Setelah BMW, Toyota hingga Bugetti yang memanfaatkan teknologi Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR) untuk optimalkan strategi bisnis mulai dari tingkatkan efisiensi karyawan hingga tingkatkan angka penjualan, kini giliran Bosche dan Ford yang turut memanfaatkan teknologi VR untuk pelatihan teknisi mobil tentang bagaimana cara memperbaiki dan memelihara mobil all-electric Mustang Mach-E tanpa harus mengakses model fisik.

Di tambah lagi, dengan mewabahnya virus corona di seluruh dunia memaksa banyak bisnis mulai kecil hingga besar untuk memikirkan kembali strategi bisnis selama masa corona, dan tantangan terbesar tentu adalah bagaimana cara supaya karyawannya bisa tetap berkomunikasi dan berkolaborasi dari jarak jauh selama masa lockdown. VR bisa menjadi solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut.

vr untuk pelatihan teknisi mobil
Image source: vrscout

Bagi Ford, kolaborasi di antara anggota tim itu sangat penting. Teknologi VR untuk pelatihan teknisi mobil ini dapat menghubungkan desainernya di dalam studio virtual di mana mereka dapat berkolaborasi dalam mendesain mobil dari jarak jauh. Ini memungkinkan para desainer untuk melanjutkan proyek mereka sebagai sebuah tim sambil menjaga jarak sosial yang aman.

Teknologi VR untuk pelatihan ini akan membenamkan teknisi mobil ke dunia simulasi dan gamifikasi yang akan meniadakan kebutuhan akan Mustang Mach-E yang sesungguhnya secara fisik untuk mempelajari komponen-komponennya, termasuk sistem tegangan tinggi barunya.

Alat pelatihan VR baru ini akan memungkinkan teknisi untuk memahami tidak hanya komponen tetapi juga langkah-langkah yang diperlukan untuk melayani semua sistem tegangan tinggi. Ini akan memungkinkan teknisi untuk secara lebih yakin dan percaya diri dalam melakukan diagnosa dan perawatan pada kendaraan.

Baca juga: Walmart Buktikan Bahwa Pelatihan Simulasi VR Dapat Selamatkan Jiwa

Bagaimana Sistem Ini Bekerja

Seorang teknisi yang memakai headset Virtual Reality mempelajari bagaimana mereka dapat melakukan diagnosis dan layanan lain yang terkait dengan sistem tegangan tinggi kendaraan. Tugas-tugas yang tercakup dalam pelatihan realitas virtual meliputi pelepasan dan pemasangan baterai utama, perbaikan dan pemeliharaan paket baterai.

Bosch juga membangun ekstensi di masa depan yang akan memungkinkan teknisi menggunakan Virtual Reality untuk masuk dan menavigasi kendaraan dengan menggunakan modul yang menciptakan pengalaman mendalam yang terasa seperti mereka benar-benar berjalan melalui ruangan untuk mempelajari lebih lanjut tentang sistem. Dengan menavigasi modul, teknisi akan dapat mengidentifikasi masalah dan memperbaiki kendaraan.

Image source: vrscout

Solusi pelatihan Realitas Virtual berkontribusi pada efisiensi yang lebih besar. Ini juga meningkatkan proses diagnostik dan memungkinkan teknisi untuk melakukan pemeliharaan dan perbaikan lebih cepat dan lebih mudah.

Sistem realitas virtual juga dapat digunakan sebagai alat pelatihan berkelanjutan yang memungkinkan para teknisi untuk menguasai keterampilan ceruk yang terdapat dalam program pelatihan teknis Ford.

Pelatihan realitas virtual dapat memiliki dampak yang sangat positif pada industri perbaikan otomotif. Dengan membingkai profesi sebagai industri berteknologi tinggi dan berpikiran maju di mana teknisi dapat belajar dan tumbuh di lingkungan berteknologi tinggi, itu berpotensi dapat menarik rekrutan baru yang cenderung menghindari pekerjaan teknisi.

Teknisi yang ingin menggunakan platform pelatihan Realitas Virtual juga dapat menggunakannya dari mana saja, tak terbatas ruang dan waktu.

Ini hanyalah contoh kecil dalam pemanfaatan teknologi VR untuk pelatihan. Masih banyak lagi pemanfaatan untuk pelatihan lainnya yang dapat efektifkan proses kerja hingga keselamatan kerja seperti pelatihan ruang kendali nuklir, pelatihan bedah, pelatihan pemadam kebakaran, pelayanan masyarakat, hingga pelatihan perang angkatan bersenjata.

Ini menjadi bukti bahwa manfaat VR sebagai media pelatihan dan belajar tidak terbatas. Apapun kebutuhan pelatihan Anda, Virtual Reality dapat memberikan solusi untuk pelatihan lebih efektif, hemat biaya dan mengurangi resiko keselamatan jiwa.

Virtual Reality menjadikan pelatihan lebih hemat biaya, efisien, dan tanpa risiko cidera

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk project kami selengkapnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

How can we help you ?