Harga Virtual Reality (VR) headset bersaing ketat di pasaran. Pasalnya harga yang ditawarkan, sepadan dengan fitur dan pengalaman yang didapatkan. Bagi Anda yang sedang mencari VR headset untuk pengalaman masuk ke dunia virtual reality, tentu saja tak ingin merasa rugi saat produk VR headset yang Anda beli ternyata tidak sesuai dengan harga yang dijual.

Seiring berkembangnya teknologi mutakhir virtual reality yang dapat menampilkan dunia virtual dengan tampilan 3D sehingga menghasilkan efek imersif yang memanjakan mata penggunanya. Tak hanya teknologi yang menampilkan VR saja, namun beberapa kebutuhan lain dalam bidang hiburan seperti game dan film yang berbasis VR pun membutuhkan perangkat VR headset unik ini. Hal ini supaya konten yang dihasilkan saat Anda menikmatinya dapat ditampilkan secara nyata. 

Sebenarnya, mahal atau murahnya harga sebuah virtual reality headset tergantung pada banyak hal. Elemen, seperti mutu konten, grafis dan mudahnya pemakaian, sama-sama menyumbang terhadap harga akhir bagi konsumen.

Berikut ini adalah 5  Contoh Harga virtual reality headset yang dapat Anda jadikan referensi sebagai gear khusus saat menikmati tayangan virtual reality baik game maupun hiburan lainnya.

5 Harga Virtual Reality

1. Sony PlayStation VR

Di Indonesia, harga Sony PlayStation VR berkisar antara Rp5,8 jutaan setelah sempat mencapai Rp6,7 dan Rp7,4 jutaan. Diluncurkan pada tahun 2016 yang lalu. Sony memproduksi PlayStation VR sebagai aksesoris pendamping game konsol PlayStation (PS4).

Headset Sony PlayStation versi VR (CUH-ZVR1 series) telah diperkenalkan di Indonesia dengan tambahan acara demo selama enam hari di kota Jakarta. Penjualan headset ini, secara keseluruhan tergolong laris dengan hampir melampaui 1 juta unit setelah lima bulan dari peluncurannya.

Yang membuat VR headset ini laris adalah karena terdapat buku manual yang memudahkan pemakaian dan pengoperasiannya. Pihak Sony pun turut menyematkan fitur-fitur penting seperti cinematic mode, 3D audio processing, dan social screen (mirroring mode, separate mode).

2. HTC Vive

harga virtual reality

Harga virtual reality HTC Vive headset tergolong mahal, yakni sekitar Rp15 juta. Hal ini disebabkan karena headset hanya dapat digunakan pada desktop saja dan virtual headset ini sudah sesuai dengan game yang memiliki kapasitas RAM yang besar. Bukan hanya pemakaian headset ini yang lebih luas, ia juga menawarkan 70 sensor dan head-tracking hingga 360 derajat. Sehingga, pengguna dapat berjalan mundur dan maju seperti dalam kehidupan nyata.

Apabila ingin menggunakannya, sediakan kabel HDMI layaknya ketika ingin mengoperasikan Oculus Rift. Sebelumnya, pastikan PC setidaknya mempunyai spesifikasi prosesor setara dengan Intel i5-4690 atau AMD FX9350. Untuk kartu grafis, pastikan minimal setara dengan Nvidia Geforce GTX970/AMD Radeon R9 290 dengan kapasitas RAM setidaknya 4 GB.

3. Oculus

Baca juga: Virtual Reality Jakarta dan Peluang Bisnisnya yang Menguntungkan

Dari sekian virtual reality headset yang ada, mungkin headset VR ini yang paling populer di kalangan masyarakat awam. Oculus Rift sendiri, tidak tersedia banyak di pasaran meski brand Oculus begitu dikenal masyarakat luas. Harga virtual reality Oculus Rift  dibanderol sekitar Rp12 jutaan.

Untuk menggunakannya, spesifikasi PC pengguna haruslah tinggi. Perangkat Anda minimal harus mempunyai sistem operasi Windows 7 (64-bit), prosesor core i5-4590 3.3 GHz atau FX-8350, RAM 8 GB, Video Card GeForce GTX 970 4GB atau Radeon R9 290, dan HDMI 1.3 video output 297 MHz clock. 

Namun berita baiknya, oculus rift telah memiliki generasi penerus yang bernama Oculus Quest, yang kini telah merilis seri keduanya. Baik Oculus Quest 1 dan Oculus Quest 2, memiliki harga yang cukup terjangkau dibandingkan dengan Oculus Rift, yakni kisaran 5 jutaan untuk pasar di Indonesia.

4. Google Daydream View

Di Indonesia, harga virtual reality Google Daydream View tergolong cukup murah, yakni sekitar Rp2 jutaan. Tetapi harga ini sendiri, sebenarnya jauh lebih mahal dari harga aslinya, yaitu Rp1 jutaan.

Meskipun demikian, sayangnya headset ini hanya dapat dimainkan pada beberapa jenis dan merk smartphone saja, seperti Google Pixel, beberapa seri Motorola, Samsung Galaxy S8, Galaxy S8 Plus, dan LG V30. 

Karena harga yang relatif rendah dibandingkan tiga headset lainnya di atas, Google Daydream View menawarkan fitur-fitur mutu yang premium. Bahkan konten game di dalamnya begitu imersif sehingga pengguna dapat benar-benar sulit membedakan antara dunia nyata dan dunia maya.

Virtual reality headset ini memang paling pas untuk mengoptimalkan pengalaman menikmati hiburan dan pertandingan olahraga dalam dimensi panorama 360 derajat. Terlebih, pengguna dapat leluasa memakainya sebab dimensi ukurannya yang tergolong mungil dan ringan, hanya berukuran 17 x 11 x 10 cm dan 522 gram saja.

5. Samsung Gear VR

Pengguna smartphone Samsung tipe tertentu  kini dapat merasakan pengalaman memakai Samsung Gear VR. Virtual reality headset ini dibanderol dengan harga Rp1,7 jutaan dan telah menyematkan fitur-fitur menarik seperti 12 fitur pengontrolan baru untuk memperoleh konten VR 3D yang jauh lebih nyata.

Pengguna dapat merasakan pengalaman memakai headset dengan sudut pandang 101 derajat dan layar gelap sehingga mata terlindungi dari silau dan pantulan.

Tidak hanya itu, teknologi VR pada headset ini ternyata sanggup membantu penderita fobia lepas dari ketakutan atau masalah mereka. Dengan pengalaman nyata yang dihadirkan, mereka akan memandang objek yang ditakuti sebagai hal nyata dan justru akan berusaha menghadapinya. Pastikan saat proses terapi ini, pengguna didampingi oleh psikolog agar saat panik, ia bisa segera ditenangkan.

Kesimpulan

Nah, bagaimana apakah Anda sudah memiliki gambaran hendak membeli virtual reality headset apa yang hendak Anda beli? 5 virtual reality headset di atas beserta harga yang dicantumkan kiranya dapat menjadi referensi Anda di dalam kebimbangan ketika hendak membeli headset apa yang ingin digunakan untuk menikmati sajian entertainment dan suguhan teknologi lainnya yang berbasis virtual reality. 

Masing-masing produsen telah menanamkan fitur-fitur baik kelengkapan dan manfaat yang fungsional dengan performa dan harga yang beragam. Meskipun modelnya terlihat hampir sama, tetapi sebenarnya tiap-tiap headset tersebut memiliki periferal yang berbeda-beda. Kiranya Anda dapat mulai membeli VR headset dengan harga yang terjangkau terlebih dahulu. 

Tetapi jika ingin merasakan langsung sensasi VR headset kelas atas, Anda hanya perlu menyiapkan bujet yang lebih besar. Kembali lagi bahwa, mempertimbangkan hal-hal yang telah dipaparkan di atas sebelum membeli VR headset merupakan suatu keharusan sebelum memutuskan untuk melakukan pembelian.

Virtual Reality menjadikan pelatihan lebih hemat biaya, efisien, dan tanpa risiko cidera

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

How can we help you ?