Kini, ratusan juta orang telah menggunakan instagram story setiap harinya, menjadikannya begitu populer di tengah masyarakat. Ini menjadi peluang bagi brand untuk bisa menjangkau masyarakat lebih luas lagi dengan cara membuat filter instagram khusus. Sudah banyak contoh filter instagram yang dibuat oleh berbagai brand termasuk di antaranya brand kenamaan dunia. Filter instagram bisa terwujud berkat teknologi Augmented Reality (AR). Tanpa di sadari, kita telah berinteraksi dengan teknologi AR melalui filter instagram seperti telinga hewan imut dan kacamata.

Dengan ratusan juta pengguna filter AR yang bisa di jangkau setiap harinya, tidak heran bahwa kini telah banyak brand kecil hingga brand kenamaan dunia telah memanfaatkannya dengan membuat filter AR kustom mereka sendiri. Filter AR Instagram menawarkan cara yang menyenangkan dan interaktif bagi brand untuk menjangkau pengguna baru dan membangun brand awareness.

Apa itu Filter AR Instagram?

Meskipun namanya terdengar futuristik, AR (kependekan dari “augmented reality”) sebenarnya cukup sederhana. AR adalah teknologi yang pada dasarnya menempatkan efek virtual (gambar dan video yang dihasilkan komputer) ke dunia nyata melalui kamera. Di Instagram, Anda mungkin mengenalnya sebagai filter wajah yang dapat Anda tambahkan ke foto dan video melalui IG Story.

Anda juga dapat mencoba filter jika melihat salah satu teman menggunakan filter di IG Story, yang berarti filter AR Instagram pada dasarnya dirancang untuk menjadi viral dan merupakan peluang besar untuk tingkatkan pertumbuhan bisnis Anda.

Berikut, 8 contoh filter instagram oleh brand yang sempat menjadi trend:

1. Kylie Cosmetics

contoh filter instagram
Salah satu bisnis pertama yang menggunakan filter AR khusus di instagram adalah Kylie Cosmetics. Saat Anda memilih filter AR Kylie Cosmetics di IG Story, Anda dapat “mencoba” berbagai lipstik dari Kylie’s Lip Kits (seperti Candy K dan Glitz) untuk melihat warna mana yang paling sesuai dengan warna kulit Anda sebelum melakukan pembelian.

Ini adalah contoh sempurna tentang bagaimana bisnis dapat menggunakan filter AR khusus. Filter Kylie tidak hanya menyenangkan untuk digunakan, tetapi juga promosi dengan biaya rendah yang sangat efektif jika Anda benar-benar ingin membeli produknya.

2. Headpiece Berlian Rihanna

Rihanna sempat membuat filter khusus gemerlapnya untuk membantu pengguna bisa bersinar terang seperti berlian ketika selfie. Dibuat untuk mempromosikan Bola Berlian tahunannya, yang digunakan untuk meningkatkan kesadaran akan Clara Lionel Foundation. Saat dipilih, filter menambahkan hiasan kepala berlian ke selfie pengguna.

Ini adalah contoh menarik bahwa Anda tidak perlu mempromosikan produk secara fisik dan menggunakan filter AR sebagai alternatif. Sama seperti Rihanna, Anda dapat menggunakan filter wajah AR untuk mempromosikan produk dan acara atau membagikan pesan brand dengan membuat filter khusus untuk bisnis Anda.

3. Maddie Ziegler’s Kindness

Penari dan aktris Amerika Maddie Ziegler telah mengumpulkan banyak pengikut di Instagram hingga 13 juta lebih. Di bulan Oktober silam, Maddie bekerja sama dengan Instagram untuk membuat filter AR IG Story kustomnya untuk mempromosikan kebaikan.

Saat dipilih dalam mode selfie, filter memunculkan hati yang memenuhi layar, kemudian Anda akan diminta untuk menandai teman yang ingin Anda dukung. Jika beralih ke kamera belakang, Anda akan melihat hamparan komentar positif dalam berbagai bahasa.

Filter diluncurkan untuk menghormati upaya anti-bullying di seluruh dunia, yang telah menjadi fokus besar Instagram pada tahun 2018 silam.

4. Potret Gucci Beauty

contoh filter instagram

Setelah meluncurkan akun instagram barunya, Gucci Beauty tidak mau membuang waktu dan segera meluncurkan rangkaian filter AR dengan beberapa filter yang unik dan cantik.

Baca juga: Teknik Pemasaran Produk Efektif Melalui Teknologi AR / VR

Ketika memilih filter Gucci Beauty, Anda dapat memilih dari tiga tampilan berbeda yang masing-masing mengingatkan pada potret periode renaisans dan barok yang sering dibagikan Gucci di feed mereka.

Filter dibuat oleh direktur kreatif Alessandro Michele dan berisi detail bertema Gucci lengkap dengan anting mutiara, lipstik, dan banyak lagi.

5. Retro Adidas Originals

Filter vintage dan foto bergaya retro sempat menjadi tren serius, dan berkat filter AR kustom Adidas Originals, kini Anda juga bisa mendapatkan nuansa retro di Instagram Story Anda.

Meskipun kurang promosional dibanding filter Kylie Cosmetics, filter AR khusus dari Adidas Originals ini sangat mudah dibagikan dan sangat tren, jadi sangat cocok untuk membangun kesadaran merek Anda.

6. Disney Mickey dan Minnie

contoh filter instagram

Disney selalu menjadi sorotan di Instagram, berbagi konten yang indah dan inspiratif yang dengan cepat membawa kita kembali ke masa kecil. Dan kini kita dapat bergabung dengan keajaiban Disney berkat filter AR kustom baru mereka.

Ketika dipilih, filter AR memungkinkan kita menambahkan telinga Mickey Mouse dan Minnie Mouse ke foto atau video. Mengetuk layar memungkinkan kita beralih di antara beberapa gaya berbeda. Meskipun filter AR Disney lebih menyenangkan daripada promosi, filter ini sangat mudah dibagikan dan efektif untuk menyebarkan kesadaran merek.

7. Glasses and Quotes

Label streetwear Off-White meledak di pasaran pada tahun 2018, dan sebagian besar berkaitan dengan identitas visual merek yang kuat dan pengikut setia di Instagram. Jadi Anda bisa membayangkan tingkat kegembiraan ketika mereka meluncurkan filter AR Instagram Stories kustom mereka sendiri.

Filter diluncurkan secara strategis menjelang pertunjukan Off-White di Paris Fashion Week, memungkinkan pengguna untuk “mencoba” kacamata hitam dari koleksi merek, serta menambahkan efek lain seperti tanda kutip merek Off-White yang terkenal.

Ini sangat mirip dengan filter Kylie Cosmetics karena menyenangkan untuk digunakan dan cara yang bagus untuk mengedukasi calon pelanggan tentang produk Off-White.

8. Dunk Cam NBA

NBA adalah salah satu yang mengadopsi filter Instagram di awal-awal kehadirannya. Di samping untuk tujuan promosi, ini adalah cara efektif untuk tingkatkan engagement dengan para follower NBA.

Ketika dipilih, filter memungkinkan pengguna untuk menambahkan pemain bola basket dunk ke video, dan ini berfungsi pada kamera depan dan belakang.

Kesimpulan

Banyaknya contoh filter instagram oleh brand ternama dunia menjadi bukti bahwa teknologi AR merupakan media promosi efektif untuk tingkatkan kesadaran merek, keterlibatan audiens, tingkatkan penjualan produk, dan pada akhirnya melipat gandakan ROI bisnis Anda yang sayang untuk di lewatkan. Klik tombol di bawah ini untuk konsultasi dan solusi selengkapnya.


Branding bisnis lebih powerful dan efektif melalui teknologi AR dan VR

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !


Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami