Tidak bisa dipungkiri, kehadiran pandemi Covid-19 yang melanda dunia di saat lalu, telah melahirkan banyak inovasi bagi perkembangan teknologi khususnya digital. Contoh virtual tour, yang menjadi penerapan dari teknologi virtual reality untuk jelajah, bagi semua lini industri yang ada.

Teknologi virtual tour memungkinkan siapa pun untuk dapat berinteraksi dalam lingkungan virtual yang disimulasikan oleh perangkat komputer secara real time meskipun terpisah ruang dan waktu. Teknologi ini dapat terwujud berkat kecanggihan teknologi 3 Dimensi yang sangat detail dan beresolusi tinggi.

Para developer di dunia telah sepakat bahwa virtual tour adalah contoh solusi untuk membantu dunia marketing dan promosi dalam memperkuat seluruh strategi penjualan dengan penyampaian pesan pemasaran yang lebih jelas dan detail dengan gambaran visual yang meyakinkan. Sehingga pesan dapat dicerna oleh audiens dengan harapan pembelian produk atau jasa yang ditawarkan.

Pengertian dan Contoh Virtual Tour

Virtual tour adalah sebuah inovasi menarik dari kecanggihan teknologi digital yang merupakan sebuah simulasi dari lokasi suatu tempat. Virtual tour dapat diakses melalui berbagai platform seperti PC, smartphone baik Android maupun iOS.

Kini terdapat dua pilihan untuk menjelajah virtual tour, yaitu virtual tour 360 derajat dan virtual tour melalui metaverse. Contoh virtual tour dengan 360 derajat banyak diterapkan untuk jelajah kegiatan wisata dan museum di saat pandemi melanda. Tetapi beberapa bidang berikut ini juga turut menerapkan virtual tour 360 derajat di antaranya:

contoh virtual tour

Sedangkan contoh virtual tour dengan media metaverse banyak diterapkan di beberapa bidang seperti:

Manfaat Virtual Tour

Dengan penerapan virtual tour di berbagai lini kehidupan, maka dapat mempermudah kita dalam berbagai aktivitas dan juga selaras ketika diterapkan protokol kesehatan yang mana dilarang untuk berkumpul atau bersentuhan satu sama lain ketika terjadi pandemi penyakit. Namun terdapat beberapa manfaat dari virtual tour yang mungkin saja tidak Anda duga sebelumnya, yaitu:

1. Menghemat Biaya dan Waktu

Karena bersifat dinamis, interaktif, dan mampu mempertahankan perhatian audiens baik dalam hitungan detik atau menit, maka virtual tour memberikan solusi hemat biaya dan waktu bagi perusahaan dalam memberikan gambaran secara detail dan nyata kepada audiens dan calon klien, sehingga presentasi berjalan dengan menyenangkan dan meninggalkan kesan mendalam, dengan tujuan closing transaksi penjualan.

2. Jangkauan Yang Lebih Luas

manfaat virtual tour tingkatkan jangkauan

Baca juga: Virtual Tour 360, the Best Way to Enjoy Art and Tourism Safely from Home

Contoh virtual tour yang berhasil adalah untuk menjangkau audiens secara lebih luas. Manfaatnya tentu saja adalah audiens dan calon klien dapat mengetahui produk dan layanan yang ditawarkan secara detail, jelas dan berkesan tanpa harus mendatangi lokasi yang ditawarkan. Penerapan virtual tour ini biasanya dilakukan pada museum, real estate, otomotif, dan lain sebagainya.

3. Target Pelanggan Lebih Spesifik

Ketika diterapkan di dunia arsitektur, virtual tour akan menyesuaikan ke dalam proyek yang diminta oleh calon klien. Hal ini tentu akan berpengaruh kepada segmentasi konsumen yang lebih potensial untuk tertarik membeli properti seperti yang digambarkan dalam gambar desain. Pada saat penggambaran melalui bentuk desain yang dikunjungi melalui virtual tour, maka calon klien akan lebih merasa dihargai ketika apa yang mereka inginkan terjawab dengan berbagai masukan dan juga konsultasi yang bersifat interaktif.

4. Membuat Konten Menjadi Fokus Perhatian Audiens

Manfaat virtual tour lainnya adalah dapat menarik perhatian audiens selama beberapa detik maupun menit. Bayangkan, jika Anda mengunjungi suatu tempat melalui virtual dan di dalamnya disuguhkan berbagai konten menarik yang membuat Anda melupakan sejenak aktivitas, dunia tempat Anda berada. Tentunya, Anda sepakat untuk lebih fokus kepada hal tersebut, ketimbang melanjutkan aktivitas yang Anda lakukan. Dalam mendukung aktivitas marketing dan promosi suatu brand atau jasa, layanan virtual tour ini sangat efektif menggaet calon konsumen dan calon customer baru.

5. Informasi Menjadi Lebih Menarik

Dengan penerapan virtual tour, siapa pun dapat menyajikan gambaran dan informasi yang jelas dengan lebih menarik serta terperinci, terkait dengan proyek yang dipresentasikan. Hal ini akan berpengaruh kepada presentasi yang dipaparkan akan membawa daya tarik visual yang lebih menarik dan tinggi, dan gagasan yang disampaikan mengenai produk, atau proyek Anda akan lebih tersampaikan.

6. Meningkatkan Pencarian SEO

Penerapan virtual tour, ternyata dapat berpengaruh terhadap pencarian Search Engine Optimization (SEO) suatu brand. Bagaimana bisa manfaat penerapan virtual tour dapat meningkatkan pencarian SEO? Bisa dong, Hal ini terjadi ketika banyak audiens yang tertarik untuk mencoba menjelajah platform virtual tour yang ditawarkan berkesan sehingga membagikan pengalamannya di berbagai sosial media yang mereka miliki beserta review dan rating yang dapat berpengaruh positif, dan secara langsung akan memengaruhi pencarian di internet terhadap brand yang diinformasikan.

Virtual Tour Sebagai Inovasi Masa Depan

Teknologi virtual tour telah menjadi sebuah inovasi yang menarik banyak pihak. Bukan lagi sebagai sebuah konsep, namun seiring berjalan waktu dan perkembangan tren teknologi, virtual tour telah menjadi contoh inovasi yang akan diperhitungkan dan menjadi alat masal di masa depan untuk mendukung aktivitas manusia dalam berbagai bidang kegiatan.

Baik virtual tour 360 derajat, virtual reality via metaverse dengan berbagai contoh virtual tour dan kelebihan yang ditawarkan bagi Anda untuk mendukung bisnis yang sedang dijalankan supaya meraih keuntungan yang besar, tentu akan sangat bermanfaat apabila diterapkan dengan benar dan sebaik-baiknya.

Tak ayal, industri pariwisata yang sempat terpuruk di saat pandemi akan melonjak drastis dengan pemanfaatan inovasi virtual tour ini. Hanya berbekal perangkat ponsel atau laptop dan koneksi internet, kita dapat mengekplor berbagai destinasi wisata menarik yang ada di dunia, terutama di Indonesia.

Selain penerapan virtual tour di berbagai bidang yang disebutkan di atas, masih banyak contoh virtual tour yang dapat dieksplorasi. Pemanfaatan inovasi teknologi ini akan berkembang di masa yang akan datang dan tentunya akan lebih bermanfaat untuk penerapan lainnya.

MonsterAR adalah perusahaan Augmented Reality dan Virtual Reality terpercaya dan berpengalaman di Indonesia dan Asia. Dengan beragam produk dan layanan AR/VR yang dapat mensukseskan semua kebutuhan promosi, branding maupun keperluan bisnis Anda lainnya. Tak hanya itu saja, MonsterAR juga mengembangkan berbagai macam aplikasi dan software yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan semua bidang industri yang ada. Ingin tahu lebih lanjut mengenai AR dan VR yang cocok untuk mendukung kebutuhan bisnis Anda? Hubungi kami di bawah ini untuk konsultasi selengkapnya.

Program Gerakan Digitalisasi Museum dari MonsterAR untuk seluruh museum di Indonesia
| 1. Free Konsultasi | 2. Free Konsep Design | 3. Free Estimasi Biaya (RAB) |

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *