Non-Fungible Token atau NFT adalah aset digital yang dapat dijadikan sebagai investasi. NFT sendiri diciptakan dengan memanfaatkan dukungan teknologi blockchain, dimana merupakan pengembangan dari elemen cryptocurrency yang merupakan bagian dari jenis aset fungible. Sebelum membahas apa itu NFT marketplace, mari kita bahas mengenai cara kerja NFT itu sendiri.

Konsep NFT sendiri memiliki perbedaan dengan cryptocurrency yang bekerja seperti layaknya mata uang. NFT adalah sebuah aset digital yang memiliki kode identifikasi unik, untuk mewakili suatu nilai dari benda-benda yang berharga. Secara sederhana, NFT merupakan benda yang dapat diperdagangkan karena sifatnya yang unik antara satu dengan lainnya, sementara cryptocurrency sendiri merupakan mata uangnya.

Untuk membeli dan menjual aset-aset virtual ini, Anda dapat melakukannya lewat NFT marketplace. Seperti apa cara kerja dari NFT marketplace ini, dan bagaimana cara untuk bertransaksi di dalamnya, kemudian apa saja NFT marketplace terbaik yang ada? Untuk mengetahui jawabannya secara lengkap, simak artikel berikut ini!

Apa Itu NFT Marketplace?

NFT marketplace adalah suatu platform online untuk menampilkan dan memperjualbelikan aset-aset NFT. Dengan kata lain, NFT marketplace adalah pasar atau situs online NFT yang beroperasi layaknya situs Amazon, eBay maupun situs e-commerce lainnya untuk menjual atau membeli bermacam produk retail, tetapi hanya berfokus kepada produk NFT.

Di dalam NFT marketplace, akan memungkinkan semua kolektor digital termasuk seniman NFT, untuk melakukan jual beli dan membuat token NFT milik mereka sendiri. Termasuk di dalamnya para kreator NFT tersebut dapat memiliki akun pribadi untuk merepresentasikan kepemilikan atas aset ataupun item unik, baik yang berwujud fisik maupun yang tidak berwujud atau digital.

NFT marketplace bertujuan untuk menghubungkan para kreator seni yang di sini berperan sebagai produsen (penjual) dengan para kolektor (konsumen). Para kreator yang hendak memasarkan karya mereka, harus terlebih dahulu mengubah karya tersebut ke dalam bentuk NFT. Untuk itu, diperlukanlah proses minting token. Tetapi sebelum melakukan minting, para kreator harus melampirkan terlebih dahulu karya mereka, kemudian mengisi formulir dan informasi lainnya seperti daftar harga, deskripsi, dan lain-lain.

Setelahnya, NFT marketplace akan memproses pembuatan token baru di blockchain Ethereum. Token ini berguna sebagai sertifikat dan menjadi alat bukti kepemilikan karya para kreator. Selain itu, token ini juga menjadi media untuk mengakses histori transaksi di sistem blockchain, seperti nama kreator asli, nama pemilik sebelumnya dan juga waktu transaksi.

4 Platform NFT Marketplace Terbaik

Secara umum, terdapat dua tipe platform NFT marketplace, yakni tipe marketplace universal dan marketplace khusus. Marketplace khusus biasanya akan menjual aset-aset tertentu seperti item game, koleksi kartu digital, dan virtual real estate. Sedangkan marketplace universal, biasanya menyediakan aset yang lebih beragam.

Berikut ini beberapa contoh NFT marketplace universal yang paling populer dan memiliki orientasi pada karya-karya seni digital, diantaranya adalah :

1. OpenSea

OpenSea, adalah pasar NFT universal pertama yang paling populer di dunia, dengan basis blockchain Ethereum. Anda dapat menemukan berbagai macam NFT yang merepresentasikan hak kepemilikan atas karya seni, item khusus virtual, hingga koleksi kartu. Di dalam platform OpenSea, para pengguna dapat membuat koleksi dan mengunggah sendiri karya mereka, hingga urusan penjualan atas karya mereka dengan mudah.

2. Rarible

NFT marketplace berikutnya adalah Rarible. Rarible adalah pasar NFT yang para penggunanya terdiri dari para pemegang token RARI. Para pembeli dapat menemukan berbagai koleksi seni dan juga item lainnya pada segmen Top Collections, Top Sellers, Hot Bids, dan Live Auctions.

Baca juga: Metaverse dan NFT: Peluang Bisnis, Manfaat, dan Cara Kerjanya

3. SuperRare

NFT marketplace selanjutnya adalah SuperRare. Marketplace NFT ini, bekerjasama dengan banyak seniman terkemuka untuk dapat menghasilkan koleksi-koleksi digital yang penyimpanannya diamankan dengan kriptografi dalam blockchain (CryptoArt). Selain menyediakan berbagai karya seni digital yang otentik, platform ini rutin mengadakan pameran NFT.

4. Nifty Gateway

Nifty Gateway adalah sebuah platform yang menjual Nifty, kemudian berbagai jenis item digital. Belakangan, platform ini kian menjadi populer, karena berhasil menjual karya dari seniman musik terkenal dunia seperti Steve Aoki, deadmau5 dan Beeple yang memegang rekor penjualan NFT termahal di dunia senilai $69,3 juta untuk karyanya “Everyday’s: The First 5000 Days”.

Yang Harus Disiapkan Sebelum Menggunakan NFT Marketplace

Sebelum Anda melakukan transaksi seperti jual beli di NFT marketplace, sebaiknya persiapkan terlebih dahulu beberapa langkah ini :

1. Akun Pengguna

Sebelum melakukan transaksi di marketplace, Anda harus terlebih dahulu membuat akun dengan mendaftar di platform NFT marketplace. Untuk besaran biaya pendaftaran, umumnya berbeda-beda bagi setiap platform.

2. Dompet Crypto

Dompet crypto akan digunakan sebagai tempat untuk menyimpan koin yang akan digunakan dalam bertransaksi NFT. Setiap NFT marketplace pada umumnya, memiliki dompet crypto (e-wallet) yang kompatibel dengan sistem blockchain-nya masing-masing.

3. Siapkan Koin

Supaya Anda dapat melakukan aktivitas seperti pendaftaran akun hingga nantinya bertransaksi NFT, maka Anda harus mengisi dompet (top-up) dengan koin crypto. Cryptocurrency yang diisikan ke dalam dompet, tentunya harus didukung dan sesuai oleh NFT marketplace yang akan digunakan.

Demikian penjelasan mengenai apa itu NFT marketplace, lengkap dengan cara kerja dan cara jualannya. Termasuk di dalamnya, rekomendasi beberapa NFT marketplace terbaik. Intinya, NFT marketplace adalah suatu platform yang memfasilitasi jual beli NFT bagi para kreator dan kolektor, dari mulai pembuatan, memajang hingga transaksinya. Platform ini sangat penting keberadaannya demi menjembatani para kolektor NFT dengan para kreator yang ingin menjual karya-karya mereka. Semoga bermanfaat!


Metaverse & NFT, industri senilai triliunan dollar dengan peluang keuntungan tak terbatas

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !


Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami