Di zama semuanya serba digital, penerapan media digital untuk pemasaran menjadi hal wajib saat ini. Menjadikan bisnis yang hanya mengandalkan media konvensional semakin tertinggal, khususnya di saat pandemi COVID-19 saat ini. Ini berlaku juga dalam pemasaran film. Strategi promosi film melalui teknologi Augmented Reality (AR) telah menjadi trend belakangan ini khususnya di Hollywood.

Seperti contohnya yang dilakukan saluran televisi berbayar HBO yang kembali merangkul teknologi AR untuk promosi His Dark Materials, serial originalnya yang populer. Sebelumnya, HBO juga pernah melakukan hal serupa untuk strategi promosi film Watchmen dengan menghadirkan hujan cumi-cumi melalui AR.

Setelah mengembangkan serangkaian pengalaman AR melalui Snapchat untuk mempromosikan Season 1 dari His Dark Materials, HBO telah meminta Yahoo untuk membuat kampanye AR berbasis web untuk musim kedua acara tersebut.

Untuk menikmati pengalaman AR berbasis web terbaru ini cukup mudah. Anda hanya perlu memindai kode QR di bawah ini (atau cukup klik tautan ini dari browser seluler Anda) untuk mengakses pengalaman, yang akan memunculkan Stelmaria sang macan tutul salju virtual, wujud daemon dari Lord Asriel Belacqua.

Setelah menempatkan kucing besar di lingkungan fisik Anda, Anda dapat mengambil foto daemon untuk dibagikan dengan orang lain. Selain itu, dengan mengetuk tombol “unduh”, maka akan menghubungkan Anda ke halaman resmi acara untuk HBO Max.

Untuk pengguna iPhone, aplikasi My Daemon dari HBO ini menawarkan pengalaman AR yang lebih kuat. Di sana, Anda dapat memilih dari berbagai sahabat hewan, yang dapat Anda lihat dan berinteraksi melalui AR yang dapat disesuaikan berdasarkan kepribadian Anda. Aplikasi ini mengikuti alur permainan gaya Tamagotchi, di mana Anda bertugas untuk membesarkan dan mengasuh rekan hewan Anda melalui aktivitas fisik dan pencarian dunia nyata.

Baca juga: MonsterAR Hidupkan Wahana di Trans Studio Cibubur

Tidak hanya untuk serial His Dark Materials saja. HBO telah menerapkan strategi promosi film melalui AR untuk film lainnya mulai dari Watchmen, Westworld, hingga Game of Thrones.

Di masa sekarang ini, ‘jual pengalaman’ adalah strategi jitu untuk marketing. Sehingga teknologi AR menjadi media sempurna untuk promosi film, dimana pengguna dapat berinteraksi dengan tokoh di dalam serial atau film yang di promosikan, menjadikan interaksi antara audiens dengan tokoh menjadi lebih dekat dan kuat.


Augmented Reality media promosi interaktif, efektif, dan hemat biaya

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !