Augmented Reality (AR) adalah salah satu teknologi terkemuka yang membawa banyak transformasi digital secara signifikan. Teknologi AR telah meningkatkan proses operasional bisnis dari berbagai perusahaan di berbagai bidang industri, termasuk penerapan teknologi augmented reality untuk periklanan yang lebih interaktif dan menarik.

Potensi teknologi AR untuk mendigitalisasi banyak proses juga telah meningkatkan minat dari banyak bisnis untuk mengadopsinya. Jika sebelumnya konsep AR hanya terkait dengan game saja, kini konsep ini melampaui game dan hiburan dengan memasuki setiap industri dengan berbagai perspektif untuk membawa manfaat besar bagi kesejahteraan bisnis.

Salah satu area di mana teknologi ini sedang digunakan baru-baru ini adalah pasar periklanan digital. Melalui keunggulannya, AR memungkinkan bentuk komunikasi baru antara pengiklan dengan pelanggan. Banyak perusahaan mendapatkan manfaat dari teknologi ini untuk menyampaikan pesan tertentu dengan cara yang lebih inovatif dan interaktif, sehingga hubungan antara brand dengan pelanggan menjadi semakin erat.

Dalam beberapa tahun terakhir, berdasarkan berbagai statistik, pasar periklanan sedang booming karena setiap bisnis telah menyadari pentingnya AR sebagai salah satu poin kunci untuk menyampaikan pesan yang diinginkan kepada target pelanggan. Pada saat yang sama, pasar periklanan ini menempati urutan teratas untuk biaya yang dikeluarkan. Pengenalan teknologi AR di pasar ini dapat dikatakan masih dalam masa pertumbuhan, namun bukan berarti adopsinya oleh banyak pemasar tidak akan meningkat. Sebaliknya, diprediksi akan terjadi peningkatan besar-besaran dalam penerapan augmented reality untuk periklanan.

Berikut, beberapa alasan kenapa iklan AR adalah masa depan bagi pasar periklanan digital:

Meningkatkan Penjualan

Iklan AR menawarkan peluang baru untuk mempromosikan produk dan layanan. Melalui uji coba virtual yang diaktifkan oleh teknologi AR, pelanggan kini menjadi lebih dekat dengan produk dan dapat menemukan setiap fitur dan karakteristiknya. Kini, pelanggan dapat mencoba berbagai produk secara virtual, memilih yang mereka sukai dan menyesuaikannya. Hal ini juga meningkatkan penjualan untuk bisnis, karena fakta bahwa pelanggan cenderung mengambil keputusan lebih cepat untuk melakukan pembelian.

Melalui AR, pelanggan dapat mencoba berbagai macam produk secara virtual termasuk sepatu, pakaian, perhiasan, dan jam tangan, sehingga ini memungkinkan untuk lebih meningkatkan penjualan dan meningkatkan pendapatan untuk bisnis di berbagai bidang.

Lebih Hemat Biaya

Augmented Reality untuk Periklanan

Cara periklanan tradisional membutuhkan biaya tinggi tidak hanya untuk pencetakan tetapi juga untuk promosi di tempat umum, atau majalah dan surat kabar terkenal. Beriklan melalui AR sepintas mungkin tampak lebih mahal, tetapi pada kenyataannya justru sebaliknya. Jika kita melakukan perhitungan ROI sederhana, ternyata adopsi teknologi augmented reality untuk periklanan dapat menghemat biaya. Hal ini dikarenakan iklan tradisional membutuhkan penggantian yang sering, namun pengembangan dan promosi melalui iklan AR lebih menarik dan berjangka panjang tanpa perlu penggantian, hanya perlu melakukan pembaruan digital.

Baca juga: Strategi Pemasaran Saat Covid, Butuh Teknologi AR dan VR

Begitu banyak bisnis yang mempromosikan produk atau layanan yang mereka tawarkan melalui teknologi AR dapat tetap inovatif di pasar, mendapatkan pelanggan baru dan setia, dan pada saat yang sama menghemat biaya karena tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menampilkan iklan di majalah atau papan iklan.

Tingkatkan Hubungan Emosional

Iklan AR juga memiliki dampak signifikan terhadap kedekatan hubungan antara produk atau layanan yang di tawarkan dengan pelanggan. Karena iklan AR bersifat interaktif, iklan tersebut memiliki kemampuan untuk menyampaikan bentuk sebenarnya dari produk kepada pelanggan, sehingga menciptakan hubungan antara pelanggan dan produk.

Melalui interaksi dengan iklan AR, pelanggan akan merasa lebih dekat dan lebih terhubung dengan produk, dimana ini mendorong mereka untuk mengambil keputusan cepat untuk melakukan pembelian. Seperti disebutkan di atas, bisnis dengan menawarkan cara inovatif untuk mempromosikan produk dapat memastikan terbangunnya reputasi baik merek Anda di pasar.

Kesimpulan

Iklan AR menawarkan pemasar peluang baru dan lebih efektif untuk menyampaikan penawaran dan pesan tentang produknya kepada pelanggan. Iklan AR juga memberikan kesempatan kepada pelanggan untuk mengeksplorasi produk secara detail, tidak seperti iklan tradisional yang hanya ditampilkan sebagai media cetak 2D statis di suatu media.

Iklan AR sangat bermanfaat bagi bisnis yang beroperasi di berbagai bidang, yang membantu mereka menghasilkan lebih banyak pendapatan dengan menarik lebih banyak pelanggan. Berkat sifatnya yang inovatif, iklan AR membangkitkan minat yang besar terhadap produk, menjadikannya sarana interaksi yang ideal antara konsumen dan merek.

Banyak bisnis telah menyadari potensi sebenarnya dari teknologi ini, dan berinvestasi besar-besaran dalam AR sebagai alat efektif yang membantu mengubah industri periklanan secara radikal dengan menghadirkan kampanye iklan yang cukup unik. Bagaimana dengan bisnis Anda, apakah sudah merangkul teknologi AR untuk periklanan dan pemasaran produk? Klik tombol di bawah ini untuk memulainya.


Virtual Reality menjadikan pelatihan lebih hemat biaya, efisien, dan tanpa risiko cidera

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !


Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami