Kerugian yang diderita oleh berbagai industri sangatlah besar selama pandemi global. Khususnya di Industri Real Estate atau properti, dimana pertumbuhan pasar properti mengalami penurunan sebesar 33%. Karena kesulitan dalam tingkatkan penjualan properti, banyak bisnis harus ditutup akibat dari situasi yang tidak pasti dan tiba-tiba ini.

Di samping semua hal negatif yang ditimbulkannya, pandemi COVID-19 mengajarkan kita satu hal yaitu pentingnya beralih ke teknologi digital untuk menghemat sumber daya dan tingkatkan jangkauan pasar. Banyak sektor telah mulai bertransformasi dan meningkatkan cara mereka melakukan bisnis dengan teknologi terbaru seperti Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR).

Virtual Reality adalah teknologi masa kini, yang memungkinkan Anda menciptakan pengalaman nyata 360° dari proyek dan desain Anda yang belum dibangun/setengah dibangun/sudah dibangun. Dengan bantuan VR, Anda dapat membuat dan berbagi tur 3D yang sepenuhnya interaktif dan menambahkan kehidupan pada brosur dan visual 2D tradisional Anda.

Tidak tanggung-tanggung, berikut adalah 6 manfaat dari teknologi VR yang dapat membantu tingkatkan penjualan properti Anda.

1. Kesan Pertama Lebih Baik

Menurut survei oleh National Association of Realtors, 44% klien mencari properti di internet terlebih dahulu! Tidak heran, karena mayoritas masyarakat sudah terbiasa melihat foto, brosur, dan video produk secara online sebelum membeli, termasuk dalam memilih properti.

Dengan Tur Virtual 360°, Anda dapat menarik perhatian klien dengan desain Anda yang luar biasa. Mereka akan terlibat dan berinteraksi dengan desain dan fasilitas Anda, yang pada akhirnya akan berdampak pada keputusan pembelian. Anda dapat menyematkan tur Virtual di situs web Anda seperti yang dilakukan Casa Rivera. Mereka telah membuat tur VR 360° yang sepenuhnya imersif untuk mempercepat pertumbuhan bisnisnya.

2. Tingkatkan Keputusan Membeli

Membeli properti bukanlah berbelanja, melainkan sebuah investasi. Dibutuhkan banyak waktu bagi rata-rata pengguna untuk membuat keputusan berinvestasi di real estat. Juga, Sebelum sampai pada kesimpulan apa pun, mereka pasti akan membagikan detail properti seperti foto 2D, brosur, dan lainnya kepada teman dan keluarga mereka untuk mendapatkan pendapat kedua.

Tahukah Anda bahwa 83% agen penjualan mengatakan bahwa tur virtual mempermudah pembeli untuk memvisualisasikan properti? Jadi dengan VR Tour, klien Anda dapat memvisualisasikan penawaran Anda dengan lebih baik dan mendapatkan gambaran yang jelas tentang apa yang mereka inginkan dan apa yang tidak mereka inginkan. Mereka juga dapat berbagi Tur VR 360° dengan satu tautan web ke situs tertutup mereka. Prospek dapat mengalami Tur VR sebanyak yang mereka inginkan dan meningkatkan peluang mereka untuk membeli properti Anda.

3. Peningkatan Keterlibatan

Menurut para ahli, Visual 360° akan meningkatkan keterlibatan pengguna sebesar 32%. Tur virtual sangat detail dan efektif sehingga tidak ada bagian dari desain Anda yang tidak tersampaikan. Klien memiliki akses untuk melakukan tur terperinci ke sudut-sudut terkecil properti, sehingga mempererat ikatan emosional yang jauh lebih dalam.

Baca juga: Virtual Tour Museum, Solusi Terbaik Bagi Museum di Saat Pandemi

Dengan bantuan virtual tour, Anda juga dapat memamerkan properti setengah jadi. Anda dapat membagikan laporan progress dengan klien lama maupun baru untuk mendapatkan kepercayaan mereka dan meningkatkan keterlibatan pengguna.

4. Lebih Aman

Di era new normal ini, masyarakat sudah mulai menghindari segala bentuk jalan-jalan yang tidak perlu. Mereka berbelanja dan menjelajahi berbagai hal secara online karena takut terpapar COVID-19. Jadi, Anda tidak dapat mengharapkan mereka mengunjungi lokasi konstruksi Anda hanya untuk mendapatkan gambaran umum tentang desain baru Anda. Sementara foto 2D dan brosur tidak akan cukup untuk memberikan gambaran yang jelas tentang unit properti yang Anda jual.

Solusinya, Anda dapat menyajikan Tur Virtual properti dengan beberapa pengalaman AR. Dengan Tur Virtual, Anda dapat menawarkan panduan praktis proyek Anda dengan denah lantai interaktif, brosur, voice-overs, dan lainnya, sehingga calon pelanggan Anda dapat mengalaminya dengan aman dan nyaman dari rumah mereka.

5. Tanpa Batasan Geografis

Saat ini orang banyak berinvestasi di Real Estat, terutama di India. Berdasarkan data dari IBEF, pasar real estat India diperkirakan akan meningkat sebesar 4% hingga mencapai Rs. 36.500 crore (70 triliun rupiah) pada tahun 2021. Alasannya adalah kemudahan proses.

Realitas Virtual tidak dapat ditahan oleh batasan geografis apa pun, yang merupakan keunggulan lain yang ditawarkan oleh teknologi ini. Dengan teknologi VR dan koneksi internet yang semakin meluas, seorang makelar dari India dapat menjangkau pelanggan terkenal dari Dubai, atau seorang desainer dari Indonesia dapat memamerkan desainnya kepada investor di Inggris. Dengan VR, Anda dapat menjangkau pasar global dalam waktu singkat.

6. Pemasaran

Dengan menampilkan proyek Anda dalam 360° kepada klien, mereka kemungkinan akan membagikan ulasan dan merekomendasikannya kepada orang-orang yang mereka kenal. Tentu Anda tahu betapa efektifnya word of mouth itu bukan? Dan teknologi VR jelas memiliki keunggulan tersebut.

Tur VR juga dapat membantu bisnis Anda mendapatkan perhatian dan popularitas melalui internet. Pengalaman VR apa pun akan mendapatkan hasil dan jangkauan yang lebih baik dibandingkan dengan foto dan video 2D. Dengan VR, Anda dapat menjadikan konten viral dalam hitungan menit saja.

VR tidak terbatas hanya bisa di akses melalui headset saja. Dengan hadirnya webVR, Anda dapat menyajikan pengalaman VR dari perangkat apa pun.

Itulah 6 cara teknologi VR/AR dalam tingkatkan penjualan properti Anda yang sangat efektif khususnya di era new normal saat ini. Anda juga bisa mendapatkan keuntungan melalui penerapan teknologi ini ke dalam bisnis Anda, dengan klik tombol di bawah ini.


Pemasaran produk lebih powerful dan efektif melalui Virtual Reality

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !


Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami