aplikasi ar arsitektur

5 Aplikasi Augmented Reality Bidang Konstruksi, Yang Bikin Arsitek Kerja Dengan Mudah

Aplikasi AR arsitektur, sangat membantu dalam bidang pekerjaan yang banyak digawangi oleh seorang arsitek tersebut. Dalam bidang arsitektur, desain yang bagus dan menarik adalah faktor yang dijadikan patokan seorang klien dalam mempercayakan proyeknya kepada seorang arsitek. 

Namun selain menarik dan bagus saja, tidaklah cukup. Sebuah desain harus terdapat nilai tersendiri yang mempunyai fungsi penting bagi desain itu sendiri. Dewasa ini ketika teknologi semakin berkembang dengan pesat dan cepat, seorang arsitek akan merasa sangat terbantu dengan adanya teknologi masa kini yakni Augmented Reality (AR) yang dengan kecanggihannya membantu memudahkan pekerjaan seorang arsitek.

Seorang arsitek akan merasakan manfaat yang paling penting dari penggunaan teknologi AR tersebut yakni dapat memberikan kepuasan kepada klien karena taste atau rasa yang dilihat pada monitor komputer atau kertas yang dicetak, tidaklah semenarik pada saat klien melihat hasil dalam skala 3D AR.

Para arsitek kini telah beramai-ramai memanfaatkan teknologi AR untuk mempermudah pekerjaannya dalam bidang arsitektur. AR dan VR menjadi salah satu hal wajib dalam daftar peralatan kerja mereka.

Aplikasi AR Arsitektur

illustrasi (Image: Getty Images)

VR menciptakan lingkungan yang sepenuhnya dihasilkan komputer, sementara AR menambahkan objek virtual ke elemen dunia nyata. Teknologi virtual reality sekarang memberi arsitek sebuah kendali, untuk dapat merancang serta menggunakan tangan dan jari, dan tidak perlu lagi menggunakan keyboard dan mouse. 

Para arsitek secara virtual akan dapat melihat dan merasakan sendiri secara langsung hasil dari desain yang mereka ciptakan tanpa perlu membangunnya terlebih dahulu di dunia nyata.

Berikut ini adalah beberapa aplikasi AR arsitektur yang menyediakan kebutuhan desain arsitek, yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

1. Pair

arki

Sebelumnya bernama Visi Draft, aplikasi berbasis teknologi AR ini mempunyai fungsi yang menarik dalam proses rancang bangun sebuah bangunan. Di mana dengan menggunakan aplikasi ini, memungkinkan para arsitek untuk dapat melakukan Drag and Drop dengan menggunakan mouse dengan bentuk model 3D perabotan dan peralatan klien ke dalam desain yang mereka kerjakan dengan menggunakan peralatan iPhone atau iPad. 

Pair sendiri memiliki 200 jenis aset produk furniture rumah dan juga kantor dari rekanan produsen Fortune 500 dengan jenis-jenis aset produk-produk terbaru mereka yang ditambahkan setiap harinya. Mereka juga mempunyai katalog model yang berbeda-beda setiap hari sehingga menguntungkan para arsitek untuk berkarya. Pair menjadi pembeda dari aplikasi AR lainnya karena fokus terhadap produsen dan juga peralatan klien. Sehingga pengguna aplikasi dapat berjalan-jalan secara fisik di sekitar produk 3D virtual seperti mereka berada di rumah mereka sendiri.

2. ARKI

ARKI merupakan sebuah aplikasi AR untuk model arsitektur. ARKI menyediakan berbagai model 3D dengan berbagai macam tingkat interaksi secara real untuk tujuan rancang bangun dan tujuan presentasi.

Dengan menggunakan ARKI, seorang arsitek akan dapat menyesuaikan warna dan bahan sesuai dengan desain yang dirancangnya. Aplikasi ini dapat dipergunakan di perangkat iOs/Android jenis apapun. 

Baca juga: Strategi Marketing Properti Cerdas Melalui Penerapan Teknologi Digital

3. SmartReality

smartreality

Dengan menggunakan aplikasi ini, maka arsitek akan lebih mudah berinteraksi dengan desain yang dirancangnya. Selain dapat memperbesar hasil desain, arsitek juga dapat hasil rancang bangunnya secara langsung di area proyek dengan melihat detail struktur yang dibangun. Aplikasi SmartReality sangat berguna dalam memberikan pemahaman seorang klien dalam melihat dan mencerna desain bangunan yang diinginkan dari seorang arsitek.

ikea AR

4. Fuzor

Aplikasi ini adalah integrasi live-link real-time dengan Revit, yang berarti bahwa setiap perubahan yang dibuat dalam aplikasi saat Anda menjelajahi render virtual akan diperbarui secara real-time dalam file Revit. Periksa informasi BIM, beri keterangan di aplikasi, dan alanisa secara virtual seperti pencahayaan, pewarnaan, dan pengukuran.

5. Aplikasi AR Arsitektur Untuk Interior

Hampir semua merek furniture, cat, perangkat, atau desain interior utama kini menawarkan aplikasi-aplikasi augmented reality yang memungkinkan Anda melihat produk mereka di ruang Anda sendiri. Contohnya IKEA, dengan aplikasi AR arsitektur yang mereka berikan, kita bisa mencoba interior seperti pintu, keramik dan sebagainya secara virtual sebelum membeli untuk melihat desain mana yang paling cocok dengan ruangan kita.

Dengan pemanfaatan teknologi terkini, tentu saja bidang arsitektur menjadi semakin lebih maju dan juga menjadi semakin menarik bagi calon klien yang memanfaatkan jasa bidang arsitek. Selain menghemat tenaga dan juga uang bagi klien, bagi arsitek sendiri, pemanfaatan teknologi AR arsitektur ini menjadi salah satu terobosan besar untuk pengembangan jasa yang dilakoninya.

AR/VR Tingkatkan Produktifitas, Kecepatan Kerja dan Omzet Bisnis Anda
Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *