Ketika pasar edtech meledak, perusahaan dan startup yang sudah mapan berusaha menjadi yang pertama untuk mengambil keuntungan dari “hal besar berikutnya.” Bagi banyak orang, itu berarti memasuki pasar Virtual Reality, atau lebih khusus lagi menciptakan materi pembelajaran melalui media game Virtual Reality. Karena itu, banyak perusahaan dan startup yang mengembangkan game VR edukasi, dimana sekolah dan masyarakat dapat memutuskan produk apa yang akan mereka gunakan? Ini mungkin tampak seperti pilihan sederhana, tetapi membuat keputusan yang salah dapat menyebabkan Anda kehilangan banyak uang yang diperoleh dengan susah payah, dan menghambat pertumbuhan dan perkembangan intelektual pengguna. Seperti yang Anda lihat, taruhannya sangat tinggi, dan margin untuk kesalahan sangat kecil.

Karena kami telah menangani pasar ini selama beberapa tahun, kami telah memprediksi game virtual reality terbaik untuk Anda. Itu sebabnya kami memutuskan untuk membuat daftar game VR edukasi terbaik sehingga Anda dapat membuat keputusan yang tepat. Game yang kami pilih memiliki fitur gratis atau berbiaya rendah, dan kami mencoba menjauhi opsi yang lebih mahal kecuali proposisi nilainya sepadan dengan label harganya yang tinggi. Tanpa basa-basi lagi, inilah daftar game VR edukasi terbaik di pasaran saat ini.

1. Star Chart

edukasi bintang vr

Dengan lebih dari 15 juta pengguna, aplikasi ini membawa alam semesta sedikit lebih dekat. Siswa dapat belajar tentang rasi bintang dengan mengarahkan ponsel mereka ke langit malam. Ada fitur tambahan yang memungkinkan siswa berinteraksi dengan fakta tentang planet dan penemuan ruang.

2. Google Translate

google translate monsterar

Sementara Google Translate konvensional mungkin tidak terdengar seperti aplikasi VR, dengan fitur kamera barunya, siswa dapat menerjemahkan 30 bahasa dengan mengarahkan kamera mereka pada text yang ingin di terjemahkan secara real time. Fitur tambahan ini sangat bermanfaat untuk siswa jurusan Bahasa.

3. Apollo 11 VR

game edukasi vr

Jadilah bagian dari salah satu ekspedisi ruang angkasa yang paling signifikan. Dengan teknologi VR, siswa dapat menikmati dan mempelajari ruang angkasa melalui aplikasi bergaya dokumenter ini. Aplikasi pemenang penghargaan ini mendorong kemungkinan VR sebagai alat pendidikan yang sangat canggih.

4. Sites in VR

vr situs kuno

Menjelajahi landmark terkenal dan semua kemegahannya kini menjadi lebih mudah, dan bisa kita nikmati tanpa harus datang ke lokasi. Aplikasi ini berisi beberapa landmark dunia seperti bangunan- bangunan Islam, makam, dan kota-kota kuno, dan memungkinkan bagi para siswa untuk dapat melihat situs-situs yang sebelumnya sulit diakses di kehidupan nyata.

5. Cleanopolis

game vr edukasi

Memerangi perubahan iklim menjadi interaktif dengan aplikasi ini. Siswa belajar tentang CO2 dan bertempur bersama dengan Captain Clean untuk menyelamatkan dunia. Tidak hanya permainan yang menyenangkan tetapi kualitas pendidikan akan membuatnya menonjol dan bermanfaat di kelas sains apa pun.

6. Boulevard

boulevard vr

Kelas seni kini dapat dilengkapi dengan kunjungan ke beberapa museum seni terbaik dunia. Siswa dapat mengunjungi enam museum seni, berinteraksi dengan karya seni terkenal dan belajar tentang seni, semua berkat kemajuan teknologi VR.

7. Public Speaking VR

latihan pidato vr

Aplikasi ini melatih keterampilan berbicara di depan umum dengan pengalaman VR yang mendalam. Dengan lingkungan fotorealistik, siswa dapat mempersiapkan wawancara kerja maupun presentasi kelas.

8. Earth AR

globe vr

Earth AR membantu melihat bola dunia dari sudut baru yang tak terlihat. Dengan pendeteksi gerak dan kemampuan zoom, membuat geografi lebih interaktif.

9. Imag-n-o-tron

buku cerita ar

Cerita di halaman buku menjadi nyata dengan Imag-n-o-tron. Konten yang dapat diunduh membuat aplikasi ini cocok untuk segala usia. Aplikasi ini meningkatkan kemampuan membaca sambil terlibat dengan gambar interaktif yang menjadikan dunia VR sebagai ruang Pendidikan.

10. InMind

sistem jaringan tubuh

Sebuah aplikasi yang menampilkan neuron dan jaringan otak secara realistis. Anda dapat mempelajari tentang anatomi neuron dan jaringan otak secara Virtual Reality dengan aplikasi luar biasa ini.

11. TiltBrush

karya seni vr

Membuat lukisan 3D adalah impian setiap seniman, dan sekarang dengan TiltBrush, impian tersebut akan menjadi kenyataan. Melukis dilakukan dengan menggunakan “kuas cat” genggam, dan kemungkinan kreasi akan menjadi sangat luas dan menginspirasi bagi setiap siswa kreatif.

12. Anatomy 4D

belajar anatomi vr

Anatomy 4D dapat membantumu dalam mempelajari anatomi tubuh manusia dengan gambar yang jelas dan lebih hidup. Ideal bagi siswa biologi atau siapa pun yang tertarik untuk mempelajari sistem dalam tubuh.

13. EON Experience

aplikasi pendidikan vr

Aplikasi VR ini merangkum semua pelajaran mulai dari fisika hingga sejarah. Siswa atau guru dapat membuat materi pelajaran berbasis VR dari konten yang sebelumnya telah dimuat.

14. Discovery VR

discovery channel vr

Discovery VR berisikan seluruh konten dari Discovery TV channel. Melalui aplikasi VR ini siswa dapat menjelajahi alam yang eksotis dengan pengalaman VR yang sangat imersif.

15. Flashcards Animal Alphabet

kartu alfabet vr

Aplikasi ini dibuat bagi anak-anak yang masih belajar membaca, permainan kartu flash imersif ini mengajarkan kata-kata pada siswa sambil menampilkan berbagai hewan warna -warni untuk membuatnya lebih menarik.


Perkembangan teknologi mendorong peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !