Beragam brand kini telah memanfaatkan filter instagram untuk mendongkrak bisnisnya. Manfaat filter instagram yang paling umum bisa di rasakan adalah meningkatkan brand presence di social media, berkat kemampuannya yang dapat melibatkan audience dengan filter yang dirancang khusus untuk brand Anda. Sejauh ini, telah banyak merek besar seperti Netflix, Gucci hingga Lego telah menciptakan pengalaman AR sosial mereka sendiri. Saking populernya, Filter AR kini telah mendapatkan miliaran tayangan lho, sungguh luar biasa bukan?

Augmented Reality (AR) memberikan pengalaman interaktif yang memungkinkan kita menempatkan objek digital ke dalam lingkungan dunia nyata. Efek ini dapat meningkatkan persepsi kita tentang kehidupan nyata dengan cara yang menghibur dan mendidik. Filter AR adalah istilah untuk Augmented Reality di media sosial. Filter AR sangat imersif dan dapat di akses di Instagram, Facebook, Snapchat, dan TikTok. Namun karena social media yang kini populer di Indonesia adalah instagram, kita akan lebih fokus membahas filter AR di instagram.

Lalu, kenapa banyak brand kenamaan dunia tertarik menggunakan filter instagram? Berikut, 8 keunggulan dan manfaat filter instagram bagi bisnis Anda.

1. Augmented Reality lebih Menarik dari Video

Ada lebih dari 1 miliar pengguna instagram di seluruh dunia, yang menjadikannya platform terbesar untuk Filter AR. Banyak mata mencari konten menarik di sini. Penelitian menunjukkan bahwa para pengguna yang menggunakan filter instagram menggunakannya rata-rata selama 75 detik, yang berarti 4x lebih lama daripada video seluler.

2. 500 Juta Pengguna IG Story /  Hari

IG story digunakan oleh 500 juta orang pengguna setiap hari, dan Filter AR berfungsi dengan sangat baik di IG story. Sehingga meningkatkan peluang bagi brand Anda untuk menjangkau lebih banyak pengguna.

3. Konten AR 70% Lebih Melekat di Ingatan Pengguna

Pengalaman Augmented Reality sangat berkesan bagi penggunanya. Artinya, AR dapat menjadi cara yang sangat ampuh untuk menyampaikan informasi tentang brand Anda yang kemudian akan di simpan lebih baik di ingatan audiens. Ini berarti pengiklan dan merek dapat di ingat 70% lebih tinggi dibandingkan dengan iklan tanpa AR seperti video untuk setiap calon pelanggan yang menggunakan Filter AR.

4. Filter AR populer di Instagram Reels

Pertumbuhan pengikut TikTok sangat besar. Ini diluncurkan pada tahun 2016 dan sekarang memiliki lebih dari 800 juta pengguna di seluruh dunia. Salah satu faktor pendukungnya adalah kreativitas dan kemudahan penggunaan Filter AR TikTok, dan itu menarik perhatian Instagram. Pada bulan Agustus mereka meluncurkan Reels dan Filter AR Instagram tersedia untuk digunakan siapa pun.

5. 80% Pengguna Mengikuti Brand di Instagram

Pengguna Instagram ingin melihat lebih banyak konten bermerek. Dengan 80% pengguna mengikuti merek di aplikasi jejaring sosial.

Baca juga: Teknik Pemasaran Produk Efektif Melalui Teknologi AR / VR

6. 60% pengguna menemukan produk baru di Instagram

Media sosial adalah media efektif bagi orang untuk menemukan produk baru dari suatu brand.

7. Pendapatan Iklan AR meningkat Hampir 200x lipat

Pendapatan iklan di AR diproyeksikan tumbuh dari 68 juta USD pada 2019 menjadi 13 miliar USD di tahun 2022.

8. Filter AR akan hadir di Facebook

Mark Zuckerberg percaya pada AR. Pada acara Facebook CONNECT 2020 pada bulan September, ia mengonfirmasi bahwa mereka akan membuka Filter AR untuk pengguna dan merek di dalam Messenger dan Portal Facebook.

9. Akses Analitik Terperinci

Filter AR memiliki akses ke analitik terperinci yang memungkinkan untuk benar-benar memahami audiens yang berinteraksi dengan filter AR dari brand Anda. Filter AR juga memiliki potensi jutaan tayangan dan dibagikan.

Manfaat Filter Instagram bagi bisnis Anda

Filter AR dapat memberikan lebih banyak untuk merek daripada yang Anda bayangkan. Filter AR semakin dinamis dan cepat. Setiap dua minggu atau lebih, Spark AR dari Facebook memperbarui platform mereka dan dengan itu fitur-fitur baru bermunculan. Inilah kenapa filter AR ‘Which Character Are you?’ menghasilkan gelombang viral pada saat yang sama di akhir 2019.

Berikut adalah sejumlah fitur dari filter AR yang bisa Anda gunakan.

  • Efek kamera depan dan belakang
  • Filter Wajah
  • Filter Rias
  • Penambahan musik dan SFX
  • Objek 3D dan 2D bereaksi terhadap audio
  • Tambahkan gambar dan video dari perangkat ke efek
  • Filter AR Mini-game (Truth or Dare, Trivia Questions, dll)
  • Interaksi pengguna (mulut terbuka, gelengan kepala, anggukan kepala, senyum, kedipan, dan lainnya)
  • Pelacak target tangan dan gambar
  • Mencoba produk (topi, kacamata dll)
  • Efek dunia nyata (menempatkan furnitur)
  • Pengacak (Karakter Disney Manakah Saya?)

Ini hanyalah beberapa kemampuan AR yang bisa brand Anda manfaatkan, dan akan ada lebih banyak lagi. Filter AR adalah alternatif murah untuk strategi pemasaran digital karena tidak perlu membeli media khusus lainnya. AR adalah trend terkini untuk media pemasaran. Sejumlah brand besar yang menggunakan AR sebagai media pemasaran telah meningkat pesat seperti yang terjadi dalam beberapa bulan terakhir.

Kesimpulan

Orang-orang semakin tertarik menggunakan Filter AR yang lebih imersif dan segar, sehingga brand memiliki sejumlah platform yang dapat dipilih untuk menciptakan pengalaman brand AR yang unik dan di rancang secara khusus untuk tingkatkan citra brand di mata masyarakat. Ini adalah peluang besar bagi brand Anda untuk menjadi viral di media sosial, yang sayang untuk di lewatkan.


Branding bisnis lebih powerful dan efektif melalui teknologi AR dan VR

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !


Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami