Keunggulan teknologi augmented reality (AR) saat ini sudah banyak dimanfaatkan di berbagai bidang industri. Manfaatnya semakin terasa nyata, karena bisa membuat pekerjaan semakin efektif dan efisien.

Teknologi augmented reality mulai populer semenjak perilisan aplikasi game Pokemon Go. Semenjak saat itu, teknologi ini semakin berkembang dan banyak digemari oleh masyarakat karena fungsinya.

Bahkan perkembangan teknologi AR hingga kini semakin pesat. Apalagi saat metaverse muncul, menjadi yang cukup populer di kalangan masyarakat.

Meskipun belum sepenuhnya masyarakat merasakan pengalaman memakai teknologi AR. Namun bagi dunia industri dan bisnis, teknologi ini sudah banyak memberikan manfaat.

Sederet Bidang Industri yang Sudah Memanfaatkan Teknologi AR

Teknologi AR memberikan pengalaman kepada para penggunanya dengan memasukkan layanan tidak terlupakan. Sehingga pengguna bisa membangun suatu hubungan dengan pengguna lain dan semakin bermakna.

Saat ini sudah ada banyak sekali bidang industri yang memanfaatkan layanan teknologi AR. Bukan hanya untuk ranah bisnis saja, melainkan juga berbagai kegiatan seperti bidang pendidikan.

1. Industri Medis

Teknologi AR menawarkan berbagai manfaat untuk industri medis. Beberapa manfaat yang bisa pengguna dapatkan adalah sebagai berikut.

  1. Memudahkan untuk keperluan pemeriksaan dengan lebih baik. Misalnya dokter kesulitan saat melakukan cek pada pembuluh darah, maka dengan bantuan teknologi AR jadi lebih mudah;
  2. Membantu proses pembedahan atau operasi;
  3. Dapat berguna sebagai praktik atau pendidikan interaktif. Sebelum adanya AR, dokter dalam memahami materi hanya dengan membaca jurnal atau buku. Namun teknologi AR membantu melakukan praktik secara lebih real.

2. Pendidikan

Bidang lain yang akan mendapatkan dampak positif dari teknologi AR adalah pendidikan. Menilik kejadian beberapa waktu lalu, pandemi covid-19 yang menjangkit seluruh dunia membuka peluang baru untuk dunia pendidikan.

Yakni masuknya teknologi pendidikan sebagai penunjang pendidikan berbasis digital. Nah, AR menjadi salah satu komponen yang akan membantu terlaksananya proses pendidikan digital dengan lebih baik.

Baca juga: Manfaat Augmented Reality, Tingkatkan Omzet Bisnis dan Produktifitas Kerja

Beberapa manfaat lain yang akan teknologi AR berikan untuk dunia pendidikan adalah seperti berikut ini.

  1. Membaca buku teks yang interaktif dan membuat pembaca tidak gampang bosan. Menggunakan teknologi AR membuat materi di dalam buku augmented reality menjadi semakin hidup;
  2. Lebih mudah dalam mengerjakan pekerjaan rumah. Karena perintah dan tugas akan menjadi lebih jelas, petunjuk dan informasi akan muncul untuk membantu mengarahkan pekerjaan siswa;
  3. Kegiatan di dalam laboratorium akan jauh lebih aman dan efektif, karena tidak melibatkan bahan kimia serta proses pembedahan secara nyata.

3. Industri Pariwisata

Bidang lain adalah industri pariwisata yang akan memperoleh dampak positif atas penggunaan teknologi AR melalui virtual tour. Di dunia nyata, mungkin melakukan perjalanan wisata di banyak tempat akan membutuhkan waktu dan biaya yang banyak.

Namun teknologi AR akan menepis anggapan tersebut dan memudahkan para wisatawan bisa melakukan perjalanan secara virtual di dalam dunia metaverse. Selain itu, manfaat lain teknologi AR di bidang pariwisata adalah seperti berikut ini.

  1. Sebagai petunjuk atau navigasi yang lebih baik. Saat ini petunjuk yang paling banyak orang gunakan ketika melakukan perjalanan adalah Google Maps, namun tentunya pengalaman menarik jika menggunakan versi AR;
  2. Memberikan informasi pengetahuan terkait berbagai situs atau tempat wisata yang pengguna kunjungi;
  3. Dapat melihat secara sekilas lokasi yang hendak dikunjungi sebelum memutuskan kemana akan pergi.

4. Bidang Digital Marketing

Pemasaran merupakan salah satu kegiatan yang akan menunjang keberhasilan suatu bisnis. Saat ini proses pemasaran berbasis digital cukup potensial untuk menjangkau target pasar dengan lebih efektif dan efisien.

Belanja online menjadi kegiatan yang sudah banyak orang lakukan. Namun kendala yang masih sering terjadi adalah kekecewaan pelanggan setelah barang asli sampai. Beberapa menyesalkan barang yang sampai tidak sesuai ekspektasinya.

Teknologi AR membantu untuk menjadi solusi permasalahan tersebut. Pengguna bisa mencoba barang secara virtual. Misalnya hendak membeli perabot rumah, maka calon pembeli bisa memfoto lokasi dan meletakkan barang di gambar tersebut.

Sehingga tahu gambaran secara real jika barangnya benar-benar Anda miliki. Bukan hanya sekadar imajinasi saja.

Keunggulan Teknologi Augmented Reality

Anda bisa memanfaatkan keunggulan teknologi augmented reality untuk menunjang berbagai kegiatan. Apalagi saat ini teknologi tersebut sudah digunakan pada banyak perangkat.

Seperti smartphone, game konsol, dan sebagainya. Sementara untuk penerapannya sudah ada di berbagai bidang. Semakin kesini perkembangan teknologi AR semakin pesat dan memberikan banyak dampak bagi kehidupan.

Nah, itulah beberapa keunggulan teknologi augmented reality yang manfaatya bisa pengguna rasakan saat ini. Mungkin saja Anda juga sudah pernah menikmati manfaat dari layanan tersebut.


Pemasaran produk lebih powerful dan efektif melalui teknologi AR dan VR

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !


Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami