Meski baru belakangan ini mulai banyak diadopsi, Augmented Reality (AR) dalam waktu singkat berhasil mendapatkan popularitas besar di berbagai sektor industri. Teknologi ini dilihat sebagai salah satu teknologi paling menarik yang memungkinkan untuk mengintegrasikan objek virtual ke dalam lingkungan nyata. Kemampuannya untuk memberikan pengalaman yang lebih interaktif dan realistis bagi pengguna mengarah pada adopsi massal oleh berbagai perusahaan dan menjadikan AR sebagai strategi pemasaran online. Adopsi ini didorong secara signifikan oleh kondisi yang dihadapi dunia dua tahun terakhir ini dengan banyaknya pembatasan yang diakibatkan oleh pandemi Covid-19.

Teknologi yang membawa solusi cepat dan efisien untuk berbagai masalah yang menyangkut sektor industri yang berbeda ini setiap harinya membuktikan bahwa augmented reality adalah alat penting untuk secara signifikan meningkatkan keterlibatan pelanggan dan tingkat minat yang berbeda pada suatu produk. Selain penerapan dalam operasi antara para ahli dan pekerja lapangan, AR memungkinkan bisnis untuk meningkatkan kesadaran merek di antara pengguna dan melibatkan mereka dengan cara yang lebih efisien dan cepat.

Tapi pertama-tama, mari kita lihat gambaran umum tentang apa itu teknologi AR dan kemudian lihat apa saja kemungkinan cara AR dapat digunakan oleh merek sehingga memungkinkan mereka untuk memberikan pengalaman yang menyenangkan dan interaktif bagi pelanggan.

Apa itu AR?

AR adalah teknologi yang memungkinkan orang untuk menempatkan konten digital (gambar, suara, teks) di atas lingkungan dunia nyata. Selama 50 tahun terakhir, teknologi AR telah mengubah cara kita memandang konten di dunia nyata. Tapi kapan AR ditemukan? Sejarah augmented reality ditemukan pada tahun 1968, dengan pengembangan sistem tampilan pertama yang dipasang di kepala oleh Ivan Sutherland. Namun, istilah ‘augmented reality’ tidak diciptakan sampai tahun 1990 oleh peneliti Boeing Tim Caudell. Teknologi ini telah berkembang pesat dengan daftar kasus penggunaan AR yang terus bertambah. Dari simulasi NASA hingga strategi pemasaran produk yang imersif, augmented reality membuat tugas lebih mudah dan tentunya lebih menyenangkan.

Tambahkan Fitur “coba sebelum membeli”

Karena perkembangan teknologi telah maju secara signifikan, orang sekarang lebih cenderung melakukan pembelian dengan beberapa klik sederhana secara online. Tetapi pada titik ini, setiap pelanggan mengharapkan penawaran terbaik untuk produk atau layanan yang akan mereka beli. Pada saat pelanggan ingin melakukan pembelian, mereka mulai mencari alternatif terbaik yang ada di pasar saat ini. Kita harus mengakui bahwa setiap bisnis melakukan yang terbaik untuk memiliki posisi kompetitif di pasar.

Teknologi AR bisa menjadi alat yang sempurna untuk strategi pemasaran online dengan mempresentasikan produk dan layanan mereka dengan cara yang lebih menarik kepada pembeli potensial. Cukup dengan mengunduh aplikasi dari perangkat pintar, orang dapat mencoba berbagai produk yang ditawarkan oleh merek. Aplikasi AR ini telah mendapatkan popularitas luas di antara perusahaan yang beroperasi di berbagai sektor. Jenis pengalaman AR ini memungkinkan pembeli untuk mencoba secara praktis sebelum membeli suatu produk, mulai dari produk kecantikan, pakaian hingga furnitur rumah. Dengan menawarkan pengalaman yang inovatif dan menarik ini, perusahaan dapat menarik lebih banyak pembeli, mendorong mereka untuk melakukan pembelian lebih cepat dan dengan demikian menghasilkan keuntungan sambil tetap kompetitif di pasar.

Edukasi Produk Melalui Game AR

Dalam beberapa tahun terakhir kita semua mungkin telah mendengar sedikit tentang banyak game seperti Pokemon Go, Zombies Run, Ingrees, dan banyak lagi. AR telah dimasukkan di sini sebagai strategi yang digunakan oleh pengiklan yang bertujuan untuk membuat iklan AR dengan elemen gamified untuk menciptakan pengalaman branding yang komprehensif. Iklan AR lebih interaktif daripada iklan tradisional yang mempromosikan interaksi antara pembeli dan merek.

Baca juga: 5 Manfaat Teknologi Perkantoran Yang Dapat Lipat Gandakan Omset Bisnis Anda

Banyak game berbasis AR mendorong pengguna untuk menyelesaikan berbagai tugas, sehingga menggabungkan hiburan tetapi juga menghasilkan pengguna baru berkat pengalaman menyenangkan dan menarik yang ditawarkan. Teknologi AR digunakan oleh pengiklan sebagai cara paling efektif untuk mencapai terobosan dari cara beriklan tradisional dalam format baru dan lebih efektif.

Tingkatkan Engagement dengan Filter AR

Filter AR adalah efek yang dihasilkan komputer yang dirancang untuk ditumpangkan pada gambar kehidupan nyata. Filter AR berfungsi dengan kamera pengguna, menambahkan lapisan citra di latar depan atau latar belakang gambar pengguna. Filter AR dilihat sebagai salah satu cara paling menyenangkan dan menarik untuk mengkonsolidasikan dan mempopulerkan merek di pasar. Berbeda dengan Try-ons, filter AR lebih fokus pada perubahan fitur wajah.

Filter ini menawarkan pengalaman yang sama sekali berbeda bagi pengguna, memberikan mereka kesenangan yang dijamin saat mengubah fitur fitur wajah mereka. Semakin istimewa dan menarik filternya, semakin populer mereka di internet, dan secara tidak langsung merek yang menawarkan filter ini mendapatkan popularitas secara cepat, tidak seperti pemasaran tradisional yang membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk mencapainya.

Berdayakan Karyawan dengan Pelatihan AR

Setiap merek bertujuan untuk memberikan layanan berkualitas tinggi dengan berhasil memenuhi persyaratan pelanggan. Berkat pelatihan AR, kini dimungkinkan bagi karyawan baru untuk bersiap menghadapi segala kemungkinan situasi yang mungkin timbul selama pekerjaan mereka. Selain itu, berkat anotasi AR, dimungkinkan untuk mensimulasikan berbagai masalah dan mempersiapkan karyawan baru untuk memecahkan kemungkinan masalah dengan cara tercepat dan paling efisien. Melalui pelatihan dan pendidikan karyawan baru ini, dalam banyak situasi berbeda di mana alur kerja cukup tinggi dan banyak situasi bermasalah bisa tercipta, menjadi mungkin untuk mengatasinya tanpa masalah.

Kesimpulan

Semua manfaat augmented reality yang sudah disebutkan di atas menjadikannya sebagai tren teknologi teratas dan diadopsi dengan begitu gencar oleh berbagai brand. Menempatkan bisnis Anda dalam skenario yang berisi berbagai situasi sulit, dan menemukan titik lemah yang memerlukan perbaikan juga akan membantu Anda menemukan cara untuk mengintegrasikan teknologi ini ke dalam proses operasi bisnis Anda.

Menentukan cara untuk mengintegrasikan teknologi ini ke dalam bisnis Anda akan memungkinkan Anda untuk mendapatkan hasil maksimal dari teknologi ini, termasuk menarik dan melibatkan lebih banyak pelanggan baru dan alhasil mereka menjadi pelanggan setia merek Anda. Strategi pemasaran online dengan teknologi AR adalah investasi yang layak untuk dilakukan demi menjamin pertumbuhan bisnis Anda di masa depan.


Pemasaran produk lebih powerful dan efektif melalui teknologi AR dan VR

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !


Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami