Tidak bisa sembarangan dalam melakukan pelatihan kedokteran terutama pelatihan bedah, karena menyangkut keselamatan jiwa pasiennya. Dibutuhkan pelatihan yang serius dan dibawah pengawasan instruktur ahli bedah dengan pengalaman bertahun-tahun. Penerapan teknologi Virtual Reality (VR) untuk pelatihan bedah bisa menjadi solusi media pelatihan modern tempat bertemunya instruktur dan para siswanya dalam lingkungan virtual yang imersif.

Terutama di masa pandemi COVID-19 saat ini yang memaksa seluruh sektor pendidikan untuk memikirkan kembali alternatif prosedur pelatihan secara langsung, platform pelatihan berbasis teknologi VR dapat memberikan cara baru bagi mahasiswa untuk mendapatkan pembelajaran langsung, dimana mereka dapat berlatih secara mandiri menggunakan pasien virtual tanpa risiko apapun walau gagal berulang kali.

COVID-19 telah menjadi tantangan besar di bidang medis dalam hal pelatihan bedah. Dalam banyak kasus, hal ini telah mengganggu program pelatihan tradisional, yang selalu mengandalkan lingkungan kelas tatap muka yang sebenarnya. Zoom dan konferensi Skype memang menyediakan lingkungan belajar alternatif, tetapi terbatas. Platform 2D tidak dapat sepenuhnya menggantikan kesempatan belajar mengajar yang ditawarkan oleh pelatihan di dalam kelas.

Teknologi Virtual Reality untuk pelatihan bedah ini menyediakan lingkungan yang aman bagi instruktur untuk bertemu dengan peserta pelatihan, di mana pun mereka berada.

virtual reality pelatihan bedah

Image source: FundamentalVR

Lingkungan kelas virtual mencakup papan tulis virtual yang dapat digunakan instruktur untuk menyajikan catatan tambahan saat mereka mendiskusikan prosedur dengan kelas mereka. Dari sana, Anda dapat naik ke ruang operasi virtual Bedah Dasar tempat Anda dapat menjalankan demo operasi dan mendapatkan lebih banyak pengalaman langsung.

Dalam ruang belajar virtual, instruktur cukup mengambil pena dan menggambar konsep di papan tulis dan mengizinkan peserta untuk membuat anotasi dan menulis komentar, semuanya dalam waktu nyata, sambil berbicara seakan berada di ruangan yang sama. Teknologi VR memiliki potensi tak terbatas sebagai ruang pengajaran baru yang fleksibel di masa depan.

Untuk pengalaman bedah yang realistis, Anda bisa menggunakan teknologi HaptX yang dapat memberikan umpan balik haptik yang realistis selama sesi pelatihan dan simulasi VR, memberikan Anda sensasi pelatihan langsung yang terlihat dan terasa nyata layaknya berada di ruang operasi yang sesungguhnya. Sensasi umpan balik tersebut juga meniru perasaan memegang alat bedah dan memotong jaringan manusia yang akurat hingga sub milimeter.

Baca juga: Walmart Buktikan Bahwa Pelatihan Simulasi VR Dapat Selamatkan Jiwa

Pakar pendidikan juga menyadari pentingnya berada di lingkungan kelas bersama siswa lain. Tetapi dengan pandemi COVID-19 yang menyulitkan semua lingkungan belajar, teknologi VR dapat menjembatani kesenjangan pelatihan tersebut. VR memiliki kapasitas sebagai ruang kelas multi-pengguna tak terbatas yang dirancang untuk membantu sekolah kedokteran di seluruh dunia yang terkena dampak pandemi, ruang virtual dimana mereka bisa mendapatkan pelatihan langsung yang penting sambil menugaskan siswa lain untuk membantu dalam lingkungan virtual kolaboratif.

Penerapan teknologi Virtual Reality untuk pelatihan bedah hanyalah satu contoh kasus penerapan teknologi VR di bidang pendidikan. Masih banyak manfaat VR untuk pelatihan dan pembelajaran termasuk pelatihan keselamatan kerja seperti pemadam kebakaran, pelatihan perang angkatan bersenjata, penerbangan, hingga ruang kontrol Tenaga Nuklir. Teknologi VR memiliki kapasitas untuk menjadikan pelatihan lebih hemat biaya, efisien, dan tanpa risiko cidera.


Virtual Reality menjadikan pelatihan lebih hemat biaya, efisien, dan tanpa risiko cidera

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !


Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami