Augmented reality trend merupakan suatu peningkatan teknologi yang cukup populer baru-baru ini. Suatu inovasi yang membuka pertumbuhan baru pada lini bisnis di seluruh belahan dunia.

Tahun 2023 ini diperkirakan akan menjadi suatu gebrakan yang mendobrak berbagai sektor. Seperti logistik, pertahanan, manufaktur, ritel, dan banyak lagi lainnya.

Perkembangan augmented reality (AR) semakin populer berkat metaverse yang memberikan daya tarik tersendiri di hati masyarakat. Metaverse sendiri adalah dunia virtual yang memungkinkan pengguna di dalamnya bisa berinteraksi secara real time.

Berbicara tentang AR erat kaitannya juga dengan teknologi virtual reality (VR). Kadua istilah tersebut berkaitan dengan dunia metaverse yang baru-baru ini populer di masyarakat.

Nah, ulasan berikut ini akan membahas secara lebih lanjut dan spesifik terkait dengan apa itu augmented reality (AR) dan juga berbagai perkembangan atau trendnya di tahun 2023 ini.

Pengertian Augmented Reality dan Contohnya

Apa pengertian dari augmented reality? Teknologi augmented reality sendiri merupakan alat digital yang berguna untuk memperoleh penggabungan secara real time.

Penggabungan tersebut bisa berupa konten digital pada dunia maya dan dunia nyata. Augmented reality merupakan alat yang akan membuat pengguna terus bisa melihat berbagai objek maya di lingkungan dunia nyata.

Teknologi AR dapat menyisipkan informasi ke dunia maya yang nantinya dapat tertampilkan pada dunia nyata. Penggunaannya yakni memakai bantuan seperti webcam pada laptop/PC, kamera di smartphone, ataupun kacamata tertentu.

Contoh real atau gambarannya dari penerapan augmented reality bisa Anda jumpai pada berbagai jenis game. Permainan atau game AR yang pernah viral beberapa waktu yang lalu seperti Pokemon Go.

Pokemon Go merupakan aplikasi game yang bisa mensinergikan dua dunia dengan teknologi AR. Meskipun dalam penggunaanya masih belum sempurna dan tidak perlu menggunakan dukungan perangkat AR.

Game tersebut menggabungkan dunia virtual dan nyata dalam suatu bentuk game yang menarik. Nyatanya peminat teknologi AR di masa itu cukup banyak, bukan tidak mungkin ke depannya akan lebih canggih lagi.

Contoh lainnya adalah pada media sosial yang saat ini memiliki banyak filter AR unik dan menarik. Seperti di Instagram, beberapa fitur yang tersedia di dalamnya dapat membuat pengguna memakai kacamata padahal sebenarnya tidak.

Penggunaan teknologi AR saat ini cukup banyak dan hampir di berbagai bidang. Salah satu bidang yang sangat terbantu karena teknologi AR adalah bidang medis.

Augmented Reality Trend di Tahun 2023

Pasar yang cukup besar ini dapat Anda manfaatkan untuk memberikan berbagai pengalaman teknologi AR menjadi suatu kelebihan di berbagai bidang industri. Teknologi tersebut juga dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi di tempat kerja.

Berikut ini adalah beberapa augmented reality trend di tahun 2023 untuk mendobrak inovasi teknologi di berbagai sektor, khususnya industri bisnis.

1. Augmented Reality Trend pada Perkembangan Seluler

Banyaknya pengguna yang sudah memiliki perangkat seluler pintar (smartphone) bisa jadi alasan keunggulan trend AR. Perangkat seluler ini memiliki sifat yang cukup fleksibel, praktis, dan mudah.

Sehingga pengguna tidak harus memiliki perangkat headset mahal dalam menggunakan teknologi AR. Yang terpenting adalah peningkatan dukungan untuk membuat pengguna bisa merasakan teknologi AR secara lebih nyaman, mudah, dan praktis.

Baca juga: 5 Manfaat Teknologi Perkantoran, Lipat Gandakan Omset Bisnis Anda

Saat ini di perangkat seluler sudah ada fitur pelacakan wajah dengan chip A12 bionic, dan bahkan lebih baru. Dan masih banyak lagi trend AR dengan pemanfaatan perangkat seluler lainnya.

2. Pengaruh AR Terhadap Kebiasaan Berbelanja

Augmented reality trend memberikan pengalaman yang cukup besar dan potensial untuk para pedagang atau pebisnis di bidang produk. Utamanya untuk mereka yang bergerak di industri fashion seperti Uniqlo,  Kohls, Sephora, dan sebagainya.

Mencoba pakaian secara virtual bisa menjadi suatu ide yang nyata. Hal ini akan menguntungkan para pelanggan untuk mencoba produk sebelum memutuskan membeli.

Sebelumnya pembelian online hanya bisa melayani sebatas transaksi saja. Dan pada kenyataannya banyak yang berakhir merugi atas barang yang tidak sesuai dengan harapan mereka karena tidak melihatnya secara langsung.

Bahkan tidak hanya bisa berlaku untuk produk fashion saja, beberapa lini lain seperti merek IKEA juga memungkinkan pelanggan untuk mencoba secara virtual berkat dukungan teknologi AR.

3. Teleworking

Teleworking akan membantu orang-orang bisa bekerja dengan jarak jauh. Hal ini dimulai saat kondisi pandemi 2 tahun belakangan. Bahkan bekerja jarak jauh kemungkinan besar akan terus berlanjut ke depannya meski pandemi berakhir.

Augmented reality trend di tahun 2023 adalah dengan melakukan peningkatan terhadap teleworkers. Sehingga efektivitas kerja akan tetap terjaga dengan baik dan menguntungkan kedua belah pihak, yaitu karyawan dan perusahaan.

Pekerjaan jarak jauh menggunakan teknologi AR bisa memakai alat bantu WebRTC. Yang mana bisa membuat pihak pekerja dan perusahaan saling terhubung satu sama lain dengan koneksi secara peer to peer.

4. AR Tingkatkan Keselamatan Pengemudi

Penggunaan AR semakin terlihat dan memberikan manfaat bagi para pengemudi kendaraan seperti mobil. Contohnya saja BMW, salah satu brand kendaraan yang telah menggunakan teknologi AR dalam produknya.

Para klien atau calon pembeli bisa merasakan kendaraan baru di jalanan tanpa harus pergi ke dealer. Sehingga dapat mencoba pengalaman menjajal berkendara dengan mobil yang hendak dibeli. 

Tentunya hal ini memberikan banyak keuntungan baik untuk calon pembeli maupun penjual. Karena membantu meminimalisir risiko kerusakan atas percobaan yang dilakukan.

Bukan hanya itu, teknologi AR juga bisa membantu para pengemudi alat berat untuk melakukan latihan simulasi. Sehingga bisa meminimalisir risiko kesalahan yang bisa saja terjadi.

Perkembangan augmented reality trend di tahun 2023 ini semakin populer dan banyak lini yang menggunakannya. Pasalnya memang menawarkan banyak manfaat dan efektivitas dalam penggunaan.

Pemasaran produk lebih powerful dan efektif melalui teknologi AR dan VR

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

How can we help you ?