Imaginary Friend Society, Aplikasi AR Terbaik Bagi Penderita Kanker

Sebuah aplikasi Imaginary Friend Society hadir untuk menghibur anak-anak penderita kanker. Mengingat tidak semua orang khususnya anak-anak dapat melewati pengobatan kanker dengan cukup tegar, diharapkan kehadiran aplikasi ini dapat membantu mereka supaya bisa lebih kuat menjalani rehabilitasi dan proses penyembuhan.

Aplikasi Imaginary Friends Society terlahir atas kerja sama antara Pediatric Brain Tumor Foundation, organisasi nirlaba yang bergerak di bidang kesehatan anak penderita kanker, dengan perusahaan teknologi Kika.

“Tumor otak adalah kanker paling umum yang terjadi di antara usia 0-14,” kata Bill Hu, CEO Kika Tech.

Diagnosis kanker merupakan hal yang menakutkan bagi siapa pun, tetapi untuk anak-anak itu bahkan bisa lebih menakutkan lagi. Mereka dibombardir dengan terminologi dan prosedur yang mengintimidasi dan tidak dikenal. Hal-hal seperti radiasi, rambut rontok, transfusi darah, kemoterapi, dan operasi. Di situlah Imaginary Friend Society hadir.

Baca juga : Pengembangan Teknologi AI di Bidang Kesehatan yang Akan Merubah Masa Depan Dunia Medis

The Imaginary Friend Society, merupakan film animasi yang Yayasan Tumor Otak Pediatric (PBTF) produksi bersama dengan biro iklan RPA, membantu pasien cilik memahami berbagai aspek kanker dengan cara yang lebih ringan. Melalui serangkaian 22 film animasi pendek, Imaginary Friend Society menjelaskan berbagai topik kanker yang rumit dengan cara yang dapat dipahami anak-anak. Karena semakin mereka mengerti tentang perawatan mereka, maka semakin tidak menakutkan hal-hal tersebut.

Sementara itu, film-film yang ada dibuat untuk membantu anak memahami istilah-istilah medis yang asing bagi mereka. Film-film tersebut juga menjelaskan tahapan-tahapan pengobatan yang harus dilalui penderita kanker.

Imaginary Friends Society menghibur anak penderita kanker lewat karakter-karakter monster lucu yang ditampilkan pada layar. Karakter-karakter yang ada dibuat seolah muncul di dunia nyata dengan teknologi Augmented Reality (AR).

Hiburan dinilai sebagai hal yang dibutuhkan untuk membantu anak melewati pengobatan. Situs Creativity, 23 Mei 2018, menyebut hal itu didasari oleh survei yang dilakukan Pediatric Brain Tumor Foundation awal tahun ini. Hasil survei tersebut menyebutkan bahwa kecemasan adalah masalah terbesar bagi anak yang didiagnosa mengidap kanker.

Karakter monster dapat mengatakan berbagai kalimat motivasi. “Kamu lebih kuat dari yang kamu tahu”, “Percaya pada dirimu”, dan “Jangan menyerah, Nak”, adalah beberapa di antaranya.

Sejak diluncurkan, Imaginary Friend Society memiliki dampak luar biasa dalam membantu keluarga dan anak-anak di seluruh dunia menghadapi diagnosis kanker.

Anda bisa mendapatkan aplikasi ini dengan mengunduhnya di App Store untuk sistem operasi iOS dan Play Store untuk Android.

By |2018-07-11T10:22:39+00:00July 11th, 2018|Articles, Augmented Reality|
%d bloggers like this: