Dari sekian banyak inovasi teknologi, Augmented Reality/AR menjadi salah satu yang mencolok. Contoh aplikasi AR sudah membuktikan kemampuan manusia meleburkan dunia nyata dan virtual sehingga membuat beragam industri kian mampu menjawab kebutuhan manusia yang terus berkembang.

Dari level individual hingga bisnis, contoh Augmented Reality semakin kerap dijumpai. Berikut contoh aplikasi AR yang mungkin sudah sering Anda pakai dan membantu pekerjaan atau pendidikan sehari-hari.

10 Contoh Aplikasi AR

1. Google Translate

Salah satu produk turunan Google yang paling sering dipakai adalah Google Translate. Sesuai namanya, Google Translate membantu siapa saja menerjemahkan antar bahasa. Selain versi standar yang sudah lama ada, pihak Google membuat versi Google Translate dalam aplikasi AR.

Aplikasi ini lebih canggih sebab sanggup menerjemahkan tulisan di buku, petunjuk jalan, hingga meme, ke bahasa target. Cukup mengarahkan kamera aplikasi ini ke tulisan yang tidak dipahami. Sangat membantu, bukan?

2. Google Sky Map

Fungsi apa itu augmented reality terjawab optimal dalam Google Sky Map. Mengapa? Dalam aplikasi ini, pengguna akan bisa menjelajahi angkasa cukup melalui smartphone Android mereka. Dengan mengarahkan smartphone ke langit, pengguna akan mempelajari sembari “berjalan-jalan” ke planet, beda langit, hingga galaksi secara keseluruhan.

3. Wanna Kicks

Contoh aplikasi AR tidak ketinggalan banyak dipakai untuk sektor bisnis. Wanna Kicks hanyalah satu dari banyak perusahaan yang memakai teknologi AR untuk membantu calon konsumen memilih produk sehingga bisa mendongkrak penjualan.

Cukup dengan aplikasi Wanna Kicks, calon pembeli bisa “mengintip” produk yang dijual lalu menjajalnya secara digital. Mereka bisa melihat sendiri cocok atau tidaknya mencoba produk yang diincar tanpa perlu datang ke toko fisiknya.

Ragu dengan pilihan sendiri? Tidak perlu khawatir! Wanna Kicks melengkapi aplikasi ini dengan fasilitas berbagi foto dan video ke teman. Jadi, calon konsumen bisa meminta saran dari mereka agar tidak menyesal nantinya. Wanna Kicks sendiri sudah menggandeng banyak brand sepatu terkenal, seperti Adidas, Nike, dan lainnya.

4. Google Maps

Contoh aplikasi AR ini membantu siapa saja agar tidak tersesat. Google Maps dengan teknologi AR merujuk pada Live View yang memberikan informasi mengenai jarak dan petunjuk arah ke tempat yang dituju.

Selain itu, Google menambahkan informasi tentang visual bangunan terkenal dunia beserta petunjuk arah ke bangunan tersebut dan jauh dekatnya.

Baca juga: Buku Augmented Reality, Tingkatkan Minat Baca Anak Generasi Z

Menariknya, terdapat tambahan fitur yang membantu pengguna jika mereka bingung saat berada di suatu persimpangan jalan. Mereka bisa langsung masuk ke mode Live View dari posisi transit sehingga menghindari tersesat lebih jauh.

Tambahan signifikan lainnya dalam mode Live View adalah berbagi lokasi sehingga pengguna bisa melihat jarak dari arah ke teman yang berbagi lokasi mereka. Titik ke jalan populer atau bangunan terkenal menjadi lebih pas dengan menghitung perubahan ketinggian bangunan tersebut.

5. Spark AR

Dunia media sosial menggunakan teknologi AR untuk membuat filter yang jauh lebih seru dibandingkan sticker atau emoticon statis. Kreator bisa leluasa menyalurkan kreativitas mereka dengan membuat filter instagram dengan efek AR.

Spark AR adalah aplikasi buatan Facebook yang sekarang telah berganti nama menjadi meta, induk dari Instagram. Aplikasi ini membuat siapa saja bisa membuat filter AR mereka sendiri. Sebelumnya, hanya  kreator tertentu yang bisa membuat filter AR. Diluncurkan pada Agustus 2019, Spark AR memfasilitasi orang membuat filter AR kece dengan menggunakan alat yang tersedia di platform tersebut lalu membagikannya ke teman atau saudara di Instagram.

6. Google Lens

Contoh aplikasi AR dalam Google Lens membantu pelanggan mendapatkan informasi suatu produk hanya dengan mengarahkan Google Lens ke barang yang dimaksud. Sehingga, Anda tidak perlu bertanya ke pelayan toko atau pengawas supermarket.

Kegunaan lainnya, Google Lens membantu dalam mengidentifikasi obyek, hewan, atau tanaman dengan piranti Android. Anda bisa mengetahui lokasi suatu makhluk hidup berikut keterangannya.

7. Google Earth

Sekarang, tidak perlu repot membuka buku tebal untuk mengenali Bumi sendiri. Google Earth dengan teknologi AR memungkinkan penggunanya melihat lokasi rumah, bentuk bangunan, morfologi, dan topologi suatu kawasan.

Google Earth sendiri adalah salah satu pemetaan citra satelit dengan resolusi hingga 15m per piksel. Pengguna bisa melihat data umum Bumi yang ada di udara, daratan, dan lautan.

8. Travel With AR

Fantasi Doraemon dan Nobita dalam Pintu Ajaib bukan lagi suatu fiksi. Travel with AR memudahkan siapa saja memasuki dunia visual di belahan bumi berbeda, seperti Roma, Paris, Maldives, dan sebagainya. Pas banget bagi yang ingin melancong tetapi anggaran cekak.

9. Star Walk

Selain Google Sky Map, Anda bisa mempelajari benda langit melalui aplikasi Star Walk. Aplikasi ini akan segera bekerja setelah Anda mengarahkan kamera ke langit. Dari situ langsung muncul informasi tentang benda langit yang sedang dibidik. Ini tentunya cara belajar yang sangat asyik dan mudah. Siapa saja, tidak hanya anak kecil, orang dewasa, akan kembali “terhubung” dengan alam langit yang penuh misteri dan pengetahuan tanpa batas.

10. Just a Line

Ingin belajar tentang 3D tetapi terhalang gawai yang mahal? Just a Line bisa Anda coba. Aplikasi dengan dukungan Google ini memfasilitasi orang untuk mencoret obyek di sekitar. Lalu, dengan teknologi AR di dalamnya, coretan tersebut berubah menjadi visual 3D.

Kesemuanya cukup dengan memakai smartphone Anda. Gambar obyek di smartphone lalu aktifkan aplikasi Just a Line agar gambar tersebut seakan-akan sungguhan. Kabar baiknya lagi, Anda bisa berkreasi bersama teman cukup dengan menyambungkan perangkat kalian.

Itulah berbagai contoh aplikasi AR yang bisa dijajal oleh individual atau pebisnis. Jika saat ini perusahaan Anda sedang mencari mitra penyedia AR, termasuk pembuat game Augmented Reality, silahkan menghubungi kami, MonsterAR. Kami sudah lama berpengalaman dalam pembuatan teknologi AR dan Virtual Reality untuk klien dalam berbagai jenis industri. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

Edukasi produk lebih powerful dan efektif melalui gamification AR/VR

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

How can we help you ?