Pelatihan Tentara VR, Masa Depan Untuk Pelatihan Angkatan Bersenjata

Angkatan Darat AS kini dapat melatih tentara untuk bertarung dalam kondisi tertentu dan menantang hanya dengan satu sentuhan tombol.

Dengan menggunakan Virtual Reality, Citra satelit, data street view, dan informasi instant lainnya tentang dunia dengan cepat menghasilkan Lingkungan Pelatihan tentara VR ini. Kecerdasan buatan menjadikan dunia digital berdasarkan data yang tersedia, menganalisis kinerja tentara untuk membuat pelatihan lebih efektif, dan memperkenalkan variabilitas ke dalam simulasi untuk menjaga tentara tetap waspada.

Angkatan Darat bukanlah hal baru bagi Virtual Reality, teknologi ini sudah dimanfaatkan sejak tahun 2012 – tetapi Lingkungan Pelatihan tentara VR yang baru berarti orang-orang yang bertanggung jawab atas pelatihan tentara dapat menciptakan representasi nyata dari tempat nyata jauh lebih cepat daripada sebelumnya. Seandainya tentara perlu dikerahkan, mereka akan sudah tahu cara bergerak di lingkungan seolah-olah mereka sudah ada di sana, tahu apa yang perlu mereka ketahui untuk memenangkan pertempuran itu.

Tujuannya adalah membuat simulasi pertempuran sedekat mungkin dengan pertarungan yang sebenarnya. Unit-unit berlatih karena mereka akan bertarung, di medan [mereka] akan terus berjuang. Lingkungan yang lebih realistis juga membantu pasukan merencanakan lebih baik untuk logistik peperangan, seperti waktu perjalanan dan mengenai kondisi lingkungan.

US Army telah membangun versi virtual dari Korea Utara, Korea Selatan, San Francisco, New York, dan Las Vegas, ungkap insinyur militer yang berbicara kepada New Scientist. Berkat sistem baru ini, Angkatan Darat hanya perlu memilih wilayah di peta dan lingkungan virtual akan secara otomatis memunculkannya dalam beberapa hari.

Entah apa alasan Angkatan Darat US mengembangkan versi virtual dari kota-kota tersebut. Meskipun sangat menyeramkan bahwa tentara dapat bersiap untuk pertempuran di jalanan New York, kemungkinan besar data untuk kota-kota Amerika lebih mudah ditemukan dan para insinyur ingin membuat pengaturan yang lebih realistis.

Baca juga: Potensi Virtual Reality Untuk Pengobatan Alzheimer

Di masa lalu, pelatihan virtual reality akan terjadi di lingkungan yang paling tepat digambarkan sebagai “pegunungan seperti Afghanistan” atau tempat umum lainnya. Dengan Lingkungan Pelatihan tentara VR, tentara dapat menghadapi segala macam medan seperti yang ada di dunia nyata, dan juga menghadapi skenario pelatihan yang lebih luas dan lebih dinamis.

Dengan pelatihan dalam simulasi yang mirip dengan kehidupan nyata, tentara bisa lebih siap dari sebelumnya untuk pertempuran, tidak peduli apakah itu di jalanan Korea Utara atau di Vegas strip.

By |2018-10-22T10:22:13+00:00October 22nd, 2018|Articles, Virtual Reality|
%d bloggers like this: