Universitas metaverse seperti apa sih maksudnya? Nah, mungkin Anda tahu bahwa metaverse merupakan dunia virtual yang menjadi replika dari kenyataan. Yang mana di dalamnya juga sama-sama terdapat aktivitas.

Namun sebenarnya aktivitas di dalam metaverse itu sendiri terhubung dengan dunia nyata. Misalnya dunia pendidikan yang baru-baru ini ada kabar bahwa akan muncul kampus metaverse.

Nah, kampus-kampus metaverse itu nanti juga berkaitan dengan universitas aslinya namun lebih ke berbasis virtual. Program tersebut merupakan kerjasama dari pengembang proyek metaverse dengan spesialis pendidikan VR.

Lantas apa saja universitas yang dikabarkan akan buka di dalam dunia metaverse? Jawabannya ada di dalam ulasan berikut ini, yuk simak informasi selengkapnya.

Universitas Metaverse Akan Segera Hadir

Sebuah perusahaan teknologi VR mengumumkan bahwa pihaknya bekerjasama dengan spesialis pendidikan VR VictoryXR. Tidak lain tujuannya adalah untuk merilis sebanyak 10 Universitas Virtual di dalam metaverse yang disebut dengan Metaversities.

Kabarnya perilisan tersebut akan menyeluruh di Amerika Serikat pada musim gugur tahun ini. Yang mana proyek tersebut mendapatkan support dana dari Meta Inc. Tujuan dari program tersebut adalah untuk membantu memberikan dukungan kepada generasi para pembuat konten metaverse ke depannya.

Nantinya para murid yang ikut berpartisipasi di dalamnya akan mendapatkan headset Meta Quest 2. Perangkat tersebut dapat bermanfaat untuk mengakses universitasnya masing-masing.

Konsepnya sama dengan yang ada di dunia nyata. Murid akan melakukan interaksi di dalam kelas atau kelompok kecil untuk melakukan pengerjaan proyeknya. Tentunya tanpa perlu khawatir dengan jarak fisik di dalam dunia nyata.

Menilik dari kabar tersebut, ada beberapa daftar universitas yang dipastikan akan mengikuti proyek tersebut. Beberapa diantaranya termasuk sekolah veteran dan 6 lainnya adalah Metaversities yang baru. 

Baca juga: Teknologi Pendidikan dan Cara Pengajaran Terbaik untuk Anak Indonesia

Sebenarnya ada 10 daftar universitas, namun masih diumumkan sebanyak 7. Sisanya akan diumumkan dalam waktu dekat.

  1. New Mexico State University;
  2. Morehouse College;
  3. Shouthwestern Oregon Community College;
  4. Shouth Dakota State University;
  5. University of Kansas School of Nursing;
  6. University of Maryland Global Campus;
  7. West Virginia University.

Saat ini pembelajaran jarak jauh mungkin sedang dikembangkan. Proyek universitas virtual ini merupakan inovasi dari pengembangan pembelajaran jarak jauh yang sudah sempat terjadi di seluruh dunia.

Metaverse membantu mengatasi kendala-kendala yang dialami masyarakat saat menjalani proses pembelajaran jarak jauh selama masa pandemi beberapa waktu lalu.

Jadi, saat ini teknologi VR bukan hanya sebatas untuk hiburan saja. Namun juga bermanfaat dalam berbagai bidang. Salah satunya adalah pendidikan yang bermanfaat untuk peningkatan sumber daya manusia.

Apabila proyek universitas metaverse berhasil, mungkin ke depannya akan menjadi cukup potensial dan membuka lapangan pekerjaan baru di dunia ini. Tidak menutup kemungkinan metaverse juga akan banyak mengubah perilaku masyarakat di dunia.

Metaverse & NFT Indonesia, industri senilai triliunan dollar dengan peluang keuntungan tak terbatas

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

How can we help you ?