Augmented reality (AR) merupakan teknologi yang membuat benda visual dapat ditampilkan kedalam dunia nyata secara real time. Kini teknologi ini semakin dikembangkan oleh para pengembang demi membantu pekerjaan manusia. Tak dapat dipungkiri, saat ini sudah mulai banyak yang menerapkan teknologi AR dalam berbagai bidang seperti pabrik, otomotif, pendidikan, kesehatan dan bahkan untuk pelatihan militer sekalipun. Kali ini AR membuat terobosan baru lagi dalam membantu pelatihan militer, yaitu AR sandbox untuk perencanaan strategi perang. AR sandbox untuk strategi perang atau yang bisa di sebut Holographic Tactical Sandbox ini dapat di akses melalui headset HoloLens.

Diluncurkan pada bulan Januari, Holographic Tactical Sandbox ini diharapkan dapat membantu dalam merencanakan strategi perang dengan lebih efisien. Di rancang untuk bekerja dengan aplikasi Airbus Fortion TacticalC2, perangkat lunak ini memungkinkan perwira dan personel militer untuk dengan mudah melihat peta 3D dari lokasi medan perang di ruang fisik mereka melalui layar yang dipasang di kepala untuk perencanaan misi atau latihan.

Baca juga: Walmart Buktikan Bahwa Pelatihan Simulasi VR Dapat Selamatkan Jiwa

Tactical sandbox fisik sudah digunakan untuk merencanakan misi dan melatih personil sejak zaman Romawi, tetapi inovasi teknologi baru dan perkembangan terbaru dalam teknologi AR telah menciptakan peluang yang sangat besar untuk merancang kotak pasir taktis yang sesuai untuk kebutuhan militer di abad ke-21.

AR sandbox untuk strategi perang ini telah menggunakan input isyarat sehingga pengguna dapat memutar, membuat anotasi, memanipulasi, dan berinteraksi dengan peta, serta memungkinkan pengguna untuk melihat medan dari berbagai perspektif dan mengidentifikasi keuntungan taktis di lapangan sebelum nantinya akan diterapkan pada dunia nyata. Selain itu, kemampuan jaringan jarak jauh dapat memungkinkan pengguna di tempat yang berbeda dapat ikut rapat operasi perencanaan strategi perang dan seolah-olah mereka berada di dalam ruangan yang sama dengan rekannya.

Dengan memanfaatkan teknologi AR, tentunya akan sangat membantu bagi para personil militer dalam melakukan pelatihan yang jauh lebih efisien dan juga tetap aman, walaupun pelatihan dengan AR terlihat lebih sederhana daripada pelatihan di dunia nyata. Dengan kehebatan teknologi AR yang mampu membuat banyak orang merasakan kehadiran benda visual pada waktu yang nyata, hal inilah yang membuat pelatihan dengan AR menjadi sama dengan pelatihan di dunia nyata dan menjadi solusi untuk pelatihan militer saat ini. Teknologi AR juga akan semakin dibutuhkan di masa depan karena memiliki potensi yang sangat besar dan sudah mulai banyak para pengembang melakukan pengembangan terhadap teknologi AR saat ini.

Augmented Reality menjadikan pekerjaan lebih efisien dan tingkatkan produktifitas

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

How can we help you ?