Bersama dengan akselerator inovasi lainnya, AR dan VR manufaktur akan membantu mendorong efisiensi, meningkatkan keselamatan kerja, meningkatkan produktivitas dan mengubah cara produk diproduksi dan dikirim.

Teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) akan memiliki peranan yang vital bagi pertumbuhan industri.

Augmented dan virtual reality dapat melakukan pekerjaan perakitan yang nyaris sempurna. Kacamata AR yang menggunakan kamera, sensor kedalaman, dan sensor gerak untuk melapisi gambar ke lingkungan kerja nyata memungkinkan para insinyur dan pekerja lini memvisualisasikan segala sesuatu mulai dari bagian, jumlah bagian, dan instruksi perakitan yang dapat meningkatkan kecepatan dan efisiensi. Lockheed Martin baru-baru ini mulai menggunakan kacamata AR, meningkatkan waktu perakitan F-35 sebesar 30 persen dan meningkatkan akurasi hingga 96 persen.

AR dan VR tidak hanya meningkatkan efisiensi dan produktivitas rantai pasokan, tetapi juga menciptakan keunggulan kompetitif. Menurut laporan penelitian Bank of America Merrill Lynch baru-baru ini, platform AR dapat memberi perusahaan penghematan biaya hingga 25 persen untuk pemasangan peralatan.

Berikut, adalah 4 hal yang dapat dilakukan AR dan VR manufaktur untuk pertumbuhan industri.

1. Hands-free Mobility

ar glasses manufaktur

Sektor manufaktur telah lama menjadi industri langsung yang padat karya, tetapi mengurangi kebutuhan akan perangkat genggam akan mengurangi produktivitas kerja. Kacamata VR yang ditenagai oleh perintah suara dan gerakan akan memungkinkan pengguna untuk melihat, mendengar dan bekerja dengan hologram dalam suatu lingkungan, menawarkan bantuan real-time untuk pekerjaan pabrik atau lapangan.

2. Talking Parts

augmented reality manufaktur

Teknologi AR dan Internet of Things (IoT) akan memungkinkan sistem manufaktur mendiagnosis diri sendiri dan melaporkan kekurangan. Alih-alih mencoba menebak mengapa bagian tertentu tidak berfungsi, bagian itu sendiri dapat diprogram untuk berkomunikasi apakah itu berfungsi dengan benar dan bahkan apa yang bisa terjadi jika tidak diperbaiki.

3. Penggunaan AR dan VR Manufaktur Untuk Tingkatkan Keselamatan Kerja

augmented reality keselamatan kerja

VR dapat mensimulasikan berbagai proses produksi dan konfigurasi pabrik, memungkinkan pengguna mengidentifikasi kondisi yang berpotensi berbahaya dan melakukan penyesuaian pra-produksi. Dengan menggunakan VR untuk membantu merencanakan jalur perakitan, Ford Motor Company berhasil mengurangi cedera karyawan hingga 70 persen di tahun 2015.

4. Pengalaman Pengguna

augmented reality testing

AR dan VR manufaktur juga dapat membantu menciptakan produk yang lebih baik bagi konsumen. Teknologi ini memungkinkan para insinyur dan desainer untuk berinteraksi dan menguji desain mereka sebelum beralih ke produksi, mengurangi kemungkinan produk yang ditarik kembali karena kurang sempurna dan menghasilkan produk yang lebih aman dan lebih diinginkan.

Baca juga: 5 Teknologi yang Akan Merubah Industri Konstruksi Menjadi Lebih Sempurna

Bersama dengan akselerator inovasi lainnya, AR dan VR manufaktur akan membantu mendorong efisiensi, meningkatkan keselamatan kerja, meningkatkan produktivitas dan mengubah cara produk diproduksi dan dikirim. Pengaruh ini sudah berlangsung, dan tergantung Anda, apakah Anda menginginkan teknologi ini untuk diterapkan di perusahaan Anda dan merasakan sendiri benefit dari teknologi AR & VR, ataukah mengabaikannya begitu saja dan menyia-nyiakan peluang untuk meningkatkan produktifitas dan efisiensi di perusahaan Anda.