5 Alasan Kenapa Industri VR Akan Semakin Booming di Tahun 2019

Sudah dipastikan bahwa Virtual Reality (VR) telah menjadi booming di tahun 2018, dan akan terus bertumbuh. Ditambah dengan lintasan pertumbuhan industri VR selama beberapa tahun terakhir, jelas itu semakin menguatkan potensinya di masa depan. Beberapa tahun yang lalu (pada tahun 2014), ada sekitar 200 ribu pengguna virtual reality yang aktif. Dan meningkat menjadi 90 juta pengguna aktif pada tahun 2017, dan diproyeksikan meningkat menjadi 171 juta pengguna di 2018 (hampir dua kali lipat dari 2017). Berikut adalah grafik pertumbuhan dari Statista:

industri vr

Industri VR telah mengalami pertumbuhan seperti yang ditunjukkan oleh grafik di atas. Disinilah bagian menariknya: industri perangkat lunak virtual reality telah berubah dari sangat sedikit yaitu $129.000.000 pada tahun 2015 menjadi industri yang besar yaitu $ 2,57 miliar yang diproyeksikan pada tahun 2018.

Seluruh industri VR diproyeksikan bernilai $ 5,2 miliar pada 2018, dan $ 45 miliar pada 2025 – naik dari sangat sedikit $ 90 juta pada tahun 2014.

Tentunya, ini adalah industri yang menarik untuk diperhatikan, tetapi tren apa yang harus benar-benar Anda perhatikan? Berikut prediksinya:

1. Lebih banyak video 360 ° VR

Menurut penelitian dari Omnivirt, video 360 ° menerima keterlibatan yang lebih tinggi di tahun 2017 daripada video dan konten biasa. Data ini didasarkan pada analisis penyelesaian video, klik, dan keterlibatan keseluruhan dari 1.000 kampanye. Studi Omnivirt juga menemukan bahwa selain fakta bahwa merek yang menggunakan video 360 ° tersebar di semua vertikal, kualitas konten meningkat setiap tahun.
Merek utama yang telah menggunakan video VR dan 360 ° termasuk NASA, Microsoft, IBM, Honda, dan Ford. Bahkan, saluran YouTube yang didedikasikan untuk video 360 ° kini memiliki hampir 3 juta pelanggan. Untuk selanjutnya, kemungkinan besar terjadi peningkatan penggunaan video 360 ° VR dalam skala yang jauh lebih besar.

2. Kita akan melihat lebih banyak adopsi VR dalam iklan

Apa yang akan menjadi katalis untuk pertumbuhan VR adalah adopsi yang lebih utama, dan salah satu faktor pendorongnya adalah adopsi VR oleh industri periklanan.
Kami telah melihat tanda-tanda ini di masa lalu: tahun lalu Google mengumumkan eksperimennya dengan iklan virtual reality yang bereaksi terhadap mata pengguna, Infiniti membentuk aliansi dengan OmniVirt untuk memungkinkan orang-orang melakukan uji coba drive Q60 menggunakan video 360 ° VR dan Chick -fil-A meluncurkan situs web VR di sekitar ikon “Eat Mor Chikin” Cow. Meskipun ini hanyalah beberapa contoh dari pemasaran VR yang sedang beraksi, Anda dapat berharap untuk melihat lebih banyak iklan VR pada tahun 2018, dan iklan ini akan semakin mendorong pertumbuhan industri VR.

Baca juga: Pekerjaan Pengembang AR Akan Menjadi Mudah, Unity Telah Membangun Jembatan Antara ARKit dan ARCore

3. Peningkatan dalam pengembang VR

Pertumbuhan industri apa akan sebandiang dengan kemampuan bakat di industri itu. Sementara industri VR siap untuk pertumbuhan yang lebih eksponensial, ini hanya dapat terancam oleh ketersediaan bakat untuk memungkinkan pertumbuhan ini terjadi. Namun gairah para developer untuk terus melampaui batasan teknologi tentu akan mematahkan batasan tersebut.
Bahkan, raksasa industri sudah membuat gerakan untuk mendorong produsen konten VR; dalam eksperimen Google tahun lalu dengan iklan VR, raksasa teknologi tersebut menyatakan bahwa tujuannya adalah membantu produsen menghasilkan uang untuk mendanai konten VR mereka.

4. Pengalaman yang lebih mendalam

Mungkin yang lebih penting adalah kenyataan bahwa VR akan menjadi lebih nyata – dengan kata lain, kita dapat menantikan pengembangan yang akan mengarah pada pengalaman yang lebih mendalam.
Baru-baru ini, HEAR360 menjadi berita karena memperkenalkan mikrofon “omni-binaural” 8ball yang menangkap suara 360 derajat dengan menggunakan 8 mikrofon omnidirectional – ini mengarah ke pengalaman suara yang lebih mendalam yang memberikan kemampuan untuk mendengar suara di depan, di atas , di bawah, di sekitar, atau di belakang kepala pendengar. Dengan kata lain, pengalaman suara yang lebih mendalam.
Ini merupakan hal besar bagi produsen konten video VR 360, sebuah inovasi yang akan berguna dalam meningkatkan penggunaan VR dalam iklan (prediksi # 1).

selain itu, ada prediksi juga bahwa gadget VR yang melibatkan indra penciuman hidung kita dan sentuhan kulit kita telah mencapai titik yang cerah. Dengan kata lain, Anda mulai bisa berharap untuk pengalaman yang lebih mendalam di tahun 2018 dan seterusnya.

5. Peningkatan ketersediaan, dan mengurangi biaya produk industri VR

Baru tahun lalu, Oculus dan HTC terlibat dalam persaingan harga, kedua merek ini hampir bersamaan memotong harga salah satu produk mereka dengan $ 200. Dan seiring dengan terus berkembangnya VR maka persaingan juga akan semakin ketat, dan lebih banyak lagi potongan harga yang akan Anda dapat.

Baik perangkat lunak atau perangkat keras, VR akan menjadi mainstream ketika produknya dengan mudah terjangkau oleh kalangan menengah ke bawah. Sebagian besar gadget VR berada di harga yang tinggi, dengan biaya ribuan dolar. Anda dapat mengharapkan ini mulai berubah ke depan. Pada tahun 2018, dan seterusnya, produk VR akan menjadi lebih tersedia, dan sebagai hasilnya akan ada penyesuaian harga bertahap yang membuatnya lebih terjangkau bagi semua kalangan.

By | 2018-08-03T13:19:04+00:00 August 3rd, 2018|Articles, Virtual Reality|