Augmented reality adalah salah satu teknologi inovatif yang memungkinkan kita untuk secara visual menghidupkan semua jenis objek 3D tanpa bentuk fisik. Kelebihan tersebut menjadikan teknologi AR sangat cocok diterapkan sebagai teknologi pendidikan masa depan. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana augmented reality bekerja, Anda dapat membaca cara kerja augmented reality terlebih dahulu sebelum lanjut membaca artikel ini.

Aplikasi AR modern digunakan untuk berbagai tujuan, mulai dari hiburan hingga aplikasi perusahaan, dan kegunaannya telah mendorong ribuan organisasi untuk memanfaatkan augmented reality dalam pendidikan dan pelatihan, sementara lembaga pendidikan menerapkan AR untuk membantu pengajaran di kelas.

Artikel ini akan membahas kasus nyata pembelajaran augmented reality, serta bagaimana teknologi pendidikan ini memengaruhi proses pendidikan dan hasilnya. Anda juga dapat mengetahui cara mendapatkan layanan pengembangan AR berkualitas tinggi untuk kebutuhan Anda dengan harga yang kompetitif.

Kenapa Augmented Reality Penting dalam Pendidikan

Meskipun banyak guru di seluruh dunia lebih memilih untuk tetap menggunakan metode pengajaran tradisional, pada kenyataannya teknologi AR terbukti telah membuat terobosan di lembaga pendidikan dan perusahaan. Jadi apa itu augmented reality dalam pendidikan, dan bagaimana pengaruhnya terhadap kinerja siswa?

Saat mereka belajar, banyak siswa merasa sulit untuk memahami informasi teoretis tanpa visual atau contoh yang berhubungan. Akibatnya, banyak konsep tetap tidak dapat dipahami dan di luar jangkauan siswa. Di sinilah aplikasi augmented reality hadir untuk menjadi solusi, mengubah informasi secara visual dan menjadi teknologi pendidikan terbaik yang bisa Anda pilih.

Mengajar dengan augmented reality melibatkan siswa pada tingkat yang lebih tinggi dan meningkatkan indikator pembelajaran, sebagaimana dibuktikan oleh penelitian terbaru yang dilakukan dengan siswa Cape Town. Aplikasi augmented reality digunakan untuk menguji bagaimana pengaruhnya terhadap motivasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang memotivasi perhatian, kepuasan, dan kepercayaan diri meningkat, dan hasil tersebut signifikan.

Manfaat Augmented Reality dalam Pendidikan

Ada banyak keuntungan menggunakan aplikasi augmented reality dalam pendidikan yang telah ditemukan oleh para pendidik praktik hingga saat ini. Berikut uraiannya.

Keunggulan AR sebagai Teknologi Pendidikan

teknologi pendidikan

  • Akses ke materi pembelajaran terbaru. Institusi pendidikan sering kekurangan bahan ajar yang up-to-date; banyak siswa harus mempelajari informasi usang atau mencari informasi sendiri di rumah. Melalui aplikasi AR, Anda dapat mengunduh data terbaru dan menampilkannya dalam format interaktif.
  • Akses ke peralatan virtual. Dalam kasus di mana perlu untuk mengeksplorasi peralatan tertentu dan mempelajari cara menggunakannya, aplikasi augmented reality dapat menyajikan model 3D yang diperlukan dan penjelasan yang bermanfaat. Ini menambah nilai praktis pada materi pembelajaran tradisional.
  • Tingkatkan keterlibatan siswa. Siswa mempelajari materi lebih dalam melalui AR, yang membuatnya terasa lebih nyata dan relevan. Ini adalah perubahan kecepatan yang substansial dan pengalaman yang menarik bagi banyak orang.
  • Belajar lebih cepat. Cara baru dalam menyajikan informasi membantu mengurangi waktu belajar secara keseluruhan. Selanjutnya, ada lebih banyak waktu untuk latihan dan pemeriksaan mendalam tentang topik khusus.
  • Latihan lebih aman. Dalam kasus seperti pelajaran anatomi, siswa tidak perlu lagi membedah hewan asli; ini dapat disimulasikan secara akurat melalui perangkat lunak. Siswa mendapatkan tingkat latihan yang sama tanpa merusak apa pun atau bekerja dengan alat berbahaya.

Penerapan Augmented Reality dalam Pendidikan

Bagaimana menggunakan augmented reality dalam pendidikan? Ada banyak bidang di mana aplikasi AR dapat menjadi solusi hebat untuk banyak masalah. Berikut berbagai penerapan AR untuk beragam kebutuhan pendidikan.

Augmented reality di sekolah

teknologi pendidikan

Apa itu AR di sekolah? Ini adalah aplikasi yang dapat digunakan selama pelajaran untuk representasi yang lebih baik dari materi yang dipelajari. Misalnya, siswa sekolah dapat menjelajahi ilmu-ilmu kompleks seperti biologi, anatomi, fisika, dan bahkan matematika dengan lebih interaktif dan menarik. Selain itu, aplikasi augmented reality di sekolah dasar dapat mensimulasikan berbagai kasus yang sulit dijelaskan dan bahkan membantu mengembangkan kreativitas anak.

Tapi tahukah Anda bagaimana menggunakan augmented reality di dalam kelas? Sebagian besar perangkat mobile modern seperti smartphone dan tablet cocok untuk penggunaan aplikasi AR, dan banyak dari generasi muda yang sudah memiliki gadget pribadi. Hal tersebut memberikan manfaat lebih karena anak-anak dapat mengerjakan pekerjaan rumah mereka dengan lebih bersemangat dan belajar kapan pun mereka mau.

Augmented reality di perguruan tinggi

Augmented reality dapat menjadi solusi akan kebutuhan siswa yang tertarik untuk mempelajari tentang ilmu kemanusiaan hingga teknis. Misalnya, mahasiswa kedokteran dapat belajar anatomi dan berlatih memeriksa tubuh dengan aplikasi AR yang mewakili tubuh manusia luar dan dalam. Selain itu, banyak universitas menggunakan augmented reality untuk mengajar mahasiswa teknik, matematika, desain, astronomi, dan banyak lagi.

Baca juga: Apa itu Metaverse, Peluang Bisnis hingga Cara Kerjanya?

Augmented reality untuk siswa membuat proses pendidikan lebih menarik dan aman. Teknologi ini memungkinkan dilakukannya eksperimen seperti mencoba kombinasi kimia yang berbeda dan melihat apa yang dapat terjadi tanpa membahayakan mahasiswa dan properti universitas. Selain itu, aplikasi AR dapat membantu mahasiswa dalam kegiatan kreatif di perguruan tinggi dan dalam menyelenggarakan acara universitas.

AR untuk pembelajaran jarak jauh

Selama beberapa tahun terakhir, metode pembelajaran jarak jauh menjadi sangat populer karena pandemi. Untuk alasan ini dan lainnya, pendidikan online kemungkinan akan terus digunakan di seluruh dunia walau setelah situasi stabil. Aplikasi augmented reality dapat berfungsi sebagai platform yang nyaman untuk pembelajaran online, di mana siswa dapat menerima materi yang diperlukan dan berkolaborasi dengan siswa dan guru lain secara real time.

Siswa pembelajaran jarak jauh juga tidak selalu membutuhkan guru untuk menjelaskan materi. Aplikasi yang baik dapat berisi seluruh presentasi pada setiap topik dengan penjelasan singkat atau rinci tentang teori dan praktik interaktif. Dengan demikian, siswa dapat belajar secara mandiri pada tingkat tinggi di lokasi yang paling nyaman bagi mereka.

Augmented reality dalam pelatihan kerja

teknologi pendidikan

Dengan menggunakan teknologi pendidikan augmented reality, spesialis tingkat pemula dan mereka yang beralih ke posisi baru dapat mengambil keterampilan dan pengetahuan dengan cepat. Misalnya, membantu dalam mempelajari bagaimana menggunakan peralatan kerja dan memahami teori dan lingkungan kerja tanpa risiko bagi organisasi dan kesehatan karyawan. Misalnya, pelatihan logistik AR membantu tidak hanya melatih staf tetapi juga mengatur pekerjaan mereka.

Penelitian telah menunjukkan bahwa pelatihan dengan bantuan AR meningkatkan produktivitas kerja untuk karyawan General Electric sebesar 34%, dan dalam kasus GE Healthcare, sebesar 46%.

Kasus Penggunaan AR dalam Pendidikan

Ada beberapa contoh menonjol dari penerapan augmented reality sebagai teknologi pendidikan yang menunjukkan kemampuan sebenarnya dari metode pembelajaran ini.

  • Pendidikan keselamatan anak. Lebih dari 80 taman kanak-kanak di China memanfaatkan teknologi AR dalam program pendidikan dasar untuk mengajar anak-anak sejak usia dini tentang semua aturan keselamatan dasar dan mengembangkan kesadaran diri di bidang ini. Penyelenggara menyarankan bahwa metode pendidikan interaktif ini memiliki peluang lebih baik untuk membuat anak-anak mengingat informasi penting tersebut dan menerapkannya dalam kehidupan.
  • Augmented reality di Universitas Barat. Dana Amal Persatuan diberikan untuk proyek AR untuk Universitas Barat yang memungkinkan siswa berenang dengan hiu! Ini dianggap sebagai pengalaman hebat untuk membuat keputusan di bawah tekanan dan bagi mahasiswa-ahli biologi untuk menjelajahi pandangan dan perilaku hiu dari dekat.
  • Google Seni & Budaya di dalam kelas. Dalam kondisi karantina dan pandemi, kita menjadi kesulitan untuk mengatur kunjungan ke museum, pameran, teater, dll., untuk siswa. Aplikasi dari Google ini memungkinkan Anda untuk melakukan tur 3D virtual ke museum paling terkenal secara global, menghabiskan hari di balet, dan bahkan mengunjungi berbagai negara tanpa meninggalkan kelas atau rumah.

Berita baiknya, penerapan teknologi pendidikan AR tidak hanya terbatas dari kasus penggunaan di atas saja. Anda dapat membuat aplikasi AR sendiri yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran Anda dan memberikan pengalaman belajar terbaik.

Aplikasi AR custom menjamin bahwa pengguna akan mendapatkan semua yang mereka butuhkan dari aplikasi yang dibeli/diunduh. MonsterAR adalah perusahaan pionir dengan spesialisasi bisnis pada pengembangan Hi-Technology di Indonesia, termasuk teknologi AR/VR/MR, gamifikasi proses bisnis, dan banyak lagi. Kami memiliki tim spesialis yang ahli dan profesional dalam membangun aplikasi AR berkualitas tinggi untuk kebutuhan bisnis Anda.


Penerapan AR dan VR di sekolah tingkatkan kualitas pendidikan dan minat belajar siswa

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !


Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami