Smart Factory diartikan sebagai sebuah sistem yang saling terintegrasi di dalam proses manufacturing dengan hasil yang real-time. Sedangkan konsep smart manufacturing sendiri dilatarbelakangi adanya kemunculan beberapa perangkat pintar yang dimulai di tahun 2000-an. Perangkat tersebut mengalami perkembangan yang signifikan, sehingga lambat laun mulai menggantikan peran dan tugas manusia.

Perkembangan Industri 4.0 kini bukan lagi sekedar impian dan wacana. Semua telah menjadi nyata.  Perusahaan Bosch, melalui anak perusahaannya yakni Bosch Rexroth yang mana merupakan produsen teknologi industri, mesin hidrolik, mesin elektrik dan mesin untuk industri pertambangan.

Sebagai salah satu produsen mesin industri ternama di Indonesia, Bosch Rexroth telah menyatakan siap untuk mensupport semua peralatan yang diproduksinya dengan sistem tersebut. Mereka akan mewujudkan visi membangun smart factory menjadi kenyataan hari ini.

Seiring perkembangan industri ke arah smart factory, jelas bahwa tidak ada satu perusahaan atau organisasi tunggal yang dapat melakukannya sendiri. Industri 4.0 sendiri, pada dasarnya bergantung pada konektivitas dari mulai proses penciptaan yakni menghubungkan antara pemasok dan produsen secara real-time.

Baca juga: Teknologi Hologram Adalah? Manfaat, Cara Kerja, dan Sejarahnya

smart factory
illustrasi (iStock)

Sebagai salah satu pelopor Industri 4.0, Bosch Rexroth mengeksplor kemampuan sistem produksi yang terhubung di pabrik mereka sendiri dengan pabrik holding Bosch Group di beberapa proyek percontohan yang mereka kerjakan.

Para insinyur perusahaan telah menguji semua produk dan telah memberikan solusi bagi pengguna di lingkungan mereka bekerja. Dengan memberikan terlebih dahulu wawasan mengenai bagaimana pengembangan untuk spesifikasi manufaktur smart factory. Dengan upaya-upaya tersebut tentu saja dapat mengoptimalkan produksi peralatan otomasi serta layanan yang dapat segera mewujudkan sistem smart factory untuk pengembangan dan pengimplementasian industri 4.0 di segala aspek industri di Indonesia.

Smart Factory telah lama dipergunakan di luar negeri melalui aneka bidang manufaktur industri yang tentu saja memudahkan produsen apapun untuk memproduksi produk-produk mereka. Sedangkan sistem ini sendiri telah diyakini dan dirasakan manfaatnya yakni untuk membuat efisien dan juga efektif di dalam proses produksi. Tak hanya itu saja, manfaatnya tentu akan memangkas budget produksi yang selama ini apabila memakai tenaga manusia akan mengeluarkan biaya yang besar. 

MonsterAR selaku perusahaan AR dan VR ternama di Indonesia, juga mempunyai beragam produk serta layanan AR dan VR yang dapat mensukseskan semua kebutuhan promosi ataupun keperluan perusahan lainnya. Tak hanya itu saja, MonsterAR juga mengembangkan berbagai macam aplikasi dan juga software yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan semua bidang industri yang ada. Mau tahu lebih banyak tentang AR dan VR? Hubungi kami di sini ya.

Metaverse & NFT Indonesia, industri senilai triliunan dollar dengan peluang keuntungan tak terbatas

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

How can we help you ?