Setelah mengakuisisi Oculus VR, perusahaan perintis teknologi Virtual Reality (VR) atau Realitas Virtual di tahun 2014 silam, Facebook kini akan meminta pengguna VR headset Oculus terbaru untuk menggunakan akun Facebook alih-alih akun Oculus seperti biasanya. Facebook mengonfirmasi berita tersebut melalui posting blog resmi Oculus.

Login melalui Facebook akan menjadi satu-satunya cara untuk masuk ke Oculus dan membuka fitur sosial. Mulai Oktober 2020, mereka yang menggunakan headset Oculus VR untuk pertama kalinya harus masuk ke perangkat mereka dengan akun Facebook resmi untuk fungsionalitas penuh, dan pengguna perangkat Oculus yang sudah ada memiliki waktu hingga 1 Januari 2023 untuk terus mengakses akun Oculus mereka. Selama rentang waktu tersebut, mereka dapat memilih untuk menggabungkan akun Oculus dan Facebook mereka atau pasrah dengan apa yang terjadi setelah dukungan akun Oculus secara resmi berakhir.

Menurut Facebook, perubahan ini dimaksudkan untuk memberikan pengalaman VR sosial yang lebih mulus bagi pengguna Oculus dengan memasukkan game dan fitur yang ada yang dipopulerkan oleh Facebook. Pembatasan baru ini juga akan membantu membuka jalan bagi Facebook Horizon, platform VR sosial yang akan datang untuk Oculus Quest dan Rift / Rift S yang akan memungkinkan pengguna untuk bertemu dan berbaur di ruang virtual, bermain game, dan menciptakan pengalaman mereka sendiri. Facebook juga mengutip beberapa peningkatan pada keamanan akun pengguna.

Alih-alih menggunakan Kode Perilaku Oculus terpisah, mereka akan mengadopsi Standar Komunitas Facebook serta kebijakan baru yang berfokus pada VR. Ini akan memungkinkan Facebook untuk terus mempertimbangkan pertimbangan unik VR sambil menawarkan cara yang lebih konsisten untuk melaporkan perilaku buruk, meminta pertanggungjawaban seseorang, dan membantu menciptakan lingkungan yang lebih ramah di seluruh platformnya.

Baca juga: Cara Membersihkan Headset VR Supaya Tetap Sehat dan Nyaman Ketika Dipakai

Meskipun setiap pengguna pada akhirnya akan diminta untuk menghubungkan akun Facebook untuk menikmati semua aspek pengalaman Oculus VR, Anda masih dapat membuat profil VR asli dan menyembunyikan informasi akun Facebook Anda dari pengguna lain. Di masa mendatang, perusahaan berencana memperkenalkan dukungan untuk banyak akun, memungkinkan pemilik untuk berbagi headset dengan orang lain tanpa membahayakan informasi pribadi mereka. Facebook, di sisi lain, akan memiliki kendali penuh atas data VR pengguna, melanjutkan tradisi berbagi data massal dan iklan bertarget yang selama ini berlangsung.

Tahun lalu Facebook memperkenalkan kebijakan baru yang menyatakan bahwa perusahaan akan mulai melacak data VR di headset yang mendukung Facebook sebagai bagian dari kampanye iklan yang ditargetkan. Sistem party dan chat Oculus sudah mewajibkan akun Facebook agar dapat berfungsi, yang berarti perusahaan telah mengumpulkan data dalam jumlah yang cukup besar untuk beberapa waktu. Headset Oculus Quest terbaru ini direncanakan rilis bulan September ini di Oculus Connect 7, sementara itu rumor mulai beredar mengenai perilisan Facebook Horizon.


Virtual Reality menjadikan pelatihan lebih hemat biaya, efisien, dan tanpa risiko cidera

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !