Papan tulis interaktif menjadi solusi baru untuk kebutuhan papan tulis di ruang kelas. Dimana papan tulis hitam menggunakan kapur sebagai alat tulis, yang terkadang membuat kurang nyaman karena debu yang ditimbulkan oleh kapur tulis. Papan tulis putih menjadi pilihan yang lebih baik, karena menggunakan spidol yang tidak meninggalkan noda di tangan dan mudah juga untuk dibersihkannya, bisa menggunakan tisu apabila tidak ada penghapus.

Papan tulis interaktif (interactive white board) atau yang secara umum dikenal sebagai layer sentuh interaktif (interactive touchscreen display) merupakan salah satu alternatif yang bisa Anda pilih sebagai pengganti papan tulis tradisional yang selama ini biasa digunakan.

Apa itu papan tulis interaktif?

Interactive white board adalah layar yang dipasang di dinding yang menampilkan gambar serta mendukung interaksi layar sentuh. Hanya terdiri dari satu perangkat itu sendiri yang berarti tidak membutuhkan perangkat tambahan untuk menggunakannya, dan bisa dikendalikan dengan remote. Pada dasarnya mirip dengan tablet yang biasa kita gunakan, hanya ukurannya saja yang lebih besar seukuran papan tulis.

papan tulis interaktif

Tidak seperti proyektor interaktif, panel interaktif tidak membutuhkan pena atau spidol untuk menulis pada gambar tampilan karena dapat merespons sentuhan ujung jari atau sentuhan telapak tangan. Bisa menggunakan pena stylus untuk pengalaman menulis yang lebih nyaman layaknya di papan tulis tradisional.

Kalau dibandingkan dengan proyektor interaktif, papan tulis interaktif jelas lebih baik karena memiliki display yang bisa diatur sesuai kebutuhan, jadi tidak bergantung dengan ruangan yang gelap dalam penggunaannya.

Bagaimana jika dibandingkan dengan papan tulis tradisional? Jelas interactive white board lebih nyaman dan mudah untuk digunakan. Tidak ada istilah “kehabisan tinta” atau “tinta belepotan” dalam penggunaan interactive white board ini, cukup menggunakan ujung jari atau sebuah stylus yang bisa digunakan untuk selamanya, dan tidak meninggalkan noda sedikitpun. Dan alih-alih menggunakan layar proyektor untuk memperlihatkan tampilan di laptop guru atau dosen kepada murid ketika sedang pelajaran praktek, atau menunjukan materi pembelajaran via softcopy, dengan papan tulis interaktif Anda hanya perlu menggunakan flashdisk dan colokan ke display, atau bisa membukanya melalui email, google drive dan sebagainya, simple, dan praktis.

Baca juga:15 Aplikasi AR Terbaik (Gratis) yang Akan Merubah Duniamu

Atau apakah Anda memiliki kebutuhan tersendiri untuk media dan materi pengajaran Anda? Tenang saja, kami dari MonsterAR siap untuk melayani kebutuhan Anda.

Interactive white board, adalah jawaban untuk media pembelajaran yang lebih mudah, nyaman, dan simple di masa depan.

Penerapan AR dan VR di sekolah tingkatkan kualitas pendidikan dan minat belajar anak
Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

How can we help you ?