Mozilla berencana untuk meluncurkan versi firefox browser yang mengusung platform Virtual Reality untuk web. Kembali ke tahun 2014, developer Mozilla termasuk Vladimir Vukicevic menyusun sebuah konsep yang disebut WebVR. Konsep ini memungkinkan penjelajah web untuk bernavigasi di alam virtual, dan mempermudah bagi kita untuk menciptakan dunia virtual ketika sudah bisa diterapkan di semua jenis perangkat. Pada akhirnya Vukicevic beralih ke Unity, dan browser Google Chrome mengalahkan Mozilla dengan dukungan WebVR. Edge milik Microsoft juga menambahkan dukungan WebVR pada bulan April dan mengungguli Firefox. Microsoft dan Google, keduanya menjual perangkat yang membuatmu bisa merasakan pengalaman Virtual Reality dan Augmented Reality, memiliki dukungan yang besar untuk membuat Virtual Reality menjadi nyata.

Dengan PC, banyak hal yang bisa dilakukan di web, dan banyak sekali aplikasi yang bisa dijalankan di ponsel, tetapi bagi VR untuk bisa terus bertahan, diperlukan juga banyak hal untuk dilakukan secara online dan virtual, maka dari itu WebVR merupakan bagian yang sangat penting bagi kita untuk terus menyediakan game, daya tarik turis, pelajaran pendidikan dan hal menarik lainnya untuk dilakukan di alam virtual.

Baca juga: Firefox Quantum Kini Telah Hadir Untuk Membuat Penjelajahan Webmu Semakin Cepat dan Nyaman

Untuk saat ini masih cukup sulit bagi kita untuk bisa menggunakan WebVR, Chrome hanya bisa mendukung pada perangkat android, dan pada Edge mengharuskan kita untuk setting browser pada mode developer jika ingin bisa menggunakan headset Windows Mixed Reality. WebVR juga sangat penting bagi Mozilla, organisasi nonprofit terus berjuang untuk bisa memperoleh kembali reputasinya setelah selama beberapa tahun kebelakang terus dibayang-bayangi oleh Chrome. Firefox 57 akan release pada tanggal 14 November dan merebut kembali kejayaannya sebagai web browser nomor satu di dunia, bisakah? Kita lihat saja nanti.