Metaverse dan NFT merupakan dua hal yang berhubungan. Di Indonesia bahkan dunia, kedua istilah ini mulai populer. Menjadi perbincangan hangat setelah viralnya Ghozali, pengguna NFT yang berhasil mendapatkan keuntungan hingga miliaran rupiah.

Lantas benarkan demikian menguntungkan jika bermain NFT maupun metaverse? Jawabannya adalah tergantung dan masih bertumbuh, mengingat kedua hal tersebut terbilang baru dan masih dalam proses perkembangan.

Siapapun tidak pernah tahu bagaimana ke depannya nanti, bisa saja berhasil dan bisa tidak. Di sisi lain, ini bisa menjadi peluang investasi yang sayang untuk dilewatkan. Tentunya sebelum memutuskan terjun ke dunia metaverse dan NFT penting untuk memahami apa yang ada di dalamnya.

Pengertian Serta Cara Kerja Metaverse dan NFT

Membahas dua istilah tersebut metaverse dan NFT tentu akan sangat menarik. Metaverse sendiri merupakan dunia digital yang di dalamnya nanti akan menjadi tempat kedua manusia bisa menjalani kehidupan.

Beberapa pihak mengklaim bahwa dunia metaverse ini merupakan replika dari dunia nyata. Sedangkan cara kerja NFT merupakan akronim dari Non Fungible Token yang merupakan aset digital yang mempunyai catatan kepemilikan di dalamnya.

Menggunakan teknologi blockchain publik. bisa dikatakan bahwa NFT menjadi satu-satunya aset digital yang bisa dimiliki secara sah oleh seseorang. Di dalamnya terdapat riwayat aktivitas serta transaksi.

Itulah kenapa mayoritas NFT memakai teknologi blockchain ethereum. Anda tidak dapat menukarkan NFT dengan karya yang lainnya, karena bernilai unik. Namun bisa memperjualbelikan dengan memakai mata uang digital seperti bitcoin.

Ada berbagai jenis NFT yaitu mulai dari aset game, karya seni, video, foto, maupun musik, dan sebagainya. Terkait dengan harga jualnya bergantung pada banyak faktor secara subjektif.

Yakni berkaitan dengan kualitas, proses pembuatan, serta reputasi dari pemiliknya. Itulah kenapa Ghozali bisa meraup keuntungan hingga miliaran rupiah dari NFT.

Peran dan Manfaat NFT

Untuk lebih memperjelas pembahasan, berikut ini beberapa peran dan cara kerja NFT adalah sebagai berikut.

1. Berguna untuk Bidang Karya Seni

Teknologi di dalam NFT menawarkan berbagai keamanan untuk setiap karya yang sudah Anda publikasikan secara online. Sehingga, NFT turut berkontribusi dalam membantu para seniman untuk melakukan pemberantasan terhadap pembajakan karyanya.

Baca juga: 9 Contoh Augmented Reality yang Menguntungkan untuk Bisnis Anda

Sistem smart contract pada NFT akan memungkinkan kreator mencatat presentase royalti ketika karyanya berpindah tangan. Selain itu harga jual aset di NFT untuk suatu karya juga bisa bernilai tinggi.

2. Bidang Industri Bisnis

Menawarkan solusi berbagai permasalahan bisnis di berbagai bidang. Misalnya olahraga, fashion, industri penjualan tiket, dan lain sebagainya. Menggunakan NFT akan meminimalisir terkait calo dan penipuan atas pembelian tiket suatu event baik itu event fisik hingga virtual event sekalipun.

Selain itu NFT juga bisa membantu untuk melakukan pengelolaan pada keanggotaan digital. Yaitu seperti mengidentifikasi data digital yang telah merepresentasikan keanggotaan. Pastinya membantu meminimalisir dari peluang pencurian data.

3. Media Penyalur Hobi dan Hiburan

Pasar NFT juga cocok untuk para pemilik hobi dan penjual barang-barang koleksi. Misalnya seperti cuplikan NBA Top Shot, hingga pembelian avatar untuk CryptoPunks.

Selain itu game berbasis blockchain di dalam NFT juga merupakan salah satu yang cukup potensial. Bahkan para pemain game NFT juga bisa mendapatkan token yang nantinya bisa mereka tukar dengan aset lainnya.

Perbedaan NFT dengan Crypto

NFT dan crypto Indonesia merupakan dua hal yang saling berhubungan. Bisa dikatakan jika NFT adalah anakan dari kripto. Akan tetapi yang membedakan keduanya yaitu pada bentuk, penggunaan, serta tujuannya.

Aset kripto seperti bitcoin sistemnya sama dengan uang fisik. Sedangkan NFT tidak. Ketika Anda menukar aset kripto 1 bitcoin maka nilainya tetap sama yaitu 1 bitcoin.

Untuk NFT tidak bisa ditukar dengan aset lainnya. Hanya saja pengguna bisa melakukan jual beli aset. Aset NFT unik, lengkap dengan tanda tangan pemiliknya secara digital. Di dalamnya terdapat riwayat serta rekaman kepemilikan.

Sehingga jika ingin memiliki NFT seseorang, maka harus membelinya dengan mata uang digital. Terkait dengan harga jual/belinya bisa ditentukan secara subjektif.

Nah, itulah beberapa informasi terkait dengan istilah metaverse dan NFT. Tertarik menjadi penggunanya? Pastikan memahaminya terlebih dahulu seluk beluk dunia metaverse sebelum benar-benar terjun.

Tertarik terjun ke bisnis NFT tetapi masih ragu karena terkendala teknis pengerjaan? Anda bisa menghubungi MonsterAR untuk konsultasi dan solusi selengkapnya. Kami memiliki team ahli dan berpengalaman dalam industri NFT dan metaverse, yang siap untuk melayani segala kebutuhan bisnis Anda.

Metaverse & NFT Indonesia, industri senilai triliunan dollar dengan peluang keuntungan tak terbatas

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

How can we help you ?