Kemajuan teknologi saat ini khususnya Augmented Reality akan semakin memudahkan pekerjaan manusia, termasuk juga dalam sebuah perusahaan. Manfaat AR untuk otomatisasi perkantoran juga kini sangat terasa, karena dapat membantu dalam memperlancar proses otomatisasi dalam bisnis. Otomatisasi dalam perusahaan bisa sangat membantu dalam menyelesaikan tugas karyawan dalam bidangnya masing-masing. Proses bisnis yang sudah menggunakan sistem otomatis yang diterapkan oleh perusahaan berdampak sangat baik bagi perkembangan perusahaan itu sendiri.

Hal ini dikarenakan otomasi memiliki potensi untuk merevolusi industri-industri penting di Indonesia. Inovasi-inovasi teknologi saat ini menawarkan peluang yang tepat bagi perusahaan-perusahaan agar tetap kompetitif di tengah meningkatnya biaya operasional dan pergeseran tuntutan ekonomi.

Memilih teknologi yang ideal sangat penting untuk perkembangan suatu perusahaan. Solusi otomasi yang fleksibel memang harus dipertimbangkan karena hal tersebut akan memungkinkan perusahaan untuk memenuhi perubahan kebutuhan pelanggan.

ar untuk otomatisasi perkantoran

Dengan menerapkan AR untuk otomatisasi perkantoran, Anda dapat melakukan konfigurasi ulang terhadap ruang kerja untuk keperluan produksi dan proses pekerjaan dengan mudah. Namun satu hal yang perlu diketahui, bahwa otomatisasi dalam sebuah perusahaan dapat menjadi sebuah masalah apabila tidak segera diatasi. Salah satunya adalah tergantikannya pekerjaan karyawan yang diakibatkan oleh sistem otomatisasi ini, sehingga terjadinya persinggungan antara kebutuhan perusahaan dengan kebutuhan lapangan pekerjaan.

Meskipun sistem otomatisasi sudah diterapkan pada sebuah perusahaan, namun tetap akan selalu membutuhkan tenaga manusia dalam menjalankannya, karena diperlukannya pengoptimalan produktivitas, meningkatkan kepuasan kerja dan menutupi kesenjangan keterampilan.

Di sinilah penerapan AR untuk otomatisasi perkantoran akan sangat dibutuhkan, karena dapat secara unik membantu memecahkan masalah di mana otomatisasi dan tenaga kerja bersinggungan.

Kenapa Penerapan AR Menjadi Solusi Untuk Permasalahan Otomatisasi Perkantoran?

Augmented Reality dapat membantu mempertahankan, dan bahkan bisa menciptakan lapangan kerja, yang tidak dapat diisi oleh otomatisasi. Pekerja kini memiliki kemampuan untuk memasangkan karakteristik manusiawi terhadap AI, seperti keterampilan berpikir kritis, dengan pengetahuan sesuai kebutuhan untuk melatih dan mendapatkan keahlian yang di inginkan, dengan sedikit atau tanpa pengalaman sebelumnya.

Dalam industri seperti manufaktur, kecepatan adalah segalanya. Ketika terjadi kesalahan, itu dapat berdampak buruk pada proses pekerjaan dan menghambat produktifitas. Kesalahan dan kegagalan perlu dipantau dan diperbaiki secepat mungkin.

Human error adalah semperempat dari seluruh kendala yang terjadi yang mengakibatkan hambatan dalam proses pekerjaan di bidang manufaktur, yang menelan biaya kerugian senilai triliunan dalam bisnis setiap tahunnya. Bagaimana cara meminimalkan kesalahan manusia? AI bisa menjadi salah satu solusi, karena dapat  lebih dini mengidentifikasi kegagalan peralatan dan kemudian secara otomatis memperbaikinya.

Augmented reality termasuk hal baru bagi manusia yang digunakan untuk memvisualisasikan dan berinteraksi dengan data dengan cara yang lebih intuitif dibanding sebelumnya.

Visual cortex memungkinkan seseorang untuk mengkonsumsi, memfilter, dan memproses sejumlah besar informasi tentang dunia nyata, dan memanfaatkan kekuatan ini untuk berinteraksi dengan kekuatan komputer adalah peluang yang luar biasa.

Baca juga: Kacamata Pintar AR Tingkatkan Kecepatan Kerja dan Produktifitas Dalam Industri Otomotif Hingga 75%

Dengan cara ini, kita dapat menggabungkan yang terbaik, kita dapat memanfaatkan kapasitas memori yang hampir tak terbatas dan sempurna dari daya komputasi jaringan, bersama dengan kekuatan pemrosesan yang luas dari sistem komputer tersebut,

Dengan begitu, kita dapat memanfaatkan kekuatan keduanya sekaligus mengatasi kelemahan keduanya. AI masih jauh dari kata kecerdasan sepenuhnya, dan robot juga masih belum begitu matang untuk menjalankan dan berinteraksi dengan dunia. Menambah manusia dengan data dan wawasan yang relevan secara kontekstual (dengan sistem IoT dan AI) dapat menjadi solusi yang sangat menguntungkan.

Dalam konteks perusahaan, AR dapat membantu pekerja mengurangi waktu henti dan mengumpulkan data, memperbaiki, atau melakukan perawatan pada mesin yang rumit secara lebih akurat. Pekerja yang mendapat bantuan AR di bidang manufaktur atau layanan lapangan dapat mengakses overlay digital kontekstual dan instruksi langkah demi langkah. Mereka dapat mengakses sesi dukungan yang direkam sebelumnya, lengkap dengan anotasi AR, untuk melihat bagaimana orang lain memecahkan masalah atau menyelesaikan tugas pada peralatan yang sama persis di tempat mereka bekerja.


Penerapan AR dalam pabrik tingkatkan produktifitas dan kecepatan kerja karyawan

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !


Dan pekerja bahkan dapat memulai sesi video langsung dengan dukungan teknologi AR dengan ahli teknis dari jarak jauh dan dapat melihat apa yang mereka lihat, serta membicarakannya langsung tanpa perlu adanya ahli teknis didekat pekerja, memasukkan instruksi AR yang dibuat sebelumnya pada pandangan dunia nyata pekerja bisa sangat membantu dalam menyelesaikan perkerjaannya.

Beberapa orang khawatir tentang kiamat sistem otomatisasi yang akan datang sebagai eliminasi pekerjaan utama, penerapan AR untuk otomatisasi perkantoran dapat menjadi solusi untuk membangun tenaga kerja yang lebih cerdas yang akan ada di samping alat otomatisasi seperti robot dan AI.

AR merupakan sebuah platform yang ideal untuk mentransfer dan mempertahankan keahlian dari para ahli kepada mereka yang mempelajari keterampilan baru, terlepas dari lokasi fisik.

AR juga dapat digunakan untuk menjembatani data perusahaan Anda dan karyawan Anda di dunia nyata, meningkatkan produktivitas dan meminimalkan waktu kerja. Dan, ketika pekerja lebih produktif dan lebih baik dalam pekerjaan mereka, kepuasan kerja secara keseluruhan meningkat, dan itu menjadi kepuasan dan kemenangan bagi semua orang yang terlibat di dalamnya.