Web-based augmented reality atau singkatnya webAR adalah teknologi yang memungkinkan pengguna untuk mengakses pengalaman AR langsung dari smartphone mereka. Karena tidak perlu mengunduh apa pun, orang dapat menikmati pengalaman AR yang imersif dan unik. WebAR juga dapat di akses di sebagian besar sistem operasi, perangkat seluler, dan browser web.

WebAR tidak hanya menyenangkan bagi audiens, tetapi juga dapat menyampaikan pesan pemasaran secara efektif. Studi menunjukkan bahwa dengan menambahkan elemen interaktif ke konten, ingatan audiens terhadap brand meningkat hingga 80%.

WebAR semakin canggih dan merupakan cara terbaik bagi bisnis untuk mentransformasi halaman web mereka yang ada menjadi situs interaktif yang disempurnakan. WebAR dapat mengubah perspektif pelanggan terhadap perusahaan atau produk Anda disamping mengubah tampilan situs web sepenuhnya.

WebAR adalah teknologi canggih yang menggabungkan lingkungan dunia nyata dengan pengalaman AR. Teknologi dasarnya mirip dengan situs web pada umumnya, memungkinkan pengembang untuk membuat pengalaman AR di dalam situs web atau aplikasi biasa. Konsumen dapat mengakses dan menggunakan WebAR dengan mengunjungi halaman web yang disempurnakan di browser.

Jadi, bagaimana cara kerja webAR? Dan kenapa webAR begitu efektif sebagai tools pemasaran?

WebAR VS Aplikasi AR

AR berbasis aplikasi hanya dapat diakses melalui unduhan dari playstore atau appstore. Jenis teknologi AR ini memungkinkan pengalaman yang kompleks karena memanfaatkan fitur, memori, dan kinerja perangkat secara efektif. Ini diterjemahkan menjadi visual, animasi, dan interaktivitas yang mengesankan.

Namun, AR berbasis aplikasi mengharuskan pengguna untuk mengunduh terlebih dahulu sehingga mengurangi jangkauan audiens. Terjadi penurunan 50% dalam keterlibatan ketika pengguna harus unduh terlebih dahulu. Setelah itu, hanya 25% orang yang menggunakan aplikasi di luar interaksi pertama. Kompatibilitas di berbagai perangkat dan sistem operasi juga mahal untuk ditangani saat mengembangkan AR berbasis aplikasi.

Di sisi lain, WebAR mudah diakses hanya dengan tautan URL sederhana, memindai kode QR, atau mengetuk tag NFC. Hal ini memungkinkan pengalaman AR untuk dinikmati di sebagian besar perangkat seluler dan browser tanpa mengharuskan pengguna mengunduh seluruh aplikasi. Aksesibilitas yang luas ini berarti bahwa WebAR menjangkau dua kali lebih banyak perangkat seluler dibandingkan aplikasi.

Augmented reality berbasis web juga memungkinkan agensi untuk menyediakan pasar mereka dengan pengalaman yang seragam di semua platform.

Manfaat WebAR Adalah?

WebAR menghilangkan kebutuhan akan aplikasi sekunder, yang memungkinkan pengguna untuk terlibat dengan AR secara langsung di halaman web bisnis. Dengan WebAR, perusahaan dapat menjangkau audiens yang lebih luas dan meningkatkan pengenalan merek mereka dengan memberikan pengalaman AR yang lebih cepat dan mudah tanpa perlu mengunduh aplikasi.

Situs WebAR dapat berjalan di browser mobile pada platform Android, iOS, Windows, dan Mac. Kemajuan WebAR memudahkan perusahaan untuk membangun kemampuan AR lintas platform tanpa membuat aplikasi yang berbeda untuk setiap sistem operasi.

WebAR memungkinkan siswa untuk mempelajari konsep baru secara lebih alami dan lebih cepat, pemilik rumah dapat memvisualisasikan produk baru di rumah mereka, dan konsumen dapat melihat bagaimana layanan, produk, dan bahkan riasan akan memengaruhi mereka. Belanja online juga secara umum menjadi lebih mudah dari sebelumnya, hanya perlu beberapa klik di komputer atau ketuk perangkat seluler untuk memesan produk baru.

Sebagian besar belanja online di perangkat seluler dilakukan melalui aplikasi, tetapi bagaimana jika sebuah bisnis dapat memasuki pasar baru yang memilih untuk tidak mengunduh aplikasi? Melalui WebAR, konsumen dapat berbelanja dari halaman web yang nyaman dan merasakan sensasi pengalaman AR tanpa harus menghabiskan waktu mengunduh aplikasi.

Perjalanan keputusan membeli konsumen adalah proses yang dilalui pelanggan dari saat mereka pertama kali menunjukkan minat pada suatu produk hingga saat mereka membeli produk tersebut. Lamanya waktu dari berminat hingga terjadinya pembelian bervariasi. Namun, jika pelanggan harus mengunduh aplikasi selama periode ini, perusahaan kehilangan waktu yang berharga untuk membuat kesan dan meyakinkan konsumen untuk membeli. Dengan menyediakan WebAR di browser, Anda mendapatkan kembali sebagian dari waktu perjalanan keputusan pelanggan.

Manfaat WebAR bagi Periklanan

Upaya pemasaran sudah sangat terkonsentrasi pada media sosial, game, dan aplikasi belanja. Melalui penggunaan WebAR, pemasar mendapatkan elemen iklan baru yang dapat digunakan untuk meningkatkan penjualan. WebAR menawarkan cara baru dan menarik untuk mempromosikan produk, layanan, dan pengenalan merek serta menambahkan cara inovatif untuk beriklan ke konsumen arus utama.

Baca juga: 7 Jenis Industri yang di Untungkan oleh Penerapan Augmented Reality

Misalnya, Sony Pictures merilis pengalaman AR untuk film Spider-Man: Into the Spider-Verse. Aplikasi Spider-Verse Web AR Experience memungkinkan pengguna berinteraksi dengan berbagai orang dan objek dari film langsung di rumah mereka sendiri. Pengalaman AR Web Spider-Verse sepenuhnya berbasis web dan tidak memerlukan aplikasi untuk berfungsi, sehingga meningkatkan penggunaan dan memudahkan pemasaran film.

Seiring kemajuan WebAR, konversi konsumen akan menjadi lebih mudah. Karena WebAR berfungsi di browser seluler, konversi akan meningkat melalui penggunaan interaksi dan ajakan bertindak yang lebih baik. WebAR membuat iklan lebih menghibur dibandingkan dengan banner, popup, dan gambar side-bar. Teknologi ini menawarkan peningkatan keterlibatan dengan mengubah media iklan lama yang usang menjadi pengalaman augmented reality yang menarik.

Alih-alih menampilkan iklan raksasa di situs web di seluruh internet, bisnis Anda dapat menggunakan WebAR untuk menawarkan cara baru dan interaktif bagi konsumen untuk merasakan produk, layanan, atau film.

Perkembangan WebAR

Pada tahun 2017, Apple memperkenalkan ARKit, dan Google menambahkan perangkat lunak ARCore ke jajaran pengembangan mereka. Kit ini memungkinkan pengembang untuk membuat aplikasi augmented reality yang menakjubkan dan memperkuat konsep AR sebagai bagian integral dari penggunaan smartphone. Penambahan kit pengembangan AR mendorong pengembang, merek, perusahaan rintisan, dan lainnya untuk berinvestasi di AR dan mengembangkan aplikasi AR serta penawaran browser mereka sendiri.

Bagaimana Cara Kerja WebAR?

AR berbasis web menggunakan sensor ponsel untuk memungkinkan konten digital ditempatkan dan dilacak dalam lingkungan fisik. Dengan menggunakan sensor dan visi komputer ini, teknologi AR dapat menghadirkan pengalaman 3D animasi, video, deteksi target, dan interaktivitas.

Pengalaman WebAR akan terus berkembang dalam kompleksitas dan kedalaman karena browser seluler menambahkan fitur dukungan tambahan. Ini termasuk memungkinkan AR untuk menggunakan kamera RGB, giroskop, akselerometer, orientasi, dan magnetometer di perangkat.

Ada empat fitur penting untuk sebagian besar pengalaman WebAR: enam derajat kebebasan, aliran kamera, pemahaman lingkungan, dan CMS berbasis cloud.

1. Enam Derajat Kebebasan (6DoF)

Web AR membutuhkan enam derajat kebebasan untuk menempatkan model digital dalam lingkungan dunia nyata. Ini berarti bahwa webAR memerlukan kemampuan untuk melacak tiga sumbu orientasi model dan tiga sumbu posisi, memungkinkan kontrol atas gambar 3D.

2. Aliran Kamera

Akses aliran kamera adalah bagaimana teknologi webAR menyinkronkan dunia virtual dan dunia nyata. Untuk meningkatkan lingkungan fisik dengan pengalaman AR, kamera RGB perlu digunakan untuk memberikan perspektif dan bidang pandang.

3. Pemahaman Scene

WebAR membutuhkan pemahaman scene untuk menempatkan objek 3D dalam ruang fisik. Ini adalah kemampuan perangkat seluler untuk memetakan permukaan dan memperkirakan cahaya sekitar di lingkungan.

4. CMS Berbasis Cloud

Terakhir, webAR dilengkapi dengan CMS (sistem manajemen konten) berbasis cloud, yang memberi pengguna akses ke pengalaman AR melalui berbagai pemicu. Pemicu ini biasanya berupa kode QR, tetapi mungkin juga menyertakan tautan, penanda, atau bahkan wajah pengguna. Dengan memungkinkan pengguna mengakses webAR melalui penangkapan lensa yang sederhana, konten interaktif dapat disematkan di mana saja.

Kesimpulan

WebAR adalah teknologi menarik yang memungkinkan perusahaan menjangkau audiens mereka dengan cara baru dengan mudah, kreatif, dan mudah diingat. Selain itu, kekuatan dan kinerjanya akan terus meningkat seiring dengan dukungan dari perusahaan teknologi besar yang terus berkembang.

WebAR telah mengalami pertumbuhan dan kemajuan pesat dalam beberapa tahun terakhir ini. Elemen terbaik WebAR adalah mengurangi kemungkinan kehilangan konsumen selama proses pengambilan keputusan mereka. Dengan menghilangkan kebutuhan untuk mengunduh aplikasi di perangkat seluler, Anda dapat memberikan pengalaman AR sepenuhnya kepada pelanggan tanpa membuang waktu berharga. Ini dapat meningkatkan konversi dan retensi pelanggan.

MonsterAR adalah perusahaan augmented reality yang berspesialisasi dalam menyediakan pengalaman WebAR yang mutakhir bagi perusahaan Anda. Dengan lebih dari satu dekade pengalaman di garis depan industri AR, MonsterAR telah menciptakan banyak produk AR yang sukses. Hubungi kami untuk konsultasi dan solusi selengkapnya.

Pemasaran produk lebih powerful dan efektif melalui teknologi AR/VR

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

How can we help you ?