Augmented Reality (AR) merupakan suatu teknologi baru yang cepat sekali booming dan tren. Teknologi yang seringkali dikaitkan dengan dunia promosi dan periklanan tersebut memang menarik untuk “dikulik”. Sebab dari penampilan, teknologi AR sendiri sangat menarik minat siapapun yang melihat.

Berdasarkan konsep yang dikehendaki, maka teknologi AR akan dapat dijumpai dengan menggunakan aplikasi AR di dalam smartphone. Meski demikian, belum semua perusahaan-perusahaan di Indonesia menggunakan teknologi Augmented Reality sebagai penerapan strategi marketing dan branding perusahaan.

Negara-negara Eropa, Amerika dan juga China telah lama menerapkan teknologi AR di dalam strategi marketing mereka. Bahkan dengan bantuan teknologi AR, kepolisian China telah dapat menangkap kriminal atau penjahat yang dicari. Tak hanya itu saja, Eropa telah menerapkan teknologi AR untuk membantu para pengendara jalan membaca situasi jalan raya dan juga rambu lalu lintas.

Baca juga: 4 Aspek Penting yang Harus Diperhatikan Dalam Pengembangan Augmented Reality di Perusahaan Anda

Lain Eropa, Amerika dan China lain pula Indonesia. Seperti diketahui jika Indonesia baru sebatas menggunakan teknologi Augmented Reality untuk keperluan promosi produk dari suatu perusahaan maupun instansi yang berkaitan. Dan untuk menuju ke arah industri 4.0 masih jauh dari yang diharapkan. 

illustrasi (iStock)

Meski demikian, pasar untuk Augmented Reality sendiri dinilai sangat besar. Tentu hal tersebut bagi perusahaan AR sendiri selaku pengembang teknologi AR dapat memanfaatkan kesempatan tersebut untuk terus memajukan dan juga membuat teknologi tersebut dapat dimanfaatkan di semua lini di Indonesia.

Hal tersebut diperkuat dengan keterangan Wiryanatha Wijaya selaku CEO MonsterAR selaku salah satu pionir perusahaan pengembang AR di Indonesia. “Market AR di Indonesia masih sangat besar, namun kesempatan untuk mengeksplor AR di Indonesia masih terus butuh effort, karena belum terlalu banyak pengusaha yang mengikuti teknologi ini.” ujar pria yang akrab disapa Wirya tersebut.

Teknologi yang dikembangkan di MonsteAR sendiri adalah yang terdepan dan mempunyai keunikan tersendiri dibanding kompetitor, selain pelayanan yang diberikan kepada pelanggan yang sangat baik tentunya. Semua kebutuhan untuk promosi tentu  dapat makin ditekan. Tak hanya menghemat biaya marketing, namun dengan memanfaatkan teknologi AR tentu saja brand awareness yang ditampilkan akan menjadi makin mengena kepada masyarakat.

MonsterAR selaku perusahaan AR dan VR ternama di Indonesia, juga mempunyai beragam produk serta layanan AR dan VR yang dapat mensukseskan semua kebutuhan promosi ataupun keperluan perusahan lainnya. Tak hanya itu saja, MonsterAR juga mengembangkan berbagai macam aplikasi dan juga software yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan semua bidang industri yang ada. Mau tahu lebih banyak tentang AR dan VR? Hubungi kami di sini ya