektif melalui teknologi AR dan VR

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !


Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami