Non-Fungible Tokens (NFT) sekarang begitu populer bagi pengguna teknologi blockchain. Cara membuat NFT pun ternyata tidak sesulit yang dibayangkan dengan imbalan yang menggiurkan terutama bagi seniman dan kreator.

Dalam Bahasa Indonesia, non-fungible tokens berarti tanda yang tidak sepadan. Wajar disebut demikian sebab dalam dunia blockchain, setiap NFT sendiri unik, yang tidak bisa ditukar dengan yang lainnya. Cara kerja NFT dalam blockchain merupakan sertifikat validitas dari sebuah blockchain, yang membuatnya bisa dilacak dan tersedia untuk semua guna menentukan kepemilikan.

NFT bisa disebut seperti mata uang virtual yang dapat berupa lukisan, film, musik atau produk digital lainnya. Hampir semua jenis karya seni digital dan dokumen bisa diubah menjadi NFT.

NFT kini populer sebab membantu kreator melakukan transaksi jual beli pada platform tertentu dan menyadari harganya yang tinggi dalam mata uang sesungguhnya. Sejak 2020, beberapa NFT memperoleh nilai astronomi berdasarkan banyak faktor, seperti kelangkaan, jumlah pengikut kreator, keunikan, kegunaan, dan likuiditas premium.

Cara Membuat NFT

NFT tidak dibuat. Lebih tepatnya, dalam terminology blockchain, NFT dicetak. Biasanya, NFT dicetak dalam platform yang turut memfasilitasi perdagangan NFT tersebut. Platform ini juga disebut sebagai pasar NFT. Di India, beberapa pasar NFT yang terkenal adalah NFTically dan WazirX NFT.

Di tatanan global, platform, seperti OpenSea dan Rarible adalah contoh pasar NFT terbesar. Belakangan ini, hampir setiap pertukaran kripto menyediakan pasar NFT terpisah di aplikasi dan website mereka.

Saat Anda mencetak NFT dalam pasar, Anda akan memperoleh peluang menjual atau menunjukkannya ke pengunjung. Pasar NFT mempersilahkan pengguna mengubah benda digital mereka menjadi NFT hanya dalam hitungan menit. Mencetak sebuah NFT pada dasarnya berarti mengubah file digital menjadi blockchain yang berbasis NFT.

Berikut langkah dalam rangkaian cara membuat NFT:

Baca juga: Metaverse dan NFT: Peluang Bisnis, Manfaat, dan Cara Kerjanya

1. Membuat dompet kripto

Sebelum mencetak NFT, pengguna pertama-tama diwajibkan untuk membuat dompet kripto. Saat ini, MetaMask merupakan salah satu dompet kripto terpopuler yang sesuai dengan Ethereum Blockchain. Terdapat jenis dompet lainnya yang cocok dengan blockchain yang lain, seperti Polygon (MATIC) dan Solana (SOL).

2. Memilih pasar NFT

Anda perlu memilih pasar NFT dimana nantinya Anda ingin mencetak NFT. Pasar NFT, seperti NFTically, Foundation, MakersPlace dan Mineable memungkinkan pengguna menciptakan pasar NFT mereka sendiri. Baru-baru ini, WazirX NFT turut memperkenalkan “Nano NFT” dimana pengguna bisa menciptakan koleksi NFT dengan harga yang jauh lebih murah. Meski demikian, “Nano NFT” belakangan menjadi fitur undangan pada WazirX NFT.

3. Mencetak NFT

Setiap pasar NFT menyediakan panduan langkah demi langkah cara membuat NFT. Umumnya, Anda perlu mengklik tombol “Create” atau “Buat” pada pasar NFT, memilih file digital yang Anda ingin cetak menjadi NFT, dan mengunggahnya. Di sini, platform menawarkan pilihan membuat NFT tunggal (BEP-721) atau serangkaian/koleksi (BEP-1155).

BEP-721 dan BEP-1155 merupakan protokol blockchain untuk mencetak NFT. Setelah memilih file digitalnya, Anda perlu membayar sejumlah biaya tertentu (dalam kripto) sebagai biaya gas dari dompet kripto dan menyelesaikan proses pencetakannya.

Biaya NFT

Untuk mencetak satu NFT, Anda perlu membayar sejumlah uang sebagai biaya gas, yang umum dalam semua transaksi kripto. Ada pula biaya lain untuk diberikan ke pengelola pasar NFT.

NFT menawarkan beberapa cara untuk memperoleh uang. Contohnya adalah menyewakan NFT, mendapatkan royalti dari NFT, mempertaruhkan NFT, dan menjual NFT dengan harga tinggi. Akan tetapi, pakar menyarankan sebaiknya Anda hanya membeli NFT yang mempunyai nilai yang melekat agar harganya tidak turun dengan cepat.

Demikianlah cara membuat NFT untuk pemula. Semoga bermanfaat.


Metaverse & NFT, industri senilai triliunan dollar dengan peluang keuntungan tak terbatas

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !


Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami