ARKit dan ARCore menjadi jembatan teknologi untuk mewujudkan teknologi Augmented Reality menjadi kian menarik dan canggih. 

Meskipun dua framework tersebut berasal dari dua raksasa teknologi yakni Apple dan Google, namun nyatanya para pengembang merasa tertolong dan tidak ada rasa persaingan yang ketat diantara keduanya.

ARKit  dapat beroperasi dan kompatibel dengan perangkat iPhone dan iPad yang menjalankan sistem operasi iOS 11 dan di atasnya. Sedangkan ARCore dari Google dapat berjalan di sistem operasi Android 7.0 dan di atasnya. Jadi tak perlu khawatir, bagi handphone Anda yang berada di sistem tersebut, Anda dapat mengunduh aplikasi-aplikasi AR dari Play Store dan App Store. 

ARCore adalah Software Development Kit (SDK) yang diperuntukkan untuk sistem operasi Android dan iOS. Pertama kali dirilis pada bulan Maret 2018. Sebelumnya Google juga pernah merilis Tango pada tahun 2014 yang pernah digadang-gadang dapat seterkenal GPS (Aplikasi milik Google bersenjatakan sensor dan kamera motion-tracking). Tetapi ketika Apple merilis ARKit, pihak Google kemudian berubah pikiran, karena takut bersaing secara head to head.

Sumber: YouTube/Unity

ARKit sendiri merupakan framework dari Apple di sistem operasi iOS 11 yang diperuntukkan bagi para pengembang atau developer aplikasi untuk membuat konten Augmented Reality (AR) menjadi lebih mudah dan cepat. Pengaplikasian ARKit ini sendiri beberapa di antaranya adalah untuk membuat aplikasi dan games berbasis Augmented Reality yang memang sedang sangat dibutuhkan akhir-akhir ini.

Unity sebagai salah satu software engine yang dapat membuat dan mengembangkan game berbasis Augmented Reality (AR)dan Virtual Reality (VR) turut gembira mendengar kabar akan keberadaan ARKit dan juga ARCore yang memberikan sinyal kuat akan penguatan sistem yang mereka kembangkan. 

Bagi Unity sendiri sempat berjanji, seperangkat APInya yang terbaru akan mempermudah pengembang untuk mempublikasikan aplikasi yang mendukung ARKit dan ARCore. 

AR Foundation memungkinkan para pengembang aplikasi dan game untuk memanfaatkan fitur-fitur umum yang terdapat di dalamnya, seperti plane detection dan world tracking, yang dapat ditemukan di toolkit AR mobile. 

Baca Juga: Metaverse Crypto Adalah Alat Transaksi di Dunia Virtual, Kenali Karakteristiknya

ARKit dan ARCore
illustrasi (Image: Getty Images)

Hal tersebut hanya tersedia untuk Unity versi 2018.1 ke atas. AR Foundation sendiri adalah sebuah package yang terdapat di dalam software Unity 3D untuk lebih memudahkan para pengembang membangun sebuah aplikasi AR. Seringkali disebut sebagai Package Manager Unity, istilah lengkapnya.

“Unity selalu menjadi yang terdepan dalam pengembangan AR handheld, dan sejak awal kami memang telah mendukung ARCore dan ARKit” terang Bradley Weiers, Manajer Teknik & Produk AR/VR, dan Michael Durand, pimpinan Software Engineer AR/VR, pada postingan blog Unity

“Tetapi dengan AR Foundation dan arsitektur perangkat lunak yang dimilikinya, kini kami dapat menyediakan kepada pengembang sebuah API umum yang dapat mendukung fungsi inti untuk ARKit dan ARCore, dan platform di masa depan.” tambah Bradley.

Fungsi AR untuk saat ini didukung oleh AR Foundation, mencakup surface plane detection, depth data point clouds, device position dan orientation tracking, content scaling utilities, raycasting terhadap plane dan depth data, reference points untuk anchoring virtual objects, pass-through rendering, dan average color temperature dan brightness estimates.

Unity telah berencana untuk terus menambahkan fungsi baru, sejalan dengan yang baru-baru ini diumumkan oleh Google dan Apple. Unity telah memulai debut aspirasinya untuk kompatibilitas lintas platform melalui API Interface eksperimental di event teknologi Unite Austin 2017.

ARKit dan ARCore
CEO Apple, Tim Cook (kiri) & CEO Google, Sundar Pichai (kanan) (Image: Getty Images)

“Kami optimis tentang masa depan AR Hendheld dan Wearable AR dan akan terus berinvestasi dalam dukungan platform dan alat pengembang seiring berkembangnya teknologi dan tumbuhnya pasar untuk AR” terang Weiers and Durand.

Contoh proyek bagi para pengembang aplikasi dan game yang ingin memulai, dapat diakses di Github.

Dengan beberapa kesamaan yang dibangun antara ARKit dan ARCore, para pengembang aplikasi sekarang dapat lebih mudah meluncurkan aplikasi dengan kemampuan AR di iOS dan Android secara bersamaan.

AR Foundation memungkinkan dengan mudah bagi pengembang untuk mendukung kedua platform dan, mengingat keunggulan Unity dalam pengembangan AR, mudah-mudahan akan menutup kesenjangan antara pembaruan aplikasi platform-eksklusif dan peluncuran.

Persaingan dua raksasa teknologi di bidang aplikasi pun tidak akan secara terbuka di kancah dunia, bahkan kemungkinan keduanya menjadi partner pun terbuka secara lebar, hanya karena disatukan oleh satu teknologi yang bernama AR dan VR. Kita lihat saja ke depannya.

AR/VR Tingkatkan Produktifitas, Kecepatan Kerja dan Omzet Bisnis Anda
Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

How can we help you ?