Teknologi Virtual Reality (VR) bisa menjadi solusi bisnis di masa pandemi COVID-19 saat ini. Tidak hanya di lini produksi saja, petugas di toko swalayan pun bisa menikmati fleksibilitas kerja melalui teknologi VR. Teknologi robot dengan kendali VR di toko swalayan Jepang akan merevolusi dalam cara bekerja, dapat dikendalikan oleh petugas dari jarak hingga sejauh ratusan kilometer.

Terobosan ini tentu menjadi solusi dalam mengatasi pandemi global. Bukan hanya untuk karyawan toko swalayan saja, tetapi untuk kebutuhan pelayanan jenis apapun. Teknologi VR memastikan kebutuhan belanja dan layanan masyarakat bisa tetap terpenuhi tanpa petugas perlu keluar rumah dan membahayakan nyawa di masa pandemi dan bencana.

Image source: altavia

Inovasi ini tercipta berkat kemitraan antara jaringan toko swalayan Jepang Family Mart dan perusahaan robotika yang berbasis di Tokyo. Tujuan dasar diciptakannya inovasi ini adalah untuk meningkatkan fleksibilitas kerja karyawan Family Mart. Juga membantu warga Tokyo dengan mempermudah dalam memenuhi kebutuhan berbelanja di manapun dan kapanpun.

Teknologi robot dengan kendali VR ini akan mulai digunakan di lokasi Family Mart tertentu untuk mempelajari dampaknya pada biaya operasi dan efisiensi. Gagasan di balik kemitraan ini, menurut Family Mart, adalah untuk memberikan bantuan kepada para pekerjanya dengan mengizinkan mereka bekerja dari rumah. Aksesibilitas jarak jauh ini juga bermanfaat bagi cabang Family Mart yang berusaha untuk mendapatkan pekerja lokal.

Baca juga: AR Optimalkan Strategi Bisnis, Tingkatkan Pertumbuhan Perusahaan Anda

Karena pergerakan robot yang terbatas, tentu tidak semua petugas dalam satu toko menggunakan robot. Pekerja jarak jauh ini akan mengoperasikan robot VR mereka melalui headset HTC Vive. Dengan Three Vive Trackers yang menyediakan pelacakan tambahan untuk tubuh dan lengan, serta sepasang Manus VR Gloves untuk melacak pergerakan jari secara individu.

Sistem robot dengan kendali VR ini akan mulai diuji pada musim panas ini di lokasi Family Mart tertentu di Tokyo, Jepang. Yang ditargetkan untuk beroperasi di 20 cabang pada tahun 2022.

Sejauh ini, manfaat tenologi VR bagi bisnis memang sangat luas, terutama untuk simulasi dan pelatihan keselamatan kerja. Melalui VR, biaya untuk tempat dan perlengkapan pelatihan bisa benar-benar sepenuhnya di pangkas. Dan tentu, menghilangkan risiko yang mengancam keselamatan jiwa.


Virtual Reality menjadikan pelatihan lebih hemat biaya, efisien, dan tanpa risiko cidera

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !


Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami