Barcelona merupakan kota yang kaya akan budaya, arsitektur yang mengagumkan, dan budaya. Sehingga, kota ini menjadi salah satu tujuan wisata paling menarik di Eropa. Kini, Telefónica, MediaPro, dan agensi transportasi metropolitan Barcelona TMB telah bekerja sama untuk menggunakan 5G dan augmented reality dengan cara praktis untuk pariwisata, dan melahirkan pengalaman wisata bis AR yang menyulap interior bis wisata menjadi futuristik dengan tampilan transparan yang dapat menyoroti tempat-tempat utama seperti yang muncul dalam kehidupan nyata.

Program percontohan 5G Augmented Tourism secara menarik menggabungkan data 5G dan kemampuan layanan lokasi dengan tampilan AR yang sangat besar. Sementara banyak perusahaan bekerja untuk membuat miniatur layar AR untuk kacamata yang dapat dikenakan, membiarkan orang melihat informasi AR saat mereka bergerak melalui ruang nyata dan menggerakan kepala mereka, solusi ini memungkinkan banyak pemirsa untuk menikmati overlay yang diperbesar sekaligus. Foto dan video menunjukkan bahwa pemandu wisata atau pengguna terdekat dapat menyentuh layar untuk informasi lebih lanjut tentang landmark tertentu, tetapi sebagian besar pemirsa secara pasif akan melihat overlay.

Dalam uji coba wisata bis AR ini, konten AR mengambil dua bentuk utama – berat, objek garis putih kontras tinggi, dan cipratan warna yang menggunakan animasi tepi untuk menonjol menimbulkan kesan dunia nyata. Satu-satunya kelemahan adalah bahwa tampilan transparan memiliki efek seperti kacamata hitam di dunia nyata, meredupkannya relatif terhadap konten AR, dan dalam program percontohan itu hanya dipasang di satu tempat di bis. Tampilan jendela AR yang serupa cenderung memiliki kontras yang lebih tinggi dan didistribusikan secara lebih luas di dalam kendaraan masa depan.

Baca juga: Penggunaan Game AR Sebagai Upaya Untuk Mempromosikan Pariwisata

Pada CES 2020 pada bulan Januari, pembuat mobil menunjukkan awal dari konsep yang sama untuk kendaraan masa depan, termasuk tampilan head-up khusus pengemudi dengan AR, dan jendela mobil tertutup layar video yang tipis, buram / transparan untuk tujuan hiburan. Tetapi penggunaan program 5G ini untuk mengalirkan data dan menyinkronkan tampilan dengan lokasi di dunia nyata adalah langkah baru dan akan menarik untuk dilihat di bis wisata mendatang.

Wisata bis AR adalah salah satu dari beberapa inisiatif yang saat ini sedang berjalan, ​​kemitraan antara lembaga pemerintah daerah, perusahaan teknologi, dan Universitas Politeknik Catalonia. Pilot tidak memiliki tanggal untuk ketersediaan umum, tetapi proyek itu diresmikan dalam bentuk langsung, bekerja setelah pembatalan MWC Barcelona beberapa bulan lalu.

Ingin turut memanfaatkan teknologi Digital Signage untuk meningkatkan omzet bisnis Anda?

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk project kami selengkapnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

How can we help you ?