Fakta Menarik Extended Reality

7 Fakta Menarik Extended Reality untuk Memperdalam Pemahaman Anda

Pernahkah Anda mendengar Extended Reality (XR)? Salah satu bentuk teknologi imersif ini tidak kalah populer dibandingkan Virtual Reality (VR), Mixed Reality (MR) dan Augmented Reality (AR). Artikel ini akan membahas tujuh fakta menarik Extended Reality untuk memperdalam pengetahuan Anda mengenai teknologi imersif ini.

Istilah Extended Reality belakangan cukup populer dan terus berinovasi untuk lebih mentransformasi cara kita berinteraksi dengan dunia digital. Sebagai “payung besar” dari VR, MR, dan AR, XR menawarkan pengalaman imersif yang menghapus garis antara dunia fisik dan virtual.

Tujuh fakta menarik Extended Reality dalam artikel ini akan mengupas berbagai elemen. Mulai dari dampaknya ke berbagai jenis industri hingga potensi baru di masa depan, jangan lewatkan pembahasannya di bawah ini.

Persamaan XR, VR, MR, dan AR

Sebelum membahas tentang fakta menarik Extended Reality, perlu dibagikan kembali di sini persamaan XR dengan tiga turunannya, yakni VR, AR, dan MR.

  • Extended Reality mencakup VR, AR, dan MR yang kesemuanya membuat pengguna bisa melebur dunia digital dan dunia nyata. Teknologi XR mentransformasi industri, seperti perawatan kesehatan dan pendidikan, sehingga sanggup menawarkan pengalaman imersif dan aplikasi inovatif.
  • Teknologi XR melibatkan seluruh indera untuk meningkatkan pembelajaran dan inovasi. Ia merevolusioner cara kita bekerja, belajar dan berinteraksi sehingga membuka peluang baru terhadap inovasi dan pengalaman manusia.

Tujuh Fakta Menarik Extended Reality

1. Extended Reality Menaungi VR, AR, dan MR

Mungkin kita lebih akrab dengan VR dan AR sebab pemakaian kedua teknologi ini yang semakin erat dalam kehidupan sehari-hari. Namun, VR, AR dan MR sendiri merupakan turunan dari XR. Secara garis besarnya, teknologi XR membuat penggunanya bisa merasakan dan berinteraksi dengan lingkungan digital yang bercampur dengan lingkungan yang sesungguhnya. Dengan mengoptimalkan XR, setiap orang berkesempatan membenamkan diri mereka ke dalam kenyataan yang tersimulasi, menambahkan informasi digital ke sekeliling fisik mereka sekaligus berinteraksi dengan obyek virtual secara real-time.

2. Extended Reality Merevolusioner Berbagai Industri

Berbagai bidang yang dimaksud mencakup perawatan kesehatan, pendidikan, dan hiburan. Di sektor perawatan kesehatan, XR dimanfaatkan untuk pelatihan di sektor ini, pengelolaan rasa sakit, dan terapi. Institusi pendidikan sudah banyak yang mengintegrasikan XR ke dalam pengelolaan keseharian mereka. Teknologi ini membantu untuk menciptakan pengalaman belajar imersif sehingga murid dan pengajar sama-sama merasakan suasana belajar yang lebih interaktif dan efektif. Sementara itu, industri hiburan memaksimalkan teknologi XR untuk mengembangkan konten agar menjadi lebih kreatif dan memikat audiens.

3. Extended Reality Berpotensi Mentransformasi Cara Kerja Bisnis

Dua sektor yang paling efektif akan terbantu oleh teknologi XR adalah cara kerja suatu bisnis dan bagaimana ia merangkul konsumen. Dengan memasukkan VR dan AR ke dalam operasi mereka, perusahaan dapat meningkatkan visual produk mereka, memperingkas proses desain, dan menawarkan pengalaman pemasaran yang imersif. Teknologi ini juga membuka peluang kolaborasi dan pelatihan dari jarak jauh sehingga menambah efisiensi dan lebih menghemat biaya.

4. Konsep XR menjadi solusi inovatif pengembangan hardware dan software

Dalam beberapa tahun terakhir, konsep XR telah berkembang begitu pesat sehingga mengarah ke pengembangan solusi hardware dan software yang inovatif. Mulai dari headset VR canggih ke aplikasi mobile yang didukung oleh AR, pasar XR saat ini menyaksikan naiknya penjualan produk XR untuk memenuhi kebutuhan pasar yang semakin beragam. Kemajuan ini mendorong adopsi XR yang meluas di berbagai sektor.

