Teknologi HUD (Holographic Head-up Display) sangat menarik perhatian karena kemampuannya untuk menampilkan data secara langsung di bidang penglihatan penggunanya. Teknologi ini biasanya digunakan dalam dunia penerbangan dan militer, namun kehadiran Augmented Reality (AR) memungkinkan teknologi HUD untuk di terapkan dalam jenis otomotif lainnya termasuk kaca depan mobil.

Terobosan teknologi HUD ini diprakarsai oleh sebuah startup teknologi yang berbasis di Inggris, dan di dukung oleh pendanaan dari sejumlah raksasa otomotif termasuk Hyundai Mobis, General Motors, hingga SAIC Capital.

Sebenarnya BMW sudah lebih dulu merangkul teknologi HUD yang dapat menampilkan hal-hal seperti kecepatan dan arah di kaca depan mobil. Namun, sebagian besar sistem HUD modern menawarkan fungsionalitas grafis yang cukup mendasar dengan bidang pandang (FOV) terbatas yang menempatkan gambar di dekat bagian depan mobil, dengan data terbatas yaitu sekedar menampilkan data tambahan yang memang sudah tersedia di dalam kendaraan dan menampilkannya kembali di kaca depan mobil.

Image source: envisich

Dengan HUD berkemampuan AR, mobil Anda dapat menampilkan grafik yang berinteraksi dengan objek dunia nyata serta memanfaatkan data sensor kendaraan secara optimal. Yang berarti, sistem bantuan pengemudi mobil dapat merespon lebih cepat melampaui peringatan suara dan lampu kedip untuk menyorot potensi bahaya di jalan melalui kaca depan, atau menampilkan animasi panah navigasi untuk memberi tahukan ketika harus berbelok.

Penerapan Augmented Reality untuk teknologi HUD generasi berikutnya ini di targetkan bisa sempurna dan siap meluncur di pasar pada tahun 2023. Berbeda dengan versi pertama yang muncul di kendaraan Land Rover Jaguar, teknologi HUD bertenaga AR ini menjanjikan untuk meningkatkan pengalaman secara menyeluruh bagi pengemudinya, mencakup tampilan AR tiga jalur pada jalan raya dengan jarak pandang hingga 100 meter ke depan.

Pasar HUD global mencapai $ 930 juta pada tahun 2019, meskipun ini diperkirakan akan meningkat menjadi hampir $ 2,5 miliar pada tahun 2026, karena lebih banyak produsen yang mengadopsi teknologi HUD dan di dukung faktor penurunan biaya instalasi. Selain itu, semakin banyak orang yang menyadari manfaat yang diberikan oleh tampilan holografik, dengan navigasi yang diproyeksikan ke bidang pandang yang dapat memberikan peringatan keselamatan langsung kepada pengemudi.

Baca juga: Augmented Reality Permudah dan Tingkatkan Kecepatan Kerja Jasa Kurir

Mercedes-Benz juga baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka akan menjadi produsen mobil pertama yang menampilkan teknologi AR HUD dalam produksi kendaraannya, yang dimulai dengan S-Class 2021 nya. Ini menandakan awal revolusi besar dalam penerapan teknologi HUD dengan dukungan AR.

Hyundai Mobis telah mengonfirmasi akan bersama-sama mengembangkan “autonomous driving-specialized AR HUDs”, dan berencana untuk memasuki produksi massal pada tahun 2025.

Awal tahun ini, Cadillac GM juga memperkenalkan produk mobil barunya dengan nama Lyriq, yang menggunakan HUD dua panel yang mampu menampilkan dua gambar pada kedalaman yang berbeda pada waktu yang bersamaan. Mobil tersebut diperkirakan baru akan dipasarkan pada tahun 2023.


Augmented Reality tingkatkan efektifitas dan kecepatan kerja team

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !


Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami