Smart SIM AR – Penggunaan teknologi Augmented Reality sudah mulai banyak digunakan sebagai media edukasi. Hal ini dilakukan karena para pengembang percaya dengan menggunakan AR, proses pembelajaran dinilai jauh lebih baik dan efisien bagi para penggunanya. Tak hanya itu, AR juga membuat proses pembelajaran menjadi jauh lebih menarik dari sebelumnya. Salah satunya adalah edukasi keselamatan berlalu lintas yang merupakan fitur dari Smart SIM.

Smart SIM adalah salah satu inovasi terbaru dari Korlantas Polri yang memiliki tujuan untuk memaksimalkan pelayanan publik. Korlantas Polri telah melakukan kerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri untuk merekam identitas serta data forensik dari pemilik SIM tersebut. Untuk mendapatkan Smart SIM ini, hanya orang-orang tertentuk yang memiliki atau lulus dari kompetensi bisa mendapatkannya.

sim edukasi keselamatan berlalu lintas
Image Source : inews

Smart SIM nantinya akan memiliki desain yang jauh lebih simpel dan ringkas. Secara fisik, kartu tersebut berwarna merah-putih, disertai tulisan “Indonesia” di bagian atas. Kemudian tertera identitas pemilik SIM, yakni nama, tempat tanggal lahir, golongan darah, jenis kelamin, alamat, pekerjaan dan dua foto, satu berwarna berukuran besar serta yang kecil berada di pojok kanan bawah didesain hitam putih. Hanya keterangan seperti “nama” dan “alamat” yang dihilangkan.

Baca juga: Belajar STEM Dengan AR Tingkatkan Minat Belajar Anak di Usia Dini

Tak hanya itu, keunggulan dari Smart Sim ini adalah bisa mencatat perilaku pengemudi, ketika pengemudi melakukan pelanggaran lalu lintas akan tercatat pada chip kartu dan server. Data lain yang akan termuat dalam Smart SIM adalah data rekam jejak kecelakaan yang dialami si pengguna.

Edukasi Keselamatan Berlalu Lintas
Image Source : disway

SIM Pintar ini juga  bisa berfungsi sebagai uang elektronik dengan pengisian maksimal Rp2 juta yang dapat digunakan untuk membayar berbagai keperluan seperti parkir, tol dan juga berbelanja. Untuk uang elektronik, Polri telah melakukan kerja sama dengan beberapa bank. Nantinya, soal data keuangan sendiri akan langsung ditangani oleh pihak yang melakukan kerja sama.

Tak hanya itu, fitur yang disematkan pada SIM Pintar ini juga menyajikan teknologi AR dimana pengguna bisa mengakses layanan edukasi keselamatan dalam berlalu lintas. Digunakannya teknologi AR pada Smart SIM karena mampu memberikan penjelasan yang lebih spesifik dan menarik bagi pemilik Smart SIM tersebut.

Potensi AR saat ini sangatlah besar, melihat sudah mulai diadopsi ke berbagai bidang di Indonesia. Oleh karena itu, AR diyakini akan terus berkembang dan memberikan manfaat yang sangat besar di masa depan.

Augmented Reality media edukasi efektif, interaktif dan hemat biaya

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

How can we help you ?