5. Pengalaman XR dirancang untuk melibatkan indera penggunanya agar tercipta lingkungan yang sangat imersif

Teknologi XR dibuat agar seluruh indera penggunanya bekerja sehingga tercipta lingkungan yang sepenuhnya imersif dan interaktif. Dunia virtual semacam ini berasal dari integrasi visual, suara, dan terkadang umpan balik haptik. Berikutnya, teknologi XR mengangkut penggunanya ke dunia virtual atau meningkatkan persepsi mereka mengenai dunia fisik. Pendekatan berbagai indera ini memelihara level keterlibatan dan realisme yang sudah ditingkatkan.

Baca juga: Virtual Reality Jakarta dan Peluang Bisnisnya yang Menguntungkan

6. Integrasi XR ke dalam program pelatihan telah terbukti sangat efektif dalam meningkatkan hasil pembelajaran

Fakta menarik Extended Reality kali ini terkait erat dengan mutu hasil pembelajaran yang memakai teknologi ini. Dengan mensimulasikan skenario realistis dan memungkinkan praktek langsung dalam lingkungan virtual yang aman, program pelatihan berbasis XR meningkatkan daya ingat ilmunya dan transfer kecakapannya. Pendekatan ini terutama berharga dalam bidang, seperti penerbangan, manufaktur, dan tanggap darurat.

7. Teknologi XR mendorong inovasi dalam bidang kolaborasi dan komunikasi jarak jauh

Teknologi XR mendorong inovasi untuk kerja secara efektif meski tidak dalam satu ruangan fisik. Hal ini dimungkinkan dengan tersedianya ruangan rapat virtual dan model 3D interaktif melalui pemanfaatan teknologi XR. Tim yang tersebar di berbagai lokasi tidak lagi akan mengalami kendala komunikasi dan kolaborasi dengan memanfaatkan teknologi XR. Dua faktor tersebut selama ini menjadi kendala terbesar jika suatu bisnis akan menerapkan sistem kerja 100% dari jarak jauh. Dengan teknologi XR, dari belahan dunia mana pun pekerjaan dapat terlaksana seperti halnya sedang berada dalam satu ruangan yang sama. Teknologi XR melampaui apa yang bisa dilakukan oleh konferensi video tradisional sehingga menawarkan cara yang lebih imersif dan produktif bagi individual untuk terhubung dan bekerja bersama.

Evolusi XR mengantar ke era pengalaman imersif baru dan aplikasi transformatif pada berbagai jenis industri. Seiring dengan kemajuan AR, dampaknya terhadap cara kita belajar, bekerja, dan berinteraksi dengan dunia di sekitar kita bersiap akan menjadi dalam. Apakah merevolusioner sektor perawatan kesehatan, memberdayakan sektor usaha, atau mendefinisikan industri hiburan, teknologi XR membentuk ulang cara kita mempersepsikan dan bersentuhan dengan lingkungan digital dan fisik. Merangkul kemungkinan XR yang tidak terbatas membuka pintu ke peluang inovasi dan pengalaman manusia yang belum pernah ada sebelumnya.

Kesimpulan

Berbagai peluang baru akan muncul jika bisnis Anda menggunakan teknologi XR secara optimal. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, sudah banyak berbagai industri yang memakai XR untuk merevolusioner usaha mereka, mulai dari sektor kesehatan, hiburan, dan pendidikan.

Jika saat ini bisnis Anda mencari cara untuk rebranding hingga membuka peluang usaha yang baru, silahkan untuk mempertimbangkan teknologi XR. Agar fungsinya benar-benar optimal, Anda tetap harus menyesuaikan dengan target bisnis serta merumuskan kampanye pemasaran yang spesial.

Kami dari MonsterAR siap menjadi mitra terbaik bagi usaha Anda memanfaatkan teknologi XR untuk mempercepat tercapainya target bisnis saat ini. Dengan pengalaman lebih dari satu dekade, kami terdiri dari tim kreatif, teknologi, dan bisnis agar solusi nantinya benar-benar menyeluruh dan optimal. Silahkan menghubungi kami untuk mendapatkan konsultasi awal tanpa biaya apapun melalui website ini.

XR Tingkatkan Produktifitas, Kecepatan Kerja dan Omzet Bisnis Anda
Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *