IoT dan Augmented Reality (AR) dapat menjadi suatu kolaborasi teknologi yang sangat menjanjikan. Perkembangan teknologi yang dibarengi dengan munculnya gadget-gadget baru nan canggih yang memanjakan aktivitas keseharian manusia. Salah satu terobosan teknologi yang dikembangkan oleh manusia adalah Internet of Things atau biasa disebut dengan IoT, makin dikenal oleh masyarakat. Nah, bidang apa sajakah yang menerapkan teknologi IoT tersebut? Tentu saja beragam. Untuk teknologi IoT sendiri dapat diterapkan di beberapa bidang seperti: 

  1. Pertanian
  2. Kesehatan
  3. Transportasi
  4. Otomatisasi Rumah
  5. Lingkungan

Perangkat IoT di masa depannya diyakini akan masih dapat berkembang menjadi lebih canggih lagi dan dapat membantu manusia dalam berbagai sektor. IoT sendiri merupakan suatu teknologi di mana konektivitas internet bisa bertukar informasi satu sama lainnya dengan berbagai benda yang ada di sekitarnya. Karena banyak sekali potensi yang bisa dikembangkan dengan teknologi tersebut.

Kita bisa membayangkan, dengan IoT, akan lebih mempermudah kegiatan manusia dalam melakukan berbagai aktifitas sehari-hari. Semua kegiatan dapat dilakukan dengan sangat praktis dan di satu sisi adanya sistem kontrol karena perangkat yang terhubung menyebabkan kehidupan akan lebih efektif dan efisien. Potensi yang dimiliki oleh IoT sama besar dengan teknologi Augmented Reality (AR) yang dimaksimalkan dan dioptimalkan.

IoT dan Augmented Reality
illustrasi (iStock)

Baca juga: Indonesia Virtual Tour, the Best Way to Enjoy Art and Tourism Safely from Home

AR merupakan integrasi informasi digital dengan lingkungan pengguna secara real time. Berbanding terbalik dengan teknologi  Virtual Reality (VR) yang menciptakan lingkungan 3D buatan yang benar-benar nyata. Teknologi AR menggunakan lingkungan yang ada di dunia nyata kemudian menambahkan informasi baru di atasnya.

Jika kita membayangkan IoT, pasti kita memikirkan yang berhubungan dengan world wide web (www). Istilah – istilah tersebut sering muncul saat kita melakukan googling, browsing bahkan emailing. Aplikasi Google Chrome, Mozilla dan Opera merupakan segelintir dari aktivitas internet yang sering kita lakukan.

Sebenarnya IOT sudah ada di tahun 1980-an. kita tahu bahwa vending machine minuman pada zaman tersebut sudah terhubung dengan internet. Adapun pengembangan tersebut dilakukan untuk mengetahui kondisi minuman dingin yang tersedia di dalam vending machine.

IoT mulai alami perkembangan di tahun 1990-an, di tahun ini istilah IOT telah makin familiar didengar,  sebab dengan adanya pengembangan di dunia otomotif seperti pengecekan ban mobil yang kurang angin dengan sistem yang sudah terintegrasi di mobil, serta dalam bidang kesehatan seperti implan jantung dengan sensor pemindai merupakan pengembangan dari IoT di saat itu.

IoT dan Augmented Reality
illustrasi (iStock)

Pada tahun 2000-an, IoT telah berhasil dikembangkan hingga menyasar ke dalam smartphone, seperti sistem keamanan rumah personal yang terintegrasi dengan perangkat hardware, sehingga penghuninya dapat merasakan aman saat berada di luar rumah. Dan yang sangat signifikan adalah tentang pengembangan IoT untuk perlengkapan rumah tangga seperti AC, pengatur suhu dan temperatur ruangan, dan vacuum cleaner.

Dari semua perkembangan IoT yang ada, tidak ada yang mengungguli pencapaian teknologi IoT yang terintegrasi dengan AR. Dengan IoT, AR bisa dikembangkan ke arah yang lebih canggih, seperti generator listrik yang dapat ditampilkan dengan 3D secara lengkap beserta pengukur suhu generator, listrik yang digunakan dan bahan bakar yang tersedia di dalamnya. Bahkan IoT dan AR dapat diintegrasikan ke bidang home appliance, seperti colokan pintar, Smart Garage Door, Kulkas Pintar, dan lampu pintar.

MonsterAR selaku perusahaan AR dan VR ternama di Indonesia, juga mempunyai beragam produk serta layanan AR dan VR yang dapat mensukseskan semua kebutuhan promosi ataupun keperluan perusahan lainnya. Tak hanya itu saja, MonsterAR juga mengembangkan berbagai macam aplikasi dan juga software yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan semua bidang industri yang ada. Mau tahu lebih banyak tentang AR dan VR? Hubungi kami di sini ya.

Penerapan AR dan VR di sekolah tingkatkan kualitas pendidikan dan minat belajar anak

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

How can we help you ?