Pandemi COVID-19 menyebabkan banyak industri menjadi kesulitan untuk bertahan, tidak terkecuali bioskop dan industri perfilman. Salah satu teknologi yang dapat membantu industri film bertahan di saat sekarang adalah virtual reality. Contoh film yang telah memanfaatkan VR adalah “Ready Player One” karya Steven Spielberg. Bagaimana cara film virtual reality 360 ini bisa menghidupkan aksi di layar?

Menggunakan Kamera VR 360°

Contohnya Trilogi Stars Wars yang kedua. Pada film A Star Wars Story, George Lucas menggunakan kamera virtual untuk membuat gerakan kamera lebih realistis selama pertempuran di luar angkasa. Hal itu membuat penonton merasa seolah-olah berada di dalam pesawat luar angkasa.

Film lainnya yang juga menggunakan VR adalah remake The Lion King. Untuk membuat aksi lebih realistis, singa di Afrika difilmkan dengan kamera virtual, dan gambarnya diproduksi ulang. Sutradara dan semua orang yang terlibat dalam pembuatan film itu mengenakan headset dan berjalan bersama singa untuk menghasilkan pengalaman yang realistis. 

Menjadikan Film Bisa Diakses Di Mana Saja

Karena orang mungkin enggan melakukan perjalanan ke bioskop, aplikasi film VR bisa membantu penonton menikmati konten favorit mereka. Streaming film VR sudah disediakan oleh industri hiburan, seperti Disney dan Netflix. Keduanya menawarkan berbagai pilihan film VR yang kompatibel dengan Oculus Rift, Steam dan Oculus Gear VR, dan banyak headset lainnya.

Baca juga: Strategi Promosi Film Efektif Melalui Augmented Reality

Animasi menjadi Lebih Hidup

Film Virtual Reality 360

Realitas virtual telah digunakan dalam film animasi seperti Lost yang dikembangkan oleh Oculus Story Studio. Melalui VR, penonton bisa merasa seperti sedang berinteraksi dengan Mickey Mouse atau karakter animasi lainnya. Seniman yang menciptakan karakter juga memperoleh keuntungan dari VR di bioskop ini. Selain karyanya menjadi lebih hidup, mereka akan lebih memahami apakah penonton akan menikmatinya atau tidak.

Promosi Film Lebih Menarik

Contoh dari hal ini adalah The Martian, yang merupakan film headset VR yang hebat karena memungkinkan orang untuk merasakan berada di Mars dalam realitas virtual. Tim promosi membuat permainan interaktif yang meminta pengguna memakai headset dan membawa mereka ke Mars.

Salah satu hal yang jelas dari berbagai contoh di atas adalah nilai tambah yang ditawarkan oleh realitas virtual dalam film kepada semua orang yang terlibat. Pembuat film yang merekam konten VR bisa lebih memahami reaksi penonton terhadap film saat dirilis. Akhirnya, orang-orang dapat menikmati film favorit mereka di mana saja berkat aplikasi bioskop VR. Tertarik membuat film Virtual Reality 360?

Virtual Reality berikan pengalaman lebih interaktif bagi penonton Anda

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

How can we help you ?