Wahai para pebisnis produk kosmetik di Indonesia, bersiaplah! Virtual makeup tester akan merubah kebiasaan bisnis Anda jadi lebih mudah dan cerah, secerah produk kosmetik yang Anda jual.

Masih ingat pandemi 2020? Berbagai bisnis berguguran satu persatu, tidak luput menimpa industri kecantikan dan kosmetik. Tidak hanya berpengaruh terhadap penjualan saja, namun banyak orang mulai merasa tak nyaman untuk menggunakan produk tester karena alasan tak higienis dan saat itu karena larangan bersentuhan dari pemerintah.

Karena tidak dapat mencoba riasan, maka masyarakat pun umumnya mengurungkan niat untuk membeli produk yang disukainya. Meski pada saat itu kecenderungan orang beralih ke belanja online, tetapi sebagian besar animonya masih suka membeli kosmetik di toko dan hanya 16% – 24% (bergantung kelompok usia) konsumen yang membeli produk secara online.

Oleh sebab itu perlu dicatat bahwa persentase konsumen yang berbelanja online namun tetap melihat produk di toko offline tumbuh menjadi 23% – 40%. Namun pertanyaannya orang masih mau berbelanja di toko offline untuk mencari produk kecantikan, padahal mereka bisa mudah menemukannya di toko online?

Masyarakat pembeli produk kosmetik didominasi oleh perempuan, dan tentu saja bagi perempuan, soal kecantikan tak dapat ditawar. Mengembalikan riasan tidak semudah mengembalikan pakaian. Banyak toko memang tidak memiliki cara untuk memberikan tester produk mereka kepada konsumennya, padahal itu penting. Lantas bagaimana caranya? Jawabannya adalah dengan menggunakan aplikasi virtual makeup tester yang dilengkapi dengan teknologi Augmented Reality (AR) yang imersif.

Bagaimana Cara Kerja Aplikasi Makeup Virtual?

Virtual makeup tester ini memang aplikasi pintar yang berfungsi seperti “cermin ajaib” yang dapat menunjukkan wajah pengguna setelah memakai produk kosmetik tertentu secara realtime dan akurat, tanpa harus mencoba produknya secara langsung. Aplikasi pun dapat dibuat menyesuaikan dengan produk kosmetik yang akan dijual.

Bagian terpenting dari aplikasi virtual makeup tester ini adalah algoritma deteksi wajah yang sangat baik. Algoritma komputer dapat mendeteksi wajah dengan mencari area dengan kontras tinggi di antara piksel. Selanjutnya, serangkaian instruksi yang berbeda akan menyelaraskan gambar dengan model statistik wajah manusia yang diunggah ke perangkat lunak. Setelahnya, gambar akan menyesuaikan pola yang disimpan untuk mencocokkan bentuk wajah yang lebih baik. Lantas, gambar virtual akan menampilkan sebuah bentuk wajah yang akan dimodifikasi.

Aplikasi ini berbasis Augmented Reality (AR) yang sangat baik dalam menggabungkan dunia nyata dengan objek maya 2D atau 3D dengan bantuan perangkat lunak yang memakai aplikasi khusus.

Contoh Penggunaan Virtual Makeup Tester dalam Bisnis:

1. Snapchat

Contoh yang pertama adalah fitur filter makeup milik snapchat yang kita kenal semua sebagai salah satu aplikasi sosial media. Dengan snapchat, Anda dapat mengambil foto, merekam video, menambahkan teks dan gambar, serta mengirimkannya ke daftar penerima yang telah Anda tentukan. Di dalamnya terdapat fitur cermin untuk merias, dengan menambahkan ornamen-ornamen khusus, atau efek riasan-riasan tertentu yang tentu saja menarik. Bahkan, beberapa fitur yang ada di snapchat telah digunakan sebagai kampanye marketing brand terkenal dunia seperti McDonald’s, Starbucks, dan Sephora.

2. Sephora

Sephora sendiri telah mengembangkan cermin untuk merias diri secara virtual sejak tahun 2014. Sephora mengembangkan “Sephora Virtual Artist” yang dapat digunakan melalui smartphone. Awalnya mereka menempatkan fitur untuk mencoba lipstik dan lip gloss dan kemudian diperbarui dengan penempatan fitur seperti eyeshadows dan eyeliners.

Memang fitur yang dikembangkan perusahan AR ini memungkinkan pengguna aplikasi untuk memindai wajahnya, kemudian memastikan letak mata dan bibirnya, sehingga kemudian pengguna dapat langsung mencoba beragam produk makeup secara virtual.

Dengan adanya fitur-fitur yang disediakan Sephora Virtual Artist tersebut, otomatis memudahkan pengguna dalam mengetahui manakah produk kosmetik yang sekiranya cocok untuk dibeli dan sesuai dengan kontur wajah.

3. L’Oreal

Produk kosmetik andalan Perancis L’Oreal juga turut memudahkan pelanggannya untuk mencoba teknologi virtual makeup tester mereka. Sama dengan teknologi yang dimiliki Sephora, L’Oreal meluncurkan aplikasi bernama Makeup Genius pada tahun 2014. Aplikasi ini sangat memungkinkan konsumen untuk mencoba produk kosmetik mereka secara virtual tanpa harus bersentuhan dengan produknya secara langsung. Uniknya, para pengguna aplikasi juga dapat membagikan hasil riasan mereka ke akun sosial media milik mereka dengan perantara jaringan internet. Aplikasi dari L’Oreal ini bahkan diklaim dapat membedakan 64 titik wajah dan juga 100 ekspresi wajah manusia dengan sangat akurat.

Baca juga: Jasa Filter Instagram: Tingkatkan Penjualan dan Jangkauan Pasar Anda

Keunggulan Virtual Makeup Tester

Teknologi yang dikembangkan dengan Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) memudahkan kalangan manapun untuk melakukan aktivitasnya, termasuk dengan industri kecantikan dan kosmetik. Melalui aplikasi virtual makeup tester terbukti memudahkan kaum perempuan dalam mengetahui jenis produk mana yang cocok untuk mereka tanpa perlu datang ke toko dan mencoba produk secara langsung.

Intinya, dengan virtual makeup tester, konsumen dapat bereksperimen dengan berbagai kombinasi dan tampilan tanpa benar-benar menggunakan produk apa pun. Dan hal ini pun dapat menjaga kulit dari kontaminasi produk ketika telah digunakan oleh orang lain.

Salah satu yang membuat banyak orang menjauh dari rencana belanja adalah mengenai kebersihan. Hal ini menjadi salah satu isu yang mengkhawatirkan pada saat pandemi lalu. Para ahli kulit setuju jika Anda akan dapat mendapatkan penyakit menular kulit akibat penggunaan sampel dan pengujian produk di dalam toko.

Oleh karena itulah, penggunaan AR virtual makeup tester begitu bermanfaat dan berguna untuk pencegahan risiko penyakit menular seperti covid, kulit dan lain sebagainya.

Apakah Virtual Makeup Tester Menguntungkan bagi Bisnis?

Bagi Anda pebisnis online, tentu dengan kemudahan yang ditawarkan oleh aplikasi virtual makeup tester ini membawa harapan baru untuk mendukung sistem penjualan produk kosmetik yang Anda jual. Beberapa manfaat keuntungan yang dapat Anda dapatkan di antaranya adalah:

1. Dapat meningkatkan omzet dan pendapatan

Dengan dukungan teknologi AR virtual makeup tester, maka akan dapat meningkatkan omzet dan pendapatan Anda secara masif. Dengan menggunakan aplikasi tersebut, pengalaman dalam berbelanja konsumen tentunya menjadi lebih nyaman, lebih cepat, higienis, dan menyenangkan. Hal ini akan berpotensi meningkatkan jumlah transaksi atau nilai produk yang terjual dalam keranjang harian Anda.

2. Promosi yang menarik pelanggan baru

Mengembangkan aplikasi makeup virtual adalah cara yang bagus untuk meningkatkan citra brand milik Anda, meningkatkan aktivitas pemasaran influencer, dan mengarahkan traffic secara organik ke toko Anda. Pada dasarnya, orang menyukai media interaktif dan secara alami tertarik kepada inovasi. Percobaan makeup virtual dapat menjadi cara yang bagus bagi influencer untuk benar-benar melibatkan audiens mereka dan mengubah minat tersebut menjadi penjualan.

3. Membuka kemungkinan-kemungkinan baru

Berkat aplikasi makeup virtual, Anda dapat memiliki gambaran yang lebih baik mengenai apa yang akan dibeli oleh pelanggan Anda dan apa yang sedang mereka cari. Berdasarkan informasi tersebut, Anda dapat menawarkan pengalaman berbelanja yang lebih personal. Di sinilah algoritma asisten virtual tersebut berperan. Hal tersebut dapat menggabungkan data dan memberikan rekomendasi produk yang memadai yang mungkin saja diinginkan oleh pengguna.

Bergantung pada cara kerja aplikasi yang Anda inginkan, fungsi tambahan dapat diterapkan. Misalnya, pelanggan dapat berbagi foto dengan teman maupun di sosial media untuk meminta pendapat sebelum melakukan pembelian. Ulasan dalam aplikasi adalah fitur berguna lainnya yang dapat Anda tambahkan ke dalam aplikasi. Anda juga dapat meningkatkan keterlibatan dan menarik pelanggan baru untuk menggunakan aplikasi dan membeli produk Anda dengan gamifikasi. Hal ini berarti memberikan penghargaan kepada pengguna karena mengundang teman untuk mengunduh aplikasi, misalnya.

Butuh Virtual Makeup Tester untuk Bisnis Anda?

Jika Anda ingin mengembangkan aplikasi makeup virtual tester untuk bisnis Anda, yang terbaik adalah menilai kebutuhan Anda terlebih dahulu. Ada baiknya untuk memiliki ide awal mengenai apa yang akan Anda inginkan dari aplikasi tersebut. Namun, jika Anda belum membuat rencana khusus, MonsterAR siap melayani Anda. Tim profesional terampil MonsterAR hadir untuk membantu Anda dengan pengetahuan, kreativitas, dan pengalaman belasan tahun dalam pengembangan teknologi tinggi. Kami akan dengan senang hati menyarankan solusi yang disesuaikan dengan kebutuhan unik Anda.

Virtual makeup tester akan mendukung penjualan produk kosmetik Anda menjadi lebih tinggi lagi. Selain dapat menghindarkan dari penyebaran penyakit menular baik kulit maupun penyakit lainnya, dengan penggunaan aplikasi virtual makeup tester ini, akan membuat bisnis online Anda berkembang dan lebih hemat waktu dan biaya marketing.

MonsterAR adalah perusahaan Augmented Reality dan Virtual Reality ternama di Indonesia dan Asia Tenggara. Dengan beragam produk dan layanan AR/AR yang dapat mensukseskan semua kebutuhan promosi, branding maupun keperluan bisnis Anda lainnya. Tak hanya itu saja, MonsterAR juga mengembangkan berbagai macam aplikasi dan software yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan semua bidang industri yang ada. Ingin tahu lebih lanjut mengenai AR dan VR untuk menunjang kebutuhan bisnis Anda? Hubungi kami di bawah ini!

Pemasaran produk lebih powerful dan efektif melalui teknologi AR dan VR

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

How can we help you ?