Metaverse tergolong baru dan hingga sekarang masih dalam tahap penyempurnaan. Walau demikian, cara menggunakan Metaverse sudah layak untuk diketahui sebab cukup dengan investasi kecil, Anda sudah bisa menikmatinya.

Melalui teknologi Metaverse, pengguna bisa menghadiri konser, mengunjungi teman atau keluarga, hingga berbelanja dan bermain games sendiri atau bersama yang lainnya. Aktivitas tersebut dilakukan di dunia virtual tetapi tidak kalah seru dan nyata ketika melakukannya di dunia nyata sehari-hari.

Cara menggunakan Metaverse

Berikut tahap demi tahap cara menggunakan Metaverse yang merujuk pada sub-topik penting untuk membantu Anda mulai menjelajahinya.

Apa itu Metaverse?

Metaverse adalah sekumpulan dunia virtual yang menirukan dunia nyata. Pengguna membutuhkan avatar untuk bersosialisasi, bermain, menghadiri konser, dan berbelanja. Fungsi Metaverse menyerupai dunia dengan planet yang belum terhubung tetapi saling terkoneksi ke sistem yang universal.

Perbedaan utama antara Metaverse dengan dunia online terletak pada pengalaman yang diberikan. Metaverse membawa Anda ke pengalaman yang lebih realistis dibandingkan menjadi orang luar saat menjelajahi dunia maya biasa. Untuk bisa merasakan hal ini, Anda membutuhkan perlengkapan khusus.

Perlengkapan yang dibutuhkan

Mengakses Metaverse tidak membutuhkan banyak perlengkapan teknis. Cukup dengan smartphone Anda sudah bisa memasuki dunia Metaverse, bahkan dengan fitur terbatas sekali pun. Perangkat lain yang dibutuhkan mencakup di bawah ini:

Jenis avatar di Metaverse

Avatar merupakan salah satu yang terpenting untuk mengakses Metaverse. Avatar bisa disebut mirip dengan Anda atau sesuatu yang Anda pilih untuk mewakili Anda. Avatar merupakan identitas digital Anda yang bisa statis atau dianimasikan. Tidak semua dunia Metaverse memakai avatar yang sama. Berikut beberapa jenis avatar:

Bagaimana membuat avatar?

Ada beberapa pilihan untuk membuat avatar. Ada beberapa dunia Metaverse yang membuat Anda bisa membuat avatar sendiri di platform mereka. Banyak aplikasi yang tersedia atau sedang dalam pengembangan untuk memungkinkan kustomisasi avatar. Pastikan memilih aplikasi yang memenuhi kebutuhan Anda dan kebutuhan dari dunia Metaverse. Anda akan menemukan aplikasi avatar yang menciptakan avatar gaming dan lainnya untuk berbagai lingkungan bisnis atau sosial. Harga bervariasi tergantung pada aplikasi dan fitur yang ditawarkan.

Apa yang bisa dilakukan di Metaverse?

1. Bekerja di Metaverse

Setelah mengetahui cara menggunakan Metaverse di atas, berikut hal-hal yang bisa dilakukan di Metaverse. Meski masih dalam tahap pengembangan, sudah tersedia banyak pilihan untuk dicoba saat ini. Contohnya adalah gaming, konser virtual, bahkan bekerja di Metaverse.

Berkembangnya Metaverse berarti akan lebih banyak pekerjaan yang tersedia. Ada yang membutuhkan pengetahuan teknis tetapi ada yang tidak. Berikut beberapa jenis pekerjaan yang ada di Metaverse:

Baca juga: Virtual Tour adalah? Berikut Sejarah dan Manfaatnya bagi Bisnis Anda

  1. Pemandu tur virtual
  2. Perancang busana virtual
  3. Manajer komunitas
  4. Pengembang software
  5. Pembuat model 3D
  6. Sutradara acara

2. Bermain games

Beberapa games Metaverse kini sudah sangat terkenal, seperti:

  1. Fortnite: Game ini menyediakan acara digital, seperti konser berbarengan dengan pertarungan gaming tingkat tinggi.
  2. Minecraft: Game ini membuat penggunanya bisa membuat dunia dan menangkis monster dan penyusup.
  3. Roblox: Game ini memberikan beragam games interaktif dengan banyak pemain. Platform ini memakai mata uang digital yang disebut Robux yang bisa diubah menjadi mata uang asli apabila memenuhi persyaratan tertentu, misalnya umur dan pendapatan Robux.

3. Menghadiri acara

Metaverse menawarkan konser, acara perdagangan dan korporat. Anda bisa menemukan bursa kerja, wisuda virtual, dan acara gaming. Acara virtual nyaman sebab tidak membutuhkan ruang yang luas dan terbatasnya pengunjung. Anda bisa menghadiri acara virtual atau menjadi tuan rumahnya.

4. Membeli dan menjual aset digital

Jual-beli aset digital mencakup di bawah ini:

  1. Karya seni
  2. Kartu perdagangan
  3. Film
  4. Musik
  5. Real estate

Anda dapat membeli atau menjual aset tersebut memakai non-fungible token/NFT atau token yang tidak bisa diperdagangkan, mata uang digital yang dipakai di dunia maya.

Siap memasuki dunia Metaverse?

Dalam perkembangan Metaverse seperti sekarang, mulailah belajar ilmu dan kemahiran yang dibutuhkan untuk bisa menerapkan cara menggunakan Metaverse secara maksimal. Dan jika perusahaan Anda membutuhkan mitra perusahaan Metaverse, silahkan menghubungi MonsterAR, yang sudah berpengalaman dengan menyediakan layanan VR dan AR.

Metaverse & NFT Indonesia, industri senilai triliunan dollar dengan peluang keuntungan tak terbatas

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

How can we help you ?