Dalam beberapa tahun terakhir, kita telah mendengar banyak hal tentang teknologi Augmented Reality (AR) sebagai teknologi yang sangat inovatif, yang kini telah diadopsi oleh banyak bisnis dari berbagai bidang, khususnya penerapan AR dalam dunia properti. Pemasaran real estate AR akan sangat berguna karena dapat memperkenalkan unit-unit properti Anda kepada end user dengan sangat mudah dan efektif, khususnya di masa pandemi saat ini.

Tren penerapan teknologi AR dan VR untuk bisnis terus berkembang karena kemampuannya dalam menghilangkan batasan antara dunia nyata dengan digital, sehingga melahirkan solusi yang efisien bagi bisnis. Mengingat potensi teknologi AR yang menjanjikan, banyak perusahaan dari berbagai industri mulai dari perawatan kesehatan, manufaktur, energi, dan termasuk real estate telah menjadikannya sebagai bagian dari proses operasional bisnis.

Dalam kasus pemasaran real estate AR, kini cukup mudah bagi pembeli untuk mengunjungi properti masa depan mereka walau terpisah jarak yang jauh dengan agen properti. Tidak hanya itu, AR memungkinkan desainer interior untuk menghadirkan dan mengubah model serta desain properti yang berbeda kepada pelanggan secara interaktif, dan menyajikannya persis seperti ketika unit tersebut dibangun dalam kehidupan nyata.

Teknologi AR dapat bermanfaat bagi pembeli dan agen properti secara bersamaan, sehingga merupakan teknologi terbaik yang bisa ditawarkan saat ini. Berikut ulasannya.

Visualisasi Properti yang Lebih Baik

Saat ini menemukan properti yang cocok sesuai dengan kebutuhan klien bisa jadi sangat sulit. Berkat teknologi AR, agen real estate dapat meyakinkan pembeli dengan memvisualisasikan dan menunjukkan seperti apa properti masa depan mereka. Hal ini memungkinkan agen real estate untuk membuka pasar baru, yaitu properti yang masih belum dibangun. Pada saat yang sama, persyaratan dan kepuasan klien dapat terpenuhi, yang mengarah pada kesepakatan pembelian dan terjadi ‘deal’. Bahkan desainer interior memiliki kesempatan untuk bermain dengan lebih banyak desain dengan menghadirkan model yang berbeda dan bagaimana interior properti akan terlihat kepada klien.

Tingkatkan Keterlibatan Pelanggan

AR mengambil peran penting sebagai jembatan antara agensi dan klien. Pelanggan dapat menjelajahi properti dari rumah mereka sendiri dengan mudah terlepas dari dimana mereka berada. Hal ini mengurangi kebutuhan perjalanan dan biaya tambahan dimana terkadang itu bisa menyebabkan calon pelanggan batal untuk melakukan pembelian.

Baca juga: Strategi Marketing Properti Cerdas Melalui Penerapan Teknologi Digital

Berkat bantuan jarak jauh AR, biro iklan dapat menawarkan layanan pelanggan tingkat tinggi secara waktu nyata. Agen real estate dapat memberikan jawaban yang diperlukan kepada klien dan di sisi lain, klien dapat memeriksa secara tepat dan detail properti yang memungkinkan untuk dibeli. Berkat anotasi AR, agen memiliki kesempatan untuk membuat catatan yang sesuai di lingkungan nyata dengan mematuhi permintaan perubahan yang ingin dibuat oleh klien. Semua ini menghasilkan hubungan antara klien dan agen yang lebih baik.

Membuka Peluang Pasar Baru

di tengah agen real estate yang masih mengandalkan media konvensional, penerapan AR masih terbilang sangat sedikit. Ini tentu membuka peluang pasar baru dengan menjangkau pasar yang belum banyak di sentuh oleh agen real estate lainnya. Seiring dengan berjalannya waktu, akan semakin banyak yang menyadari keunggulan teknologi ini, dan peluangnya pun akan semakin sedikit karena bertambah banyaknya kompetitor. Jadi pilihannya adalah sekarang, atau terlambat.

Kesimpulan

Di era saat ini yang segalanya sudah serba digital, masyarakat juga menuntut segalanya serba cepat dan efisien. Pemasaran real estate melalui AR dapat menjadi solusi dalam memenuhi kebutuhan pelanggan akan layanan properti yang cepat dan efisien. Melalui AR, pembeli dapat melakukan simulasi dalam mendekorasi rumah, apartment, atau ruang kantor yang akan dibeli, seperti penataan perabot furnitur dan dekorasi, memilih material material yang akan digunakan, dan juga menentukan warna pada setiap ruangan secara kompleks.


Pemasaran produk lebih powerful dan efektif melalui teknologi AR dan VR

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !


Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami