Seiring dengan semakin banyaknya bisnis yang merambah pasar online, kebutuhan akan objek digital yang lebih realistis, seperti contohnya furniture yang bisa diletakan di ruangan secara digital ketika berbelanja online semakin meningkat. Teknologi Augmented Reality (AR) bisa menjadi solusi yang tepat untuk menjawab kebutuhan tersebut. Bukan hanya dari sektor bisnis saja, dunia pendidikan pun bisa memanfaatkan teknologi AR ini sebagai media pengajaran yang lebih realistis dan mudah di pahami, hingga kini terlahirlah media edukasi AR yang telah diterapkan di beberapa sektor pendidikan.

Selain siswa, teknologi AR juga dapat sangat membantu para tenaga pengajar dalam menyampaikan materi pelajaran. Alih-alih harus menjelaskan dengan detail kepada siswa tentang materi yang diajarkan, dengan AR siswa dapat mengamati sendiri subjek pelajaran seperti sejarah, seni hingga sains yang dapat dipelajari dan diamati secara terperinci, lengkap dengan model 3D detail dan penjelasannya, sehingga para tenaga pengajar bisa lebih fokus menyampaikan masing-masing materi secara lebih mendalam.

Image source: hitpoint

Media edukasi AR ini diharapkan dapat membawa industri pendidikan menjadi lebih baik lagi. Di samping manfaatnya bagi tenaga pengajar untuk bisa lebih tajam dan mendalam dalam menyampaikan materi pelajarannya, besar peluang juga bagi teknologi AR ini untuk dapat meningkatkan minat belajar siswa. Mengingat anak-anak di zaman sekarang ini hampir tidak bisa lepas dari gadget, menjadikan langkah ini tepat karena menyesuaikan dengan minat dan kebiasaan mereka.

Baca juga: Guru Terbaik! Sampaikan Materi Pelajaran Melalui Game VR

Model pengajaran ini juga dapat membantu peserta didik untuk tetap terlibat dengan materi pelajaran yang kompleks secara visual, mengurangi fokus mereka pada menghafal materi pelajaran sekaligus meningkatkan memori sensorik melalui pengamatan secara detail. Dengan terus berkembangnya bahasa pemrograman menjadikan teknologi AR juga bisa di akses melalui perangkat apapun, sehingga tanpa memerlukan headset atau aplikasi khusus para guru dan siswa dapat mengakses aset 3D melalui antarmuka web.


Penerapan AR dan VR di sekolah tingkatkan kualitas pendidikan dan minat belajar anak

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !


Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